Visa & Bea Cukai

Berwisata ke Korea

Berkunjung dengan Hewan Peliharaan

 

5bb65c85bf8eadd6f03951d42bd5fd7d_1431068
 

Beberapa pengunjung suka membawa hewan kesayangan mereka ke Korea. Namun, terdapat peraturan yang harus diikuti saat jalan-jalan dengan hewan peliharaan. Silakan baca dengan seksama bagian ini untuk mengetahui cara berjalan-jalan dengan hewan peliharaan dengan nyaman dan menyenangkan.

Masuk ke Korea


Transportasi
  5bb65c85bf8eadd6f03951d42bd5fd7d_1431068

Maskapai komersil kapal penumpang memiliki aturan yang berbeda mengenai transportasi hewan peliharaan. Kami sangat menyarankan seluruh pengunjung yang bepergian dengan hewan peliharaan menanyakan penyedia layanan angkutan mereka terlebih dahulu.
Dua maskapai penerbangan terbesar Korea, Korean Air dan Asiana Airlines, mengijinkan hewan peliharaan dalam penerbangan dengan syarat tertentu.

Pertama, semua hewan peliharaan harus disimpan di dalam kantong/ransel selama penerbangan. Beberapa hewan peliharaan boleh dibawa ke dalam kabin, dan beberapa lainnya bisa saja tidak diperbolehkan. Anjing penjaga boleh dibawa ke dalam kabin tanpa batasan ukuran dan berat.

Kedua, hewan peliharaan (anjing dan kucing) boleh dibawa ke dalam kabin jika berat gabungan hewan dan tempatnya tidak melebihi 5kg (11pon). Karena kantong/ransel harus muat ditaruh di bawah tempat duduk, ukurannya harus tidak melebihi 115cm (batas tinggi: 20-22cm di Korean Air; 21cm di Asiana Airlines).

Ketiga, hewan peliharaan (kucing dan anjing) dapat bepergian di dalam kompartemen kargo jika berat hewan dan kargonya tidak melebihi 5kg (11pon). Ukuran kargo tidak boleh melebihi 246cm (batas tinggi: 86-88cm di Korean Air; dan 84cm di Asiana Airlines). Juga, berat total hewan dan tempatnya tidak boleh melebihi 32kg.

Keempat, selain kucing dan anjing, hewan lainnya seperti kelinci, hamster, kura-kura, dll harus dibawa di pesawat angkutan terpisah yang dioperasikan oleh maskapai angkutan.
Terakhir, setiap penumpang diijinkan membawa hanya seekor hewan peliharaan. Namun, hewan di bawah umur 6 bulan boleh dibawa sepasang (dua) di dalam satu ransel/tas.


Informasi Perjalanan Hewan Peliharaan Korean Air http://www.koreanair.com
Informasi Perjalanan Hewan Peliharaan Asiana Airlines http://flyasiana.com/english

 


Karantina Hewan
Semua hewan tunduk pada pemeriksaan dan karantina di tempat kedatangan. Pengunjung yang bepergian dengan hewan peliharaan harus melaporkan hewan mereka dalam formulir Laporan Bea Cukai.

Aturan Karantina (Kucing dan Anjing)
  5bb65c85bf8eadd6f03951d42bd5fd7d_1431068

Aturan karantina hewan telah melalui revisi besar belakangan ini. Kucing dan anjing yang memasuki Korea sekarang harus melewati penanaman microchip dan tes antibodi vaksin rabies. Aturan karantina yang sudah direvisi untuk hewan ini telah berlaku sejak 1 Desember 2011, dan dirangkumkan sebagai berikut:
 

1.    Penanaman microchip dan tes antibodi vaksin rabies 

  • Sebuah microchip harus ditanamkan ke dalam anjing atau kucing (selanjutnya disebut sebaga “hewan”), dan nomor identifikasi yang sesuai harus dilaporkan di sertifikat kesehatan.
  • Seekor hewan harus telah menerima tes antibodi vaksin rabies di laboratorium yang telah diakui secara internasional tidak lebih awal dari 3 bulan dan tidak lebih lama dari 24 bulan terlebih dahulu hingga berangkat, dan juga membuktikan bahwa level antibodi vaksin rabies adalah 0.5IU/ml atau lebih tinggi. Hasil tes harus dilaporkan dalam sertifikat karantina.

☞ Hewan dari zona bebas rabies atau berumur di bawah 90 hari bebas dari aturan ini.


2.    Dokumen yang Diperlukan dan Jumlah Hewan yang Diijinkan 

  • Dokumen yang diperlukan: sertifikat karantina (satu per hewan) dikeluarkan oleh pihak berwenang negara orang pembawa masuk. Sertifikat harus menyertakan nomor identifikasi microchip hasil tes antibodi vaksin rabies.
  • Jumlah maksimal hewan yang diijinkan untuk dibawa masuk tanpa laporan terlebih dahulu: 4

3.    Periode karantina hewan 

  • ​Hewan berusia 90 hari atau lebih
    • Penanaman microchip yang sukses, dan level antibodi vaksin rabies 0.5IU/ml atau lebih (sebagaimana
    • dilaporkan di sertifikat karantina) ☞ 1 hari (dikeluarkan pada hari yang sama)
      Penanaman microchip yang gagal ☞ dikarantina hingga penanaman microchip sukses
    • Gagal menerima tes antibodi vaksin rabies ☞ Dikarantina hingga tes antibodi dilaksanakan, dan hasil tes menunjukkan level antibodi 0.5IU/ml atau lebih tinggi.
    • Gagal menanam microchip dan menerima tes antibodi vaksin rabies ☞ Dikarantina hingga sukses menanam microchip, dan tes antibodi dilaksanakan, dan hasilnya menunjukkan level antibodi 0.5IU/ml atau lebih tinggi.
  • ​Hewan dari zona bebas rabies atau berumur di bawah 90 hari
    • Sukses menanamkan microchip ☞ 1 hari (dikeluarkan pada hari yang sama)
    • Gagal menanam microchip ☞ Dikarantina hingga sukses menanam microchip

※    Perhatian: Pembawa masuk hewan yang membawa microchip yang bukan produk standar internasional (ISO 11784/11785) harus mempersiapkan pembaca microchip yang sesuai.


