Pariwisata Korea Aman dari MERS

KTO 0 4,297
Pariwisata Korea Aman dari MERS

Latar Belakang WHO Tidak Menyarankan Dikeluarkannya Travel Warning

 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat ini tidak menyarankan dikeluarkannya pembatasan perjalanan apapun ke Korea Selatan. Jika mengutip pernyataan WHO, pernyataan mereka adalah sebagai berikut “Pada saat ini, sesuai dengan evaluasi ilmiah WHO, penyebaran MERS di Korea bukan merupakan situasi yang mengkhawatirkan. Dengan alasan tersebut, WHO tidak menyarankan dikeluarkannya pembatasan perjalanan dan perdagangan ke Korea.” Alasan tidak dikeluarkannya Travel Warning adalah karena kanal penyebaran virus MERS. Selain warga Korea yang terinfeksi MERS pertama kali setelah mengunjungi Timur Tengah, seluruh pasien yang positif MERS terinfeksi virus tersebut saat berada di dalam fasilitas kesehatan. Singkatnya, pasien positif MERS terinfeksi virus MERS di dalam rumah sakit saat sedang mengunjungi pasien MERS lainnya yang sedang dirawat di rumah sakit. WHO juga menjelaskan bahwa MERS tidak menular melalui udara, melainkan melalui kontak langsung dengan pasien pengidap MERS.

Saat ini pemerintah Korea Selatan sedang fokus untuk membentuk sistem penanggulangan wabah MERS. Pemerintah telah mengkarantina secara ekstensif warga yang kemungkinan telah melakukan kontak dengan penderita MERS, serta melarang warganya yang dikarantina untuk tidak meninggalkan Korea agar virus MERS tidak sampai menyebar ke luar Korea. Selain itu, daftar rumah sakit yang pernah dikunjungi penderita MERS dan memiliki kasus MERS juga telah diumumkan ke publik dan sebagian sudah ditutup untuk umum.  Memasuki minggu ini, tren kenaikan jumlah pasien yang positif MERS menurun dengan pasti, sehingga sekarang dapat dikatakan bahwa pemerintah Korea dapat mengontrol wabah ini.

KTO Melakukan Antisipasi MERS dengan Pendistribusian Safety Supplies bagi Wisatawan Asing

Dengan terjadinya penyebaran Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Korea, KTO melakukan antisipasi MERS dengan mendistribusikan safety supplies untuk wisatawan asing. Pertama-tama, untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk berwisata bagi wisatawan asing, KTO mendistribusikan safety supplies (hand sanitizer) secara gratis kepada perusahaan-perusahaan (sebanyak 2,268 perusahaan), yang dijamin oleh KTO, seperti fasilitas akomodasi, pertokoan, restoran dan lainnya. Selain itu, KTO juga melengkapi bus-bus pariwisata, yang digunakan oleh grup tur, dengan safety supplies (hand sanitizer, masker, termometer) agar dapat digunakan oleh wisatawan asing.

Selain itu, jika terjadi kondisi darurat seperti dicurigai terinfeksi MERS atau memperlihatkan gejala MERS selama berkunjung ke Korea, maka wisatawan atau travel agent dapat menghubungi Hotline yang dioperasikan oleh KTO (☎1330, aktif 24 jam, tersedia dalam 4 bahasa) agar segera mendapatkan tindakan dari rumah sakit dan pusat kesehatan terdekat yang menyediakan layanan bahasa asing.

Comments