Bucket List: Destinasi Pesisir Terbaik di Korea

Bucket List: Destinasi Pesisir Terbaik di Korea

Jika Anda berencana untuk berlibur di Korea musim panas ini, pastikan untuk mengecek salah satu dari destinasi pesisir berikut! Korea dikelilingi oleh tiga sisi air yang memberikan banyak pantai dengan variasi bentuk dan ukuran yang menawarkan pelarian terbaik dari kehidupan sehari-hari. Sejak kebanyakan pantai di Korea resmi dibuka di bulan Juni atau Juli dan ditutup menjelang akhir Agustus, pengunjung hanya punya beberapa bulan untuk bermain air dan menyerap sinar matahari. Tapi jangan khawatir jika Anda melewatkan jadwal resmi dari pembukaan pantai musim panas, karena banyak wisata yang dapat Anda nikmati sepanjang tahun!

    
Pemandangan Indah di Sepanjang Pesisir Timur Korea

Laut Timur, yang dikenal karena perairannya yang jernih dan pantai berpasir putih yang luas, adalah salah satu tempat liburan musim panas paling populer di negara ini. Orang-orang dari dekat dan jauh datang untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di Laut Timur dan sebagian besar pantai di daerah itu bahkan mengadakan Sunrise Festival tahunan. Walaupun festival-festival ini hanya diadakan pada tahun baru, pemandangan matahari yang perlahan-lahan mengintip cakrawala lautan adalah pemandangan yang memikat setiap hari sepanjang tahun. 

Pantai Guryongpo di Pohang-si, Gyeongsangbuk-do

Pelabuhan Guryongpohang

Pantai Guryongpo berjarak sekitar 24 kilometer dari Pohan dan 1,5 kilometer dari Guryongpo-eup. Berkat kemiringan landai di dasar laut dan air laut yang jernih, Pantai Guryongpo menjadi tempat liburan favorit bagi yang suka berenang. Pantai ini juga populer di kalangan nelayan, banyak dari mereka yang memasang tali pancing di Teluk Yeongilman. 

Pantai Guryongpo
Alamat: 6, Homi-ro 426beon-gil, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do (경상북도 포항시 남구 구룡포읍 호미로426번길 6)
Periode Renang: TBD


Pantai Sokcho di Sokcho-si, Gangwon-do

Pantai Sokcho

Pantai Sokcho terkenal dengan pohon-pohon pinus indah yang tumbuh sepanjang pantai pasir putihnya. Salah satu yang menarik di pantai ini adalah banyaknya tempat wisata di sekitar area ini, termasuk Danau Yeongnangho dan Gunung Seoraksan, salah satu dari gunung terkenal di Korea. 

Mengingat berbagai fasilitas pantai dan akomodasi di sekitarnya, Pantai Sokcho adalah tempat yang nyaman untuk perjalanan akhir pekan. Pengunjung bahkan dapat menyewa alat pancing dan memancing di Pulau Jodo terdekat atau berjalan menuju dermaga untuk mendapatkan fresh hoe (ikan iris mentah) di salah satu pasar ikan lokal. 

Salah satu daya tarik terbesar dari Pantai Sokcho adalah lokasinya yang dekat dengan Terminal Bus Ekspres Sokcho, yang membuatnya mudah ditemukan, bahkan oleh pengunjung yang baru pertama kali berkunjung. Festival diadakan di Pantai Sokcho, termasuk Sunrise Festival pada 1 Januari setiap tahun dan acara lain yang diadakan selama periode renang pantai antara Juli hingga Agustus untuk dinikmati seluruh pengunjung. 

Pantai Sokcho
Alamat: 190, Haeoreum-ro, Sokcho-si, Gangwon-do (강원도 속초시 해오름로 190)
Periode Renang: TBD


Pantai Gyeongpo di Gangneung-si, Gangwon-do

Pantai Gyeongpo

Pantai Gyeongpo adalah pantai terbesar di pesisir timur dan hanya berjarak beberapa kilometer dari Paviliun Gyeongpodae, terkenal untuk melihat pemandangan matahari terbit. Mungkin karakteristik yang paling mencolok dari Pantai Gyeongpo adalah pasirnya yang halus, sempurna untuk berjalan tanpa alas kaki di sepanjang pantai. Ada juga hutan pinus yang cantik untuk jalan-jalan santai. Aktivitas pantai seperti banana boat, jest ski, dan water ski, juga sangat populer. Selain itu, Gyeongpo Summer Music Festival diadakan setiap malam antara akhir Juli dan awal Agustus, menampilkan band terkenal dan grup hip-hop dengan suasana pesta tepi pantai. 

