[ASEAN-ROK Commemorative Summit 2019]

[ASEAN-ROK Commemorative Summit 2019]

ASEAN-ROK Commemorative Summit 2019 atau dalam Bahasa Indonesia disebut KTT Peringatan ASEAN-Republik Korea diselenggarakan pada tanggal 25-27 November 2019 di Kota Busan, dalam rangka merayakan peringatan 30 tahun Kemitraan Dialog negara-negara ASEAN dan Korea Selatan, yang didirikan pada tahun 1989. Negara-negara yang turut berpartisipasi adalah Republik Korea, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan tentunya Indonesia.

Acara kenegaraan ini akan dihadiri lebih dari 10,000 partisipan, termasuk para pimpinan negara dan pengusaha ternama dari negara-negara ASEAN & Korea Selatan. KTT ini adalah lambang dari kebijakan Selatan Baru dengan mempromosikan kerja sama dengan ASEAN di semua bidang berdasarkan pada nilai-nilai 3P (People, Prosperity and Peace).

ACARA SPESIAL
Akan ada sekitar 30 rangkaian acara yang diselenggarakan baik sebelum maupun selama KTT berlangsung, diantaranya yaitu:

  1. ‘ASEAN-Korea Train: Advancing Together’ di mana 200 warga negara ASEAN dan Korea akan naik kereta untuk tur ke beberapa tempat indah Korea termasuk Busan, Gwangju dan Zona Demiliterisasi (DMZ) pada tanggal 15-19 Oktober 2019 yang lalu. Ada pula konser musik Pop ASEAN yang akan diselenggarakan sebelum pertemuan puncak, untuk mempromosikan ikatan khusus antara ASEAN dan Korea Selatan.
  2. ‘The ASEAN FANTASIA (Pop Music Concert)’ di Changwon pada tanggal 24 November 2019. Akan ada penyanyi-penyanyi Pop ternama dari ASEAN dan Korea Selatan yang akan tampil.
  3. Pameran bisnis dan start-up ASEAN-ROK, city smart, pameran tentang inovasi Tata Kelola juga akan diadakan selama KTT berlangsung, untuk dapat mendorong kerja sama ASEAN-ROK yang berkelanjutan.
  4. ‘Welcome Week’ merupakan acara penyambutan wisatawan-wisatawan ASEAN khususnya wisatawan Indonesia yang mendarat di Bandara Internasional Incheon dan bagi yang mengunjungi daerah perbelanjaan Myeongdong pada tanggal 2-6 Desember 2019. Wisatawan berkesempatan untuk memperoleh berbagai keuntungan kupon diskon dan hadiah langsung yang dapat ditemukan di Bandara Internasional Incheon lantai satu (Terminal 1 terletak di antara Gate 6-7 dan Terminal 2 terletak di depan Gate 4). Akan ada staf dengan Bahasa Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Inggris yang siap membantu dan menyambut ketibaan wisatawan.

*Silakan merujuk ke beranda resmi untuk detail acara lain dan informasi lebih lanjut: www.2019asean-roksummit.kr

BUSAN, IBUKOTA PERAIRAN ASIA TIMUR LAUT
Terletak di pantai bagian tenggara Korea, Busan adalah kota pelabuhan terbesar di negeri ginseng dan ibukota perairan Asia Timur Laut. Ini menghubungkan benua Eurasia ke Samudra Pasifik. Busan adalah kota yang penuh semangat dan dinamisme yang berlimpah ruah dengan festival yang sayang jika dilewatkan.
Busan memiliki industri M.I.C.E. (pertemuan, wisata insentif, konvensi, dan pameran) yang sangat berkembang. Busan telah berhasil menjadi tuan rumah acara-acara internasional besar seperti Asian Games pada 2002 dan KTT APEC pada 2005, dan akan menjadi tuan rumah KTT Peringatan Republic of KOREA-ASEAN 2019, setelah menyelenggarakan yang sebelumnya pada tahun 2014.

Berangkat dari pengalaman dan dukungan rakyatnya, Busan bertujuan untuk menjadi tuan rumah KTT Peringatan dengan sukses, sebagai penghormatan terhadap Kebijakan Selatan Baru dan menjadikan dirinya sebagai pusat pertukaran ASEAN-ROK.

Tag
Share This Article

Related Post