7 Taman Terbaik Untuk Menikmati Piknik di Musim Semi

7 Taman Terbaik Untuk Menikmati Piknik di Musim Semi

Taman World Cup

 

Musim semi menjadi waktu yang pas untuk menemukan kehangatan matahari serta beragam bunga yang berwarna-warni, lalu adakah hal yang lebih menarik dari piknik di taman? Seoul dan kota metropolitan lainnya dihiasi dengan taman yang cantik, cocok untuk menghabiskan waktu di luar. Beberapa taman bahkan pernah menjadi lokasi pengambilan gambar drama Korea atau Film, sebuah hal yang menarik bagi penggemar Hallyu. Hal yang menjadi poin penting dari melakukan piknik di taman adalah kita dapat menghabiskan waktu luang yang menyenangkan namun dengan biaya yang terjangkau, sangat cocok untuk wisatawan muda. Selain itu, setiap taman memilki pertunjukan dan keunikan tersendiri yang membuat setiap pengalaman piknik berbeda.

 

Tips) Rencanakan Piknik!

Ketika merencanakan piknik di taman, pastikan kamu membawa makanan dan alas untuk duduk, tidak banyak restoran atau toko penjual makanan yang tersedia di sekitar taman, maka dari itu persiapkan makanan sebelum pergi piknik. Untuk mendapatkan piknik yang lebih berkesan, bawalah kamera dan persiapkan beberapa lagu untuk dinikmati selama piknik di taman.

 

?

Taman yang dipenuhi keindahan bunga sakura
Taman Yeouido Hangang

 

?

Bunga Tulip di Taman Yeouido Hangang (Credit: Seoul City Hall)

 

Sungai Hangang mengalir melalui jantung kota Seoul, memberikan tempat bersantai dan tempat untuk menghabiskan waktu luang selama akhir pekan bagi warga lokal. Ada 12 taman yang tersebar di sepanjang aliran Sungai Hangang, namun yang paling terkenal di kalangan wisatawan dan warga lokal adalah Taman Yeouido Hangang. Taman ini menjadi lebih populer pada bulan April ketika bunga sakura sedang bermekaran dan kamu tidak akan melewatkan keindahannya sedikitpun.

 


Taman Yeouido Hangang

 

? 

 

?Kelebihan dari taman ini adalah lokasi yang mudah dicapai dengan kereta bawah tanah dan bus, selain itu taman ini juga sering menjadi lokasi beragam acara dan kegiatan menyenangkan sepanjang tahunnya. Nikmati pemandangan langit Seoul dari ladang rumput yang luas atau kamu bisa menyewa sebuah sepeda untuk menelusuri taman.

 

 

Alamat: 330, Yeouidong-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Yeouinaru (kereta bawah tanah Seoul line 5), pintu keluar 3. Berjalan kaki kiira-kira 2 menit.

Website: english.seoul.go.kr (Korea, Inggris, Jepang, Chinese)

 

 

Taman Danau Ilsan


Taman Danau Ilsan

 

Taman Danau Ilsan terkenal karena menjadi lokasi pengambilan gambar drama Korea “My love from the stars (2013)” dan “The girl who sees smells (2015)”. Danau Ilsan merupakan sebuah danau buatan terbesar yang pernah dibuat oleh manusia, sisi danau ini dirancang dengan jalanan untuk para pesepeda dan juga pejalan kaki. Pada akhir pekan, taman ini menjadi tempat hang out yang populer bagi warga lokal dan juga tempat berkencan bagi para pasangan. 

 

Taman Danau Ilsan

 

Tidak akan sulit menyebut Taman Ilsan sebagai taman bunga. Taman ini memiliki 1800 populasi pohon bunga sakura, banyak pohon willow serta semak forsythia. Berlimpahnya jumlah bunga akan memberikan kamu ilusi sedang berada di negeri dongeng. Taman ini juga menjadi tempat pameran bunga global tahunan “International Holticulture Goyang Korea”.

 

 

Alamat: 595, Hosu-ro, Ilsandong-gu, Goyang-si, Gyeonggi-do

Petunjuk arah: Stasiun Jeongbalsan (kereta bawah tanah Seoul line 3), pintu keluar 2. Berjalan kira-kira 18 menit.

Jam operasional: Musim dingin (Nov-Mar) 06:00-20:00, Musim panas (Apr-Okt) 05:00-22:00

Website: www.lake-park.com (Hanya bahasa Korea)

 

 
Taman dengan makna mendalam
Taman Olympic

 

Taman Olympic terlihat dari Mongchontoseong Fortress

 

Berlokasi di Songpa-gu, Seoul, Taman Olymipic besar dari nama dan juga ukurannya. Menjadi lokasi untuk Asian Game 1986 dan juga Summer Olympics tahun 1988. Taman ini memiliki ukuran seluas 1,4 juta meter persegi dan membutuhkan waktu 3 jam untuk berjalan mengitari taman.  Untuk mempermudah waktu berkelana, direkomendasikan untuk mengambil peta taman di dekat gerbang world peace.

