Berkeliling Pulau Jeju yang Asri

Berkeliling Pulau Jeju yang Asri

Pemandangan pesisir Jeju

Pulau Jeju, pulau terbesar di Korea, terletak di barat daya Semenanjung Korea. Pulau ini adalah salah satu tempat liburan terbaik untuk bersantai di Korea berkat suasana lokalnya yang unik dan lingkungan alamnya yang indah. Tabung lava vulkanik yang membentuk hampir 10% wilayah pulau adalah Situs Warisan Alam Dunia UNESCO.

Puncak Ilchulbong Seongsan, Gua Manjanggul, dan Taman Nasional Hallasan adalah pemandangan yang harus dilihat. Objek wisata tambahan termasuk hutan, air terjun, dan kerucut gunung berapi. Dengan begitu banyak hal indah untuk dilihat, mungkin sulit untuk menentukan rencana perjalananmu. Dengan mengikuti panduan kami, kamu bisa menikmati istirahat santai yang bebas stres, di bagian Jeju mana pun yang kamu putuskan untuk kunjungi. 

Wisata Warisan Dunia UNESCO

Pemandangan indah di sepanjang pantai, Puncak Ilchulbong Seongsan

Pemandangan pagi Puncak Ilchulbong Seongsan

Puncak Ilchulbong Seongsan, lokasi wisata landmark Jeju, terbentuk dari gunung berapi yang meletus sekitar 5.000 tahun lalu dari dasar samudera. Puncak ini terkenal terutama sebagai tempat melihat matahari terbit, yang dikenal sebagai salah satu dari sepuluh pemandangan indah di Pulau Jeju.

Selain menyaksikan matahari terbit, Puncak Ilchulbong Seongsan juga dikenal sebagai tempat trekkingnya yang luar biasa. Jalur Seongsan-Ojo menghubungkan dua desa dengan melintasi puncaknya. Jalur populer lainnya, Jalur Jijil, menawarkan pemandangan yang lebih dekat ke situs warisan dunia serta budaya lokal Jeju. Jalur ini mudah dilalui bahkan untuk para trekker pemula. Sebuah panggung pertunjukan yang unik juga tersedia di Puncak Ilchulbong Seongsan tempat haenyeo (penyelam wanita) mengadakan pertunjukan khusus terkait dengan menyelam.

Puncak Ilchulbong Seongsan
☞ Alamat: 284-12, Ilchul-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 성산읍 일출로 284-12)
☞ Jam operasional: Maret-September 07:00-20:00 / Oktober-Februari 07:30-19:00 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
☞ Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Anak-anak 2,500 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 7-18) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)
☞ Pertunjukan Haenyeo: 13:00, 15:00
* Tidak ada pertunjukan selama liburan Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
* Jadwal dapat berubah tergantung pada kondisi cuaca dan penyelam.

Rasakan angin sepoi-sepoi di Seopjikoji

Seopjikoji

Berkendara singkat dari Puncak Ilchulbong Seongsan akan membawamu ke Seopjikoji. Nama ini berasal dari dialek Jeju yang berarti " Tanjung Pulau Kecil" karena formasi tebing khasnya yang menjorok ke laut. Keharmonisan indah bukit dan lautan menarik wisatawan sepanjang tahun. Kamu bahkan mungkin bisa melihat kuda poni Jeju sedang merumput di padang rumput.

Jika berjalan menuju timur laut di sepanjang tebing, kamu akan tiba di Kerucut Vulkanik Bulgeunoreum, menawarkan pemandangan indah mercusuar putih dengan latar belakang laut biru gelap. Keindahan penting lainnya dari Seopjikoji adalah Rumah Kaca dan Galeri Seni Yumin, dua karya agung yang dirancang oleh arsitek terkenal dunia Ando Tadao. Kedua bangunan itu berbaur dengan sangat baik dengan alam di sekitarnya.