4.    Laboratorium yang Diakui secara Internasional untuk Pemeriksaan Rabies

http://ec.europa.eu/food/animal/liveanimals/pets/approval_en.htm


5.    Zona Bebas Rabies menurut World Organization for Animal Health (OIE) 

Jepang, Taiwan, Siprus, Australia, Selandia Baru, Portugis, Islandia, Guam, Hawaii, Samoa, Pulau Cayman, Polinesia Prancis, Martinique, Departemen Reunion, Wallis dan Futuna, Albania, Republik Dominika, Makedonia, Lichtenstein, Malaysia, Swis (Sejak 5 November 2010)

 

Bandara/Pelabuhan Laut
Layanan Karatina Hewan di Bandara dan Pelabuhan Laut Internasional
(www.gia.go.kr)

Bandara Incheon: +82-32-740-2660-1
Bandara Gimhae: +82-51-971-1925
Bandara Jeju: +82-64-746-0761
Pelabuhan Laut Busan Seaport: +82-51-469-0822    
Bandara Gimpo: +82-2-2664-2601
Bandara Muan: +82-62-975-6033
Pelabuhan Laut Incheon: +82-32-883-4938
Pelabuhan Laut Gunsan: +82-63-442-507

Stasiun Karantina Bandara

Bandara Internasional Incheon
Terletak di dalam Terminal Keberangkatan Penumpang (3F), di belakang konter F (Pintu 7)

Bandara Internasional Gimpo
Terletak di dalam Terminal Internasional (1F) – Karantina Hewan: Ruangan 169/ Karantina Tanaman: Ruangan 171

Kantor Karantina Bandara Internasional Incheon (032-740-2660~2)
Kantor Karantina Bandara Gimpo (02-2664-0601)

Dokumen yang Diperlukan untuk Burung
Sebuah sertifikat karantina yang dikeluarkan oleh pihak karantina negara yang membawa masuk diperlukan saat membawa masuk burung ke Korea. Dokumen lainnya seberti vaksinasi rabies dan sertifikat kesehatan lainnya tidak diperlukan.
Namun, tidak semua burung diijinkan masuk ke Korea. Silakan periksa terlebih dahulu negara, yang mengijinkan impor burung, karena bisa saja berubah sewaktu-waktu. (Tel: +82-32-740-2660).

Selama di Korea
 2066455c76cbacf4f424bb201fe1a6cf_1431069

Transportasi Umum
Hanya hewan peliharaan kecil yang diijinkan di dalam transportasi umum selama mereka selalu dijaga di dalam tas hewan, dan tidak boleh membuat penumpang lainnya merasa tidak nyaman.

Situs Wisatawan dan Tempat Umum
Situs wisatawan dan fasilitas budaya memiliki aturan berbeda mengenai hewan peliharaan. Meskipun kebanyakan hewan peliharaan tidak diijinkan di kebanyakan tempat, mereka dibolehkan selama selalu dijaga di dalam tas hewan. Pengunjung boleh membawa hewan kesayangan mereka ke hampir semua taman umum, termasuk taman stadion Piala Dunia (kecuali di taman bermain anak-anak dan taman rumput), taman sungai Hangang, taman Olympic, dan taman Yeouido. Pengunjung harus memakaikan kalung (tanda pengenal) pada hewan mereka, dan juga membawa tempat penampung segala bentuk kotoran hewan yang gampang dibuang. Hewan berukuran besar harus diberangus.
Hewan kesayangan tidak diijinkan berada di department store utama dan mal besar seperti shopping mall Doosan Tower atau Migliore, namun hewan berukuran kecil diijinkan selama mereka selalu dijaga di dalam tas hewan.

Persediaan Hewan Peliharaan

Sebuah kawasan toko hewan peliharaan yang bernama Cheonggyecheon Aewandongmul Sangga antara persimpangan Cheonggye 6-ga dan persimpangan Cheonggye 7-ga menjual persediaan hewan peliharaan dalam jumlah besar. Petunjuk arah menuju toko tersebut: 

1.    Stasiun Dongdaemun (Subway Line 1, 4), Exit 7.
Jalan menyusuri Cheonggyecheon Stream sepanjang 450m untuk tiba di toko hewan peliharaan.


2.    Stasiun Dongmyoap (Subway Line 1 atau 6), Exit 6.
Jalan lurus sejauh 200 m, dan belok kanan di pojok Bank Woori untuk tiba di toko hewan peliharaan.
Persediaan hewan peliharaan juga bisa ditemukan di hypermarket dan toko diskon besar lainnya seperti E-Mart dan Homeplus.


Penitipan Hewan Peliharaan
Terdapat berbagai jenis layanan penitipan hewan peliharaan di seluruh Korea. Misalnya, hotel hewan peliharaan, dilengkapi dengan tempat tidur dan kamera, menyediakan lingkungan yang nyaman untuk hewan dengan harga 15,000 hingga 200,000 won. Selain itu klinik hewan dan salon hewan juga menawarkan layanan penitipan hewan peliharaan.

Comments

Previous Next
페이스북에 공유 트위터에 공유 구글플러스에 공유 카카오스토리에 공유 네이버밴드에 공유