 


Taman Olympic

 

? 

Ada banyak cara untuk menikmati taman yang luas ini, sebagai pilihan kamu bisa berfoto di patung yang ada di sekitar taman, menikmati inline skating atau skateboarding di taman skating peace plaza. Bangku panjang juga dapat kamu temukan di sepanjang jalan setapak yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar.

 

?


Bukit pohon tunggal di Taman Olympic

 

Ketika mengunjungi Taman Olympic, tempat yang tidak akan kamu lewatkan adalah mengunjungi Bukit Pohon Tunggal yang menjadi urutan ke 6 dari 9 daftar lokasi terbaik di Taman Olympic. Pohon tunggal yang berada di sebuah hamparan luas membuat pemandangan layaknya sebuah lukisan dan ini menjadi lokasi yang bagus untuk berfoto.

 

 

Alamat: 424, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Mongchontoseong (kereta bawah tanah Seoul line 8), pintu keluar 1. Berjalan kira-kira 29 menit.

Website: www.olympicpark.co.kr (Korea, Inggris)

 

 

Taman Pyeonghwa Nuri di Imjingak Resort 


Taman Pyeonghwa Nuri (Credit: Paju City Hall)

 

Taman Pyeonghwa Nuri menjadi taman yang berada di paling utara Gyeonggi-do, diciptakan pada tahun 2005 sebagai bagian dari World Peace Festival. Walaupun peperangan dan perpisahan menjadi momen menyakitkan pada sejarah Korea, taman ini mempromosikan perdamaian dan rekonsiliasi. Kunci utama dari taman ini adalah Bukit musik, lokasi konser dengan ladang rumput yang luas serta Bukit Angin yang menyajikan area foto dan pemandangan 3000 kincir angin yang berputar bebas.

 


Bukit Angin

 

Suasana piknik sederhana ditemani dengan selimut hangat terasa lebih baik dari mengunjungi restoran mewah. Kincir angin warna-warni yang berputar memberikan pemandangan menakjubkan bagi pengunjung yang menikmati waktunya di sini. Pengunjung dengan anak-anak direkomendasikan untuk mengunjungi Peaceland, sebuah taman hiburan dengan Viking Ride yang terkenal, komidi putar dan pertunjukan seru lainnya.

 

 

Alamat: 148-53, Imjingak-ro, Munsan-eup, Paju-si, Gyeonggi-do

Petunjuk arah: Stasiun Munsan (Gyeonggi-Jungang Line) pintu keluar 1. Naik taksi kira-kira 15 menit.

Website: imjingak.co.kr (Bahasa Korea)

 

  

Taman terbaik untuk fotografi
Taman Noeul di World Cup Park

 

?

Lokasi kemah (Credit: Seoul City Hall)

 

Tempat yang terkenal untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Seoul adalah di Taman Noeul. Tempat ini juga memiliki hamparan rumput yang luas dan menjadi tempat terbaik untuk berkemah. Taman ini awalnya adalah sebuah tempat pembuangan sampah bersamaan dengan Taman Haneul, namun berubah menjadi taman yang indah pada Piala Dunia Fifa 2002 Korea/Jepang. 

 


Taman Noeul

 

Pesona terbaik dari taman Noeul adalah suasana tenang yang bisa didapatkan ketika melakukan piknik. Nikmati jalan santai di jalur setapak sepanjang taman dan berhenti sejenak untuk berfoto dengan patung yang tersebar di seluruh taman. Taman ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, maka dari itu taman ini juga memiliki arti ‘sunset’  dalam bahasa Korea. Direkomendasikan untuk mengunjungi taman ini pada jam 4 atau 5 sore hari, maka kamu akan menemukan pemandangan langit merah menyala ketika matahari terbenam.

 

 

Alamat: 84, Haneulgongwon-ro, Mapo-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun World Cup Stadion (Kereta bawah tanah Seoul line 6), pintu keluar 1. Naik Tram Maengkkongi dari pintu masuk ke Lokasi Parkir Taman Haneul.

Jam operasional (Kereta Listrik Maengkkongi): 10:00 – 19:00 (Mar-Nov), 10:00 – 18:00 (Des –Feb) *Untuk menjaga taman dan semua pengunjung, tiket masuk malam dilarang.

