3 Lingkungan Terabaikan yang Menarik di Seoul

3 Lingkungan Terabaikan yang Menarik di Seoul

Jalan dekat Sungshin Women’s University (Sumber: Seoulinspired)

Seoul memiliki beberapa lingkungan yang sangat terkenal yang hampir semua orang tahu. Gangnam, Myeongdong, Hongdae, Itaewon… Sangat mudah untuk menyebutkannya. Namun, karena area ini mendapatkan perhatian penuh, beberapa lingkungan di Seoul ada yang luput dari perhatian.

Di saat begitu banyak area terkenal di Seoul, ada pula beberapa lingkungan yang tak begitu populer tapi menawarkan objek wisata menarik. Apa yang membuat daerah ini begitu unik adalah mereka semua memiliki atmosfer dan budaya yang sangat berbeda. Hyehwa sangat trendi dan artistik, sedangkan Sungshin Women’s University bernuansa kopi ala Korea dengan deretan kafe yang berbeda-beda. Meski area-area tersebut tidak begitu sering mendapatkan banyak pengunjung, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sini. 


Area Hyehwa

Jalan Hyehwa (Sumber: Seoulinspired)

Hyehwa terletak hanya satu perhentian dari area paling populer di Seoul, Dongdaemun. Meskipun lokasinya sangat dekat, tempat ini jarang muncul dalam panduan perjalanan atau rencana perjalanan ke Seoul. Tapi seharusnya begitu. Hyehwa adalah salah satu lingkungan paling trendi di Seoul dan merupakan area yang sangat populer dengan pelajar dan masyarakat yang lebih muda. Hal ini dikarenakan banyaknya toko perbelanjaan, kafe, dan restoran yang tersedia di daerah tersebut. Namun, ini tidak berarti bahwa area tersebut juga tidak memiliki objek wisata untuk orang tua! Objek wisata Hyehwa yang paling populer selain kuliner adalah Taman Naksan dan Taman Marronnier.

Alamat: Jiha 120, Daehak-ro, Jongno-gu, Seoul 
Petunjuk Arah: Naik Kereta Bawah Tanah Seoul Jalur 4 ke Stasiun Hyehwa, terletak satu halte di utara Stasiun Dongdaemun.
Jam operasional: Buka 24 jam
* Standar jam buka kafe dan restoran: 10:00 - 23:00
Objek Wisata terdekat: Taman Naksan, Taman Marronnier, Pusat Seni Arko

Taman Naksan

Taman Naksan (Sumber: Seoulinspired)

Taman Naksan terletak di sisi Naksan, sebuah gunung kecil yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Hyehwa. Taman ini menuju ke puncak gunung dan di puncaknya Anda dapat menemukan Tembok Seoul - tembok yang mengelilingi kota tua Seoul. Anda juga akan bertemu dengan pemandangan yang menakjubkan saat mencapai puncak. Taman ini sangat menakjubkan di musim semi ketika pepohonan mulai bermekaran, dan perjalanan ke puncak akan membawa Anda melewati ratusan pohon yang menakjubkan. Trek di Taman Naksan dirawat dengan baik dan sebagian besar sudah diaspal, sehingga dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam.

Alamat: 41, Naksan-gil, Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk Arah
- Stasiun Haehwa (Seoul Subway Line 4), Exit 2 → Jalan sekitar 10 menit
- Stasiun Changsin (Seoul Subway Line 6), Exit 3 → Naik Bus No. 03 & turun di pemberhentian terakhir
- Stasiun Dongdaemun (Seoul Subway Line 1), Exit 5 → Naik Bus No. 03 & turun di pemberhentian terakhir
Jam operasional: Buka 24 jam
Biaya masuk: Gratis

Taman Marronier

Taman Marronnier (Sumber: Seoulinspired)

Taman Marronnier adalah taman lain yang terletak tepat di luar Stasiun Hyehwa dan taman ini terkenal sering mengadakan acara. Anda dapat menemukan pameran seni atau pasar kaget di Taman Marronnier. Meskipun jadwal pasar berubah secara teratur, Anda bisa menemukan sesuatu yang seru di taman pada pagi akhir pekan. Acara paling terkenal (dan rutin) adalah pasar Filipina dan pasar petani yang berlangsung setiap hari Minggu di Minggu kedua setiap bulan. Selama berminggu-minggu, Anda juga bisa menemukan pasar dan pameran lain yang sedang berlangsung. Taman ini juga memiliki taman bermain kecil untuk anak-anak, menjadikannya tempat yang tepat untuk singgah dan bersantai sejenak.