Seopjikoji
☞ Alamat: 107, Seopjikoji-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 성산읍 섭지코지로 107)
☞ Jam operasional: Matahari terbit - Matahari terbenam
☞ Tiket masuk: Gratis

Amati keindahan pegunungan di Kerucut Gunung Berapi Yongnuni *

Kerucut Gunung Berapi Yongnuni

Kamu tidak bisa bilang pernah ke Pulau Jeju tanpa mengunjungi salah satu dari banyak oreum, dialek Jeju untuk kerucut gunung berapi. Ada sekitar 360 oreum yang tersebar di seluruh Jeju. Di antara ratusan oreum ini, Kerucut Gunung Berapi Yongnuni tidak diragukan lagi adalah yang paling terkenal. Tempat ini tidak jauh dari Puncak Ilchulbong Seongsan dan memiliki kemiringan yang cukup landai, memberikan jalur yang cukup nyaman untuk trekking.

Baik Puncak Ilchulbong Seongsan maupun Pulau Udo dapat dilihat dari puncak Yongnunioreum, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Pemandangan pegunungan melengkung bersama laut juga berfungsi sebagai latar belakang yang sangat baik untuk foto-foto yang mengesankan. Jika kamu mencari tempat yang sempurna untuk foto kenang-kenangan, kunjungilah Kerucut Gunung Berapi Yongnuni.

Kerucut Gunung Berapi Yongnuni
☞ Alamat: Jongdalnon-gil, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 구좌읍 종달논길)
☞ Jam operasional: Matahari terbit - Matahari terbenam
☞ Tiket masuk: Gratis

Taman pala yang panjang umur, Hutan Bijarim

Jalan setapak di Hutan Bijarim

Berbeda dengan pemandangan terbuka Yongnunioreum, Hutan Bijarim adalah tempat yang ideal untuk relaksasi hutan. Hutan lebat ini adalah rumah bagi ratusan pohon bija (pohon pala), dan merupakan hutan terbesar di dunia yang terdiri dari satu spesies tanaman. Sebagian besar pohon di hutan ini telah hidup selama 500 hingga 700 tahun, membuat hutan ini dijuluki "Hutan Seribu Tahun." Pemandangan yang harus dilihat saat berada di Hutan Bijarim tidak lain adalah pohon pala kembar yang berusia 800 tahun. .

Hutan Bijarim
☞ Alamat: Area of Bijasup-gil, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 구좌읍 비자숲길 일대)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir 17:00)
☞ Tiket masuk: Dewasa 3,000 won / Anak-anak 1,500 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 7-18) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)

Masuki kastil bawah tanah misterius, Gua Manjanggul

Gua Manjanggul

Dari semua oreum di Jeju, Geomunoreum adalah satu-satunya kerucut gunung berapi yang masuk dalam situs Warisan Alam Dunia UNESCO. Oreum ini memiliki lebih dari 20 gua di dalam tubuhnya, meskipun hanya Gua Manjanggul yang terbuka untuk umum. Dengan penampilan yang sangat misterius dan megah, melangkah ke dalam gua rasanya seperti melangkah ke dunia bawah Hades. Telusuri terowongan formasi batuan lava artikulata, dan kamu akan segera mencapai pilar batu raksasa yang menunjukkan ujung gua. Suhu gua berfluktuasi antara 11-21 ℃ di semua musim, memungkinkan pengunjung untuk menikmati gua yang luar biasa ini sepanjang tahun.

