Visa & Bea Cukai

Berwisata ke Korea

Prohibited & Restricted Items

Barang Terlarang & Terbatasi

Seluruh barang yang memasuki dan meninggalkan Korea harus melalui pemeriksaan. Beberapa barang dilarang secara ketat di seluruh tempat dan di sepanjang waktu. Sementara yang lainnya hanya dilarang saat penerbangan. Hewan, produk hewan, tanaman, buah, dan tanah bisa juga dipisahkan, tergantung asal, deskripsi, dan kondisi mereka.

Untuk informasi lebih lanjut:
Layanan Bea Cukai Korea
Bandara Internasional Incheon
Badan Karantina dan Pemeriksaan Hewan, Tanaman, dan Perikanan (Bahasa Korea)

 
Barang Terlarang dan Terbatasi

Barang Terlarang
 5bb65c85bf8eadd6f03951d42bd5fd7d_1431067

  • Buku, foto, film, dan barang lain yang keadaannya serupa yang melanggar ketentuan konstitusi, atau mengancam keamanan masyarakat dan bea cukai.
  • Barang yang mengandung informasi rahasia kegiatan pemerintahan atau penyelidik.
  • Uang palsu atau tempa (koin dan uang kertas), nota bank, surat hutang, dan surat berharga lainnya.

Barang terbatasi
  • Seluruh senjata (dan tiruan/hiasannya), yaitu pistol, pedang, serbuk mesiu, bahan peledak, racun, dll.
  • Memasukkan senjata militer dan pasokannya memerlukan persetujuan dari Komisi Jenderal Badan Kepolisian Nasional.
  • Obat-obatan yang diatur oleh hukum seperti narkotika, opium, kokain, ganja dan zat lainnya yang bersifat halusinogen dan psikotropika.
  • Margasatwa yang dilindungi oleh Konvensi Perdagangan Spesies Langka Internasional (CITES); produk yang terbuat dari margasatwa yang langka/dilindungi.
  • Margasatwa yang terancam punah/dilindungi: harimau, macan tutul, gajah, burung unta, burung hantu, ular kobra, kura-kura darat, buaya, ikan sturgeon, karang, anggrek, kaktus, tanaman gaharu, dll. Obat tradisional dari hewan, seperti  empedu beruang dan zat kelenjar rusa jantan. Obat tradisional dari tanaman, seperti scabwort, rizoma cibotii, dan gastrodia elata blume.
  • Alat pembayaran (selain nota promes, surat wesel, dan surat kredit berdokumen), mata uang domestik (won Korea), cek pengunjung yang bersatuan won dengan jumlah melebihi USD 10,000 harus dilaporkan ke pihak bea cukai saat kedatangan dan keberangkatan.
  • Cek kasir, cek overdraft, wesel pos, dll.
  • Perhiasan (selain cincin atau kalung emas yang biasa digunakan sehari-hari), dan surat berharga. (Terbatasi untuk impor/ekspor).
  • Barang budaya (Terbatasi untuk ekspor).
  • Barang yang tunduk kepada Tindakan Perikanan dan Aturan Imigrasi serta Persetujuan Hewan dan Tanaman Laut (Terbatasi untuk ekspor).
  • Barang yang dapat mengancam kualitas sumber daya laut dan pertumbuhan anak pohon untuk budidaya. Barang yang ditetapkan sebagai aset nasional. Kekhasan lokal dan barang langka.
  • Barang yang tunduk kepada hukum pemindahan dan perlakuan terhadap limbah antar negara (Terbatasi untuk impor/ekspor).
  • Tanaman, buah & sayur, dan produk pertanian & kehutanan (Terbatasi untuk impor/ekspor).
  • Hewan (daging, kulit, dan bulu) dan ternak (Terbatasi untuk impor).

Barang yang Terlarang di Pesawat Terbang
Demi keamanan operasi pesawat terbang dan penumpang, beberapa barang dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Jika penumpang mencoba untuk membawa barang terlarang tersebut ke dalam, barang tersebut pesawat akan disita, dan penumpang tersebut akan menjalani tuntutan kriminal jika dicurigai memiliki niat kriminal.

Barang yang Dilarang Dibawa: Benda tajam atau berbahaya lainnya
Benda tajam dan berbahaya seperti pemotong kuku, pisau lipat, gunting, dan pisau alat tulis dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Beberapa item ini bisa dibawa masuk dengan persetujuan maskapai bersangkutan.

Cairan, Gel, dan Aerosol
Per tanggal 1 Maret 2007, cairan, gel, dan aerosol tidak boleh dibawa ke dalam kabin untuk semua penerbangan internasional (termasuk transfer).
Jumlah cairan yang boleh dibawa: kapasitas 1 liter atau kurang di dalam sebuah tas transparan yang dapat disegel (kurang dari 100 ml per kontainer cairan)* 1 liter tas transparan yang bisa disegel (tas kunci resleting) bisa dibeli di toko serba ada, toko obat, dan toko buku di bandara.

Aturan Membawa Cairan:
  5bb65c85bf8eadd6f03951d42bd5fd7d_1431068
Contoh tas transparan dapat disegel untuk dibawa

Kontainer cairan harus diletakkan di dalam 1 liter tas transparan dapat disegel. Tasnya (kira-kira 20cm x 20cm) harus disegel atau dikunci resleting. Jika tas tidak disegel atau tidak dikunci dengan resleting dengan utuh maka tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat terbang. Tas harus dikeluarkan dari koper demi pemeriksaan keamanan.

Barang Bebas Bea Cukai
Cairan, gel, dan aerosol (termasuk alkohol dan komestik) yang dibeli di toko bebas pajak di bandara atau dibayar di konter bayar bebas pajak setelah melewati keamananan bea cukai bandara diijinkan masuk pesawat dengan syarat sebagai berikut:
Belanjaan bebas bea cukai dibungkus di dalam tas tamper-evident . Tanda terima saat pembelian dilampirkan atau dipasang dengan benar di dalam tas tamper-evident. (Dalam hal ini tidak ada pembatasan dalam hal jumlah). Tas tamper-evident tetap disegel dan tidak rusak hingga tujuan akhir.
Tas tamper-evident disediakan oleh toko bebas bea cukai saat item dibeli.
Saat pindah ke negara lain, pengunjung sangat disarankan untuk menanyakan maskapai atau agen perjalanan terkait terlebih dahulu tentang peraturan negara tersebut mengenai barang yang boleh dibawa karena untuk penumpang yang transfer bisa saja berbeda.

Pengecualian
Makanan dan obat untuk orang berkebutuhan khusus (seperti bayi, anak-anak, orang dengan masalah kesehatan, dll) boleh dibawa ke dalam kabin pesawat.
Formula bayi, ASI dalam botol, dan makanan/minuman bayi lainnya hanya untuk keperluan saat penerbangan saja. Obat yang diresepkan dan obat bebas untuk keperluan penerbangan saja.

Makanan/minuman khusus diet (seperti gluten, laktosa, dll) yang diperlukan demi kesehatan dan keamanan penumpang.
Kebutuhan khusus akan makanan dan obat harus dilaporkan kepada pemeriksa terlebih dahulu.
Nama obat, pernyataan medis, dan dokumen resep (catatan resep, tas obat, catatan sakit, dll) harus dibawa dengan semua resep medis. Beberapa obat, jika dianggap berbahaya, akan dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat.

Comments

Previous Next
페이스북에 공유 트위터에 공유 구글플러스에 공유 카카오스토리에 공유 네이버밴드에 공유