Alamat: 140, Daehak-ro, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Taman ini berada tepat di sebelah kiri Stasiun Hyehwa (Seoul Subway Line 4), Exit 2
Jam operasional: Buka 24 jam
-Pasar Filipina: Minggu, 09:00 - 17:00
-Pasar petani: Minggu kedua setiap bulan, 11:00 - 16:00
Biaya masuk: Gratis

Selain atraksi tersebut, Hyehwa juga merupakan area yang bagus untuk dikunjungi jika Anda mencari cita rasa rumahan. Nuansa internasional sangat kental di sini dan tercermin dari banyaknya variasi restoran. Jika menginginkan hidangan tertentu, maka Anda pasti bisa menemukannya di sini!


Area Sungshin Women’s University

Jalan di sekitar Sunshin Women’s University (Sumber: Seoulinspired)

Sunshin Women’s University adalah area lain di utara Seoul yang sering diabaikan. Area ini dinamai berdasarkan universitas di sana, dan merupakan area yang bagus untuk berbelanja jika Anda ingin menghindari keramaian Hongdae atau area lain yang lebih besar. Namun, karena area tersebut dibangun di sekitar universitas wanita, sebagian besar toko berfokus pada pakaian wanita.

Selain tempat perbelanjaan, ada banyak hal yang bisa dijelajahi di sekitar Sungshin. Nuansa kafe sangat kuat di daerah tersebut, dan Anda dapat menemukan banyak kafe lucu dengan menu lezat. Selain itu, ada juga bioskop CGV yang terletak tepat di Pintu Keluar 1 Stasiun Sungshin, arena bowling (terletak di dekat kereta bawah tanah), dan aliran Seongbukcheon.

Alamat: 2, Bomun-ro 34da-gil, Seongbuk-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Naik Seoul Subway Line 4 atau Ui LRT ke Sungshin Women’s University Station, yang terletak tiga halte di utara Dongdaemun.
Objek wisata terdekat: Jalan Perbelanjaan Sungshin, CGV, Aliran Seongbukcheon

Sungshin Shopping Street

Sungshin Shopping Street (Sumber: Seoulinspired)

Shopping street adalah daya tarik terbesar bagi pengunjung. Jalan ini paling terkenal dengan pakaian, aksesori, kosmetik, dan makanan. Jalannya sendiri tidak terlalu panjang, dan Anda dapat dengan mudah berjalan kaki dalam 10 menit. Namun, ada ratusan toko yang terletak di sepanjang jalan tersebut dan Anda dapat menghabiskan sore hari di sini jika ingin melihat-lihat lebih dalam. Shopping street di Sungshin sedikit lebih murah dan tidak ramai dibandingkan shopping street lainnya, karena kurang dikenal orang. Saat mengunjungi shopping street, pastikan untuk melihat di atas dan di bawah karena banyak toko tidak bertempat di jalan. Shopping street ini sangat populer di kalangan mahasiswa universitas terdekat dan penduduk setempat lainnya.

Alamat: 4, Dongsomun-ro 22-gil, Seongbuk-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Stasiun Sunshin Women’s University (Seoul Subway Line 4), Exit 1
Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam buka toko bervariasi
Biaya masuk: Gratis

Aliran Seongbukcheon

Aliran Seongbukcheon juga mengalir tepat di sebelah stasiun. Akses paling mudah adalah dengan keluar dari stasiun melalui Exit 2 dan berjalan lurus selama lima menit. Anda akan segera menemukan arus tepat di depan Anda. Seongbukcheon menambah nuansa alam yang menyenangkan di kota ini, dan ini adalah tempat yang bagus untuk berolahraga atau sekadar menikmati alam terbuka. Untuk jalan kaki yang lebih singkat, berjalan ke arah Universitas Hanseong adalah pilihan terbaik. Anda akan mencapai ujung aliran dalam waktu sekitar 20 menit. Di arah lain, Aliran Seongbukcheon membentang hingga Sungai Cheonggyecheon yang jauh lebih terkenal di Dongdaemun! Anda akan menemukan sungai ini dinikmati oleh semua orang sepanjang musim, mulai dari keluarga hingga pengendara sepeda dan orang-orang yang membawa anjing mereka jalan-jalan.