Rute Kereta Listrik Maengkkongi: Lokasi Parkir Nanji -> Taman Haneul, Taman Haneul -> Lokasi Parkir Nanji, Lokasi Parkir Noeul -> Lokasi Kemah Noeul

Harga (Kereta Listrik Maengkkongi): Dewasa – Bolak balik 3,000 won, Sekali jalan 2,000 won / Anak-anak Bolak balik 2,200 won, sekali jalan 1,500 won

Website: parks.seoul.go.kr (Bahasa Korea)

 

 

Taman Seonyudo

 
Taman Pilar Hijau di Taman Seonyudo

 

Jembatan Yanghwadaegyo menghubungkan Hapjeongdong dan Dangsan-dong kemudian melewati taman Seonyudo yang menjadi pulau dan terletak di tengah sungai Hangang. Pulau ini awalnya disebut Seonyubong Peak yang bermakna pulai kecil tempat roh-roh Dewa bermain, pulau ini terkadang juga disebut “Taman Air”. Taman ekologis ini dibentuk dengan merenovasi pabrik penyaringan air yang sudah tua. 

 


Taman Seonyudo

 

? 

Taman ini terbagi menjadi beberapa taman bertema, diantaranya adalah taman waktu, taman pilar hijau, rumah kaca dan lainnya. Tersedia banyak kursi panjang untuk bersantai dan berisitirahat. Selain itu, taman ini juga sangat pas dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan untuk membuat kenangan indah dengan berfoto di latar yang unik.

 

 

Alamat (Kantor Taman Seonyudo) : 343, Seonyu-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun Seonyudo, (Kereta bawah tanah Seoul Line 9), pintu keluar 4. Berjalan kira-kira 18 menit. / Stasiun Dangsan (Kereta bawah tanah Seoul line 2 & 9 ), pintu keluar 1 atau 13. Berjalan kira-kira 19 menit.

Jam operasional: 06:00 – 24:00

Website: parks.seoul.go.kr (Bahasa korea)

 

 

Taman Haneul di World Cup Park 


Taman Haneul

 

Taman tertinggi dari kelima taman World Cup, taman ini bernama Haneul yang berarti “langit” dalam bahasa Korea. Sebelumnya taman ini merupakan lokasi pembuangan sampah lalu dibuat menjadi sangat cantik. Taman ini bertujuan untuk tetap alami dengan memanfaatkan energi alami angin dengan menggunakan lima turbin angin yang sangat besar dan menampilkan sedikit struktur buatan manusia. Karena tidak tersedia toko penjual makanan di taman, kamu mungkin bisa mempersiapkan beberapa makanan ringan dan minuman sebelum datang ke taman ini.

 


Taman Haneul

 

? 

Taman Haneul menjadi sangat indah jika dikunjungi pada bulan Oktober, ketika warna rumput eulalia yang mengisi ladang berubah menjadi keemasan, serta keindahan bunga cosmos yang berwarna merah muda menghiasi jalan. Jangan khawatir, pada musim semi, keindahan taman ini juga tidak diragukan, taman ini memiliki banyak area foto dimana kamu bisa bebas mengambil gambar dengan hamparan luas langit biru.

 

 

 

Alamat (Pusat Pengunjung): 95, Haneulgongwon-ro, Mapo-gu, Seoul

Petunjuk arah: Stasiun World Cup Stadium (Kereta bawah tanah Seoul line 6) pintu keluar 1. Berjalan kira-kira 30 menit, atau naik Maengkkongi Tram dari pintu masuk area parkir Taman Haneul.

Jam operasional (Kereta Listrik Maengkkongi): 10:00 – 19:00 (Mar-Nov), 10:00 – 18:00 (Des –Feb) *Untuk menjaga taman dan semua pengunjung, tiket masuk malam dilarang.

Rute Kereta Listrik Maengkkongi: Lokasi Parkir Nanji -> Taman Haneul, Taman Haneul -> Lokasi Parkir Nanji, Lokasi Parkir Noeul -> Lokasi Kemah Noeul

Harga (Kereta Listrik Maengkkongi): Dewasa – Bolak balik 3,000 won, Sekali jalan 2,000 won / Anak-anak Bolak balik 2,200 won, sekali jalan 1,500 won

Website: parks.seoul.go.kr (Bahasa Korea)

 

 

 

 

 

Informasi lebih lanjut

Situs Web Seoul: www.visitseoul.net (Korea, Inggris, Jepang, China)

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korea, Inggris, Jepang, China, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

 

 

*Kolom ini terakhir diperbarui pada April 2018, maka dari itu informasi yang tersedia bisa saja berbeda dari yang tersedia di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa situs web resmi sebelum mengunjungi kolom ini.

  

Share This Article

Related Post