Gua Manjanggul
☞ Alamat: 3341-3, Gimnyeong-ri, Jeju-si, Jeju-do (제주도 제주시 구좌읍 김녕리 3341-3)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir pukul 17:10)
☞ Tiket masuk: Dewasa 4,000 won / Anak-anak 2,000 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 7-18) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)

Wisata Alam & Budaya Seogwipo

Nikmati karya seni di sepanjang laut, Air Terjun Jeongbangpokpo dan Galeri Seni Waljong

Air Terjun Jeongbangpokpo (atas) & Galeri Seni Waljong (bawah, sumber: Galeri Seni Waljong)

Seogwipo, yang meliputi seluruh bagian selatan Jeju, memiliki sinar matahari yang sangat banyak dan suhu yang hangat, menarik banyak wisatawan sepanjang tahun. Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Air Terjun Jeongbangpokpo, salah satu dari tiga air terjun terbaik di Pulau Jeju. Pemandangan air yang jatuh setinggi 23 meter langsung dari tebing dan ke laut pasti akan membuat sekujur tubuhmu merinding. 

Terletak di tebing di belakang Air Terjun Jeongbangpokpo, terdapat Galeri Seni Waljong. Galeri ini didedikasikan untuk seniman Korea Lee Wal Jong, yang menetap di Jeju beberapa dekade lalu. Galeri ini dipenuhi dengan karya seni yang menginspirasi, mengekspresikan keindahan Jeju dengan caranya yang unik. Lokasi yang strategis dan interior dinding kaca bangunan juga menawarkan pemandangan menakjubkan ke arah laut.

Air Terjun Jeongbangpokpo
☞ Alamat: 37, Chilsimni-ro 214beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 칠십리로214번길 37)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Bervariasi menurut perkiraan waktu matahari terbit & terbenam)
☞ Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Anak-anak 1,000 won
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 18 tahun ke bawah)

Galeri Seni Waljong
☞ Alamat:
30, Chilsimni-ro 214beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 칠십리로 214번길 30)
☞ Jam operasional: 10:00-18:00 (Kunjungan terakhir pukul 17:30) 
* Tutup pada Hari Tahun Baru
☞ Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Anak-anak & warga lanjut usia 3,000 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19-64) / Anak-anak (usia 7-18) / Warga lanjut usia (usia 65 tahun ke atas) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)
* Harus menunjukkan ID yang valid untuk mendapatkan diskon

Seni buatan alam, Tebing Jusangjeolli dan Air Terjun Cheonjeyeon

Tebing Jusangjeolli (atas) & Air Terjun Cheonjeyeon (bawah)

Resort Jungmun Jeju diberkati dengan tidak hanya pemandangan alam yang indah tetapi juga dengan berbagai fasilitas hiburan dan kenyamanan yang melayani wisatawan domestik dan internasional. Tebing Jusangjeolli, di dekat Pusat Konvensi Internasional Jeju, memberikan pemandangan yang patut dilihat dengan pilar batu raksasanya yang membentang di sepanjang garis pantai. Air Terjun Cheonjeyeon, air terjun tiga tingkat, adalah objek wisata lain yang tidak boleh dilewatkan di Seogwipo. Sementara bagian pertama air terjun hanya aktif setelah hujan, bagian kedua dan ketiga aktif sepanjang tahun.

Tebing Jusangjeolli
☞ Alamat:
36-30, Ieodo-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 이어도로 36-30)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Jam tutup bervariasi sesuai dengan perkiraan waktu matahari terbenam)
☞ Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Anak-anak 1,000 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 7-18) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)

Air Terjun Cheonjeyeon
☞ Alamat:
132, Cheonjeyeon-ro, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 천제연로 132)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Jam tutup bervariasi sesuai dengan perkiraan waktu matahari terbenam)
☞ Tiket masuk: Dewasa 2,500 won / Anak-anak 1,350 won / Balita Gratis

Hidupkan kembali kenangan masa kecilmu di Museum Beruang Teddy

Museum Beruang Teddy (sumber atas: Museum Beruang Teddy Jeju)

Objek wisata favorit lainnya di Resort Jungmun adalah Museum Beruang Teddy. Museum ini menawarkan koleksi beruang Teddy yang cukup mengesankan dari seluruh dunia. Ruang pameran dirancang dengan tema berbeda terkait beruang teddy, seperti pameran sejarah abad ke-20 dan parodi dongeng yang diperankan oleh boneka beruang teddy. Museum Beruang Teddy adalah museum populer yang dicintai oleh pengunjung dari segala usia, direkomendasikan sebagai tempat yang sangat baik untuk dikunjungi dengan teman, keluarga, atau bahkan pasangan kencan. Museum ini juga memiliki toko suvenir luar ruangan, kafetaria, dan taman yang menawarkan pemandangan indah.