Alamat: Dongsomundong 2-ga, Seongbuk-gu, Seoul
Petunjuk arah: Dari Stasiun Universitas Hanseong (Jalur 4 Subway Seoul) Pintu Keluar 2, berjalanlah 20 meter melintasi alun-alun dan Anda akan mencapai sungai.
Jam operasional: Buka 24 jam
Biaya masuk: Gratis

Cafe Lips

Café Lips (Sumber: Seoulinspired)

Meskipun Seoul secara keseluruhan sangat terkenal dengan kafenya, ada beberapa daerah di sana yang secara khusus terkenal dengan keragaman dan jumlah kafe rumahan. Area Universitas Sungshin adalah salah satunya. Tidak mungkin untuk menjangkau setiap kafe di daerah tersebut, tetapi ada satu kafe baru yang indah, namanya Café Lips.

Kafe ini dapat dijangkau dengan 10 menit berjalan kaki dari stasiun. Bangunannya agak kecil dan kuno. Meski kecil, ia memiliki interior yang menakjubkan dengan banyak aktivitas yang bisa Anda ikuti. Kafe ini merupakan persilangan antara kafe bunga dan kafe game board. Bunga dari kafe dikombinasikan dengan permainanan menjadikannya sebagai lokasi kencan yang menyenangkan. Namun, karena kafe ini penuh dengan barang-barang pecah belah, anak kecil tidak diperbolehkan masuk, jadi harap diingat saat berkunjung.

Alamat: 84-7, Inchon-ro 7-gil, Seongbuk-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Dari Stasiun Universitas Sungshin (Seoul Subway Line 4), Exit 5, naik Bus No. 1162. Turun di halte pertama dan jalan kaki 5 menit.
Jam Operasional: Senin-Sabtu 10:00 - 23:00 / Minggu 16:00 - 23:00 / Hari libur 14:00 - 23:00
Harga: Minuman mulai dari 5.000 won


Area Ikseon-dong

Jalan Ikseon-dong (Sumber: Seoulinspired)

Mungkin lingkungan terabaikan yang paling terkenal dalam daftar ini adalah Ikseon-dong. Daerah ini salah satu area paling tradisional di Seoul. Hyehwa dan Sungshin keduanya terkenal karena modernitas mereka, tetapi Ikseon-dong berdiri di sisi lain spektrum ini. Daerah ini adalah desa tradisional hanok. Hanya menjelajahi jalanan di sini saja sudh cukup. Namun, tempat ini juga memiliki berbagai macam kafe, restoran, dan toko yang bisa dijelajahi. Ikseon-dong sering diabaikan oleh Bukcheon dan Insa-dong untuk area budaya, tetapi memiliki daya tarik tersendiri.

Lingkungannya sendiri tidak terlalu besar. Seluruh area terdiri dari empat atau lima jalan utama. Anda dapat dengan mudah menjelajahi seluruh lingkungan di pagi atau sore hari. Ini sangat luar biasa, mengingat Ikseon-dong adalah salah satu tempat paling unik di seluruh kota. Dibangun pertama kali pada tahun 1920, desa ini terasa seperti sejarah!

Salah satu objek wisata terbesar Ikseon-dong adalah menjelajahi jalanan. Meskipun ada banyak objek wisata fantastis di dalam gedung, menjelajah jalanan di sini merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Alamat: Jongno 3-ga, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Naik Kereta Bawah Tanah Seoul Jalur 5, Jalur 3 atau Jalur 1 ke Stasiun Jongno 3 (sam) -ga. Keluar dari stasiun melalui Exit 4. Ikseon-dong berada tepat di seberang.
Jam operasional: Area utama buka 09:00 - 23:00
Objek wisata terdekat: Kuil Jongmyo, Istana Changdeokgung, Pasar Gwangjang

Toko Bunga Madang

Toko Bunga Madang (Sumber: Seoulinspired)

Berbelanja di Ikseon-dong adalah salah satu objek wisata terbesar dan daerah ini memiliki beberapa toko yang sangat terkenal. Beberapa merek baju terkenal berbasis di daerah tersebut, dan Toko Bunga & Kafe Madang juga sangat populer. Jika Anda mencari sesuatu yang berhubungan dengan tanaman atau bunga, maka toko yang sangat cerah dan penuh warna ini siap membantu Anda. Meskipun sebagian besar adalah toko bunga, kafe di sini juga menyajikan minuman dan makanan yang lezat dan bervariasi. Interior kafe yang berbasis arsitektur tradisional Korea dan dipenuhi dengan bunga dan tanaman membuat pengalaman ngopi di Madang menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan.

Alamat: 33-12, Supyo-ro 28-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk arah: Dari Stasiun Jongno 3 (sam) -ga (Seoul Subway Line 1, 3, 5), Exit 4, seberangi jalan ke Ikseon-dong. Ikuti jalan utama sampai selesai. Belok kanan dan jalan kaki sekitar 2 menit dan Anda akan sampai di Madang.
Jam operasional: 07:30 - 24:00
Harga: Minuman mulai dari 5.000 won
Pertanyaan: + 82-2-743-0724

Ikseon Boutique

Karena mengambil foto adalah salah satu wisata terbesar di Ikseon-dong, mengapa tidak memanfaatkannya semaksimal mungkin? Ikseon-dong memiliki toko yang tidak hanya menawarkan persewaan hanbok, tetapi juga pakaian retro. Penyewaan pakaian vintage ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil foto yang menakjubkan di jalanan Ikseon-dong dengan benar-benar istimewa. Meskipun pakaian vintage ini tidak diperlukan untuk mengambil foto yang indah di Ikseon-dong, pakaian tersebut akan menambah gaya pada foto Anda. Jika Anda tertarik untuk menyewa beberapa pakaian vintage, penting untuk datang beberapa jam sebelum waktu tutup yang tercantum, karena persewaan terakhir adalah sekitar 3 jam sebelum tutup.

Alamat: 3F, 38, Donhwamun-ro 11-gil, Jongno-gu, Seoul
Petunjuk Arah: Stasiun Jongno 3 (sam) -ga (Seoul Subway Line 1, 3, 5), Exit 4. Toko tersebut dapat ditemukan tepat di seberang jalan.
Jam operasional: 09:00 - 19:00
* Sewa terakhir pada pukul 18:00
Biaya: Sewa 3 jam 30.000 won / Sewa 6 jam 40.000 won / sewa sehari penuh 45.000 / sewa semalam 50.000 won
Pertanyaan: + 82-2-747-4310
Situs web: www.ikseonboutique.com (Khusus bahasa Korea)

Hanboknam

Jika Anda tertarik pada sesuatu yang lebih tradisional daripada Butik Ikseon di atas, Anda bisa mengunjungi hanbok! Pakaian tradisional Korea ini terkenal dengan keindahan dan keanggunannya. Itu pula yang menghasilkan beberapa foto menakjubkan yang tidak dapat diambil di tempat lain. Meskipun sebagian besar persewaan hanbok dilakukan di dekat istana, Ikseon-dong juga dapat dieksplorasi dengan hanbok. Ini akan membuat gambar menjadi lebih unik saat Anda menjelajahi jalan-jalan di Desa Hanok.

Alamat: Seoul, Jongno-gu, Waryong-dong, Donhwamun-ro, 85, lantai 2
Petunjuk arah: Naik metro ke Jongno 3-ga. Dari stasiun, naik bus Jongno 12.
Jam operasional: 10:00 - 18:30 (Tutup pada hari Senin)
Biaya
- Sewa hanbok tradisional: Sewa 1 jam 30 menit 10.000 won / 2 jam 30 menit sewa 15.000 won / Sewa 4 jam 20.000 won / Sewa sehari penuh 30.000 won
- Sewa hanbok bertema: Sewa 1 jam 30 menit 20.000 won / Sewa 2 jam 30 menit 30.000 won / sewa 4 jam 40.000 won / Sewa sehari penuh 50.000 won
Pertanyaan: + 82-10-6485-8507
Situs web: www.hanboknam.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)


Info Lebih Lanjut

Penulis Tamu: Ethan Brooke dari Seoulinspired Korean Travel Blog
Situs Web: www.seoulinspired.com
1330 Korea Travel Hotline: + 82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada Oktober 2020. Oleh karena itu, informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa detailnya sebelum berkunjung.

Klik di Sini untuk Sumber Artikel 

Share This Article

Related Post