Museum Beruang Teddy
☞ Alamat:
31, Jungmungwangwang-ro 110beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 중문관광로110번길 31)
☞ Jam operasional: Musim Normal 09:00-19:00 / Musim Ramai Musim Panas 09:00-22:00 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
☞ Tiket masuk: Dewasa 10,000 won / Remaja 9,000 won / Anak-anak & warga lanjut usia 8,000 won / bayi Gratis
* Dewasa (usia 19-64) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 3-12) / Warga lanjut usia (usia 65 tahun ke atas) / Bayi (di bawah 36 bulan)
☞ Situs web: www.teddybearmuseum.com (Bahasa Korea, Inggris, Cina)

Wisata Sejarah & Budaya Pusat Kota Jeju

Temukan sejarah dan budaya Pulau Jeju

Batu Yongduam (atas), Kuil Samseonghyeol (kiri), Museum Cerita Rakyat & Sejarah Alam Jeju (bawah)

Batu Yongduam, objek wisata terbaik di pusat kota Jeju, adalah salah satu dari banyak keajaiban alam Pulau Jeju. Dibentuk oleh lava bawah air jutaan tahun yang lalu, ribuan tahun pelapukan akibat hujan dan angin telah membentuknya menjadi serupa dengan kepala naga.

Setelah mengunjungi Batu Yongduam, pergilah ke Museum Cerita Rakyat & Sejarah Alam Jeju untuk belajar tentang perkembangan masyarakat dan budaya pulau dari waktu ke waktu. Pulau Jeju tidak hanya memiliki dialeknya sendiri, tempat ini juga memiliki budaya yang berbeda yang memisahkannya dari seluruh daratan Korea, yang semuanya dapat kamu lihat dan nikmati dari tur singkat museum. 

Tepat di sebelah museum terdapat Kuil Samseonghyeol, sebuah situs keagamaan yang juga merupakan tempat kelahiran mitologi kuno Jeju. Kuil ini tidak hanya penting secara historis, tetapi juga merupakan situs ekologis yang menarik. Meskipun mungkin kecil, area ini memiliki energi yang menawan yang akan memikatmu.

Batu Yongduam
☞ Alamat:
Yongdam2-dong, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 용담2동)
☞ Jam operasional: Matahari terbit - Matahari terbenam
☞ Tiket masuk: Gratis

Museum Cerita Rakyat & Sejarah Alam Jeju
☞ Alamat:
40, Samseong-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 삼성로 40)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir pukul 17:30)
* Tutup hari Senin, hari Tahun Baru, liburan Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea), periode pemeliharaan museum (periode 3 hari setiap setengah tahun)
☞ Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja 1,000 won / Anak-anak Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 12 tahun ke bawah)
☞ Situs web: museum.jeju.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Cina)

Kuil Samseonghyeol
☞ Alamat:
22, Samseong-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 삼성로 22)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Kunjungan terakhir pukul 17:30) 
* Buka pukul 10:00 pada Hari Tahun Baru, hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
☞ Tiket masuk: Dewasa 2,500 won / Remaja 1,700 won / Anak-anak 1,000 won / Balita Gratis
* Dewasa (usia 19 tahun ke atas) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 7-12) / Balita (usia 6 tahun ke bawah)

Info Lebih Lanjut
☞ Situs web

- Pusat Warisan Alam Dunia UNESCO Jeju: wnhcenter.jeju.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Cina)
- Organisasi Pariwisata Jeju: www.visitjeju.net (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Juni 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post