Pantai Gyeongpo
Alamat: 514, Changhae-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 창해로 514)
Periode Renang: TBD


Pantai Naksan di Yangyang-gun, Gangwon-do

Pantai Naksan (atas), Kuil Naksansa (kiri), dan Jalur Hutan Pinus Pantai Naksan (kanan)

Dengan garis pantai berpasir sepanjang 1.810 meter, Pantai Naksan adalah satu dari pantai teratas di Gangwon-do, yang menarik banyak pengunjung setiap tahun. Pantai ini memiliki air yang jernih, dibatasi oleh barisan pohon pinus. Selain karena kecantikan alamnya, Pantai Naksan juga memiliki beragam aktivitas air, seperti mengendarai banana boat atau jet ski untuk mereka yang mencari tantangan. 

Pantai ini juga menjadi pilihan utama bagi mereka yang tertarik dengan budaya tradisional Korea, karena dekat dengan Kuil Naksansa dan Paviliun Uisangdae, yang mana dibangun untuk memperingati Biksu Uisang Agung. Sebagai bonus tambahan, paviliun ini juga merupakan salah satu dari tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. 

Pantai Naksan
Alamat: 59, Haemaji-gil, Yangyang-gun, Gangwon-do (강원도 양양군 강현면 해맞이길 59)
Periode Renang: TBD


Pengalaman Ramah Lingkungan di Sepanjang Pesisir Barat Korea

Pantai sepanjang pesisir barat mudah diakses dari Seoul dan karenanya sangat populer di kalangan masyarakat dan pelancong yang tidak punya waktu banyak. Pantai di pesisir barat juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam dan memiliki pasang surut datar dan dipenuhi kehidupan laut kecil. 

Pantai Daecheon di Boryeong-si, Chungcheongnam-do

Aktivitas olahraga air di Pantai Daecheon

Pantai Daecheon adalah pantai terbesar di pesisir barat, yang terkenal karena dangkal dan airnya yang tenang. Pasir sepanjang tepi Pantai Daecheon sangat halus dan mudah dibersihkan karena terdiri dari cangkang yang terkikis halus. Lebih dekat ke garis pantai, pasirnya lebih keras. Kedua jenis pasir ini memungkinkan pengunjung untuk berjalan-jalan santai dan menikmati lulur pasir. Pantai Daecheon juga merupakan rumah bagi festival tahunan Boryeong Mud Festival. Saat musim dingin, pantai ini menarik kerumunan lagi karena warga lokal dan turis berduyun-duyun datang ke tepi pantai untuk festival tahunan Sunset Festival. 

Pantai Daecheon
Alamat: 123, Meodeu-ro, Boryeong-si, Chungcheongnam-do (충청남도 보령시 머드로 123)
Periode Renang: TBD


Pantai Eurwangni di Jung-gu, Incheon

Pantai Eurwangni

Pantai Eurwangni yang terletak di dekat Seoul dan Bandara Internasional Incheon adalah pantai yang populer, baik itu karena pemandangannya yang cantik dan pasir putihnya yang bersih. Air pantai yang dangkal juga memberikan tempat terbaik bagi anak-anak berenang. Fasilitas di dekatnya termasuk resor mewah dan restoran yang menyajikan hidangan laut segar. Makan malam di luar teras salah satu restoran adalah cara terbaik untuk menikmati indahnya matahari tenggelam dan menghilang dari cakrawala! Pengunjung pantai juga dapat menyewa perahu nelayan atau alat pancing untuk memancing di sisi dermaga. Ragam festival pantai diadakan di Pantai Eurwangni setiap musim panas. 

Pantai Eurwangni
Alamat: 15, Eurwang-ro 13beon-gil, Jung-gu, Incheon (인천광역시 중구 을왕로13번길 15)
Periode Renang: TBD


Pantai Muchangpo di Boryeong-si, Chungcheongnam-do

Pantai Muchangpo (Sumber: Kantor Boryeong-si)

Pantai Muchangpo sangat terkenal dengan “Keajaiban Musa”, fenomena alam yang mana pasang surut ekstrem akan memperlihatkan dasar laut untuk beberapa jam pendek, dua atau tiga hari dalam sebulan (sekitar hari ke-15 dan 30 dari kalender lunar). Dasar laut yang terbuka membuat jalur sekitar 1,5 kilometer dari pantai hingga mencapai Pulau Seokdaedo. Festival Jalanan Mistis Pantai Muchangpo dirayakan setiap tahun pada Agustus atau September, dengan waktu yang bervariasi setiap tahunnya. Pantai ini juga terkenal karena keindahannya, kelompok pohon pinus, dan cantiknya matahari terbenam.

Pantai Muchangpo
Alamat: 10, Yeollinbada 1-gil, Boryeong-si, Chungcheongnam-do (충청남도 보령시 웅천읍 열린바다1길 10)
Periode Renang: TBD


Perairan Zamrud di Laut Selatan Korea

Sepanjang laut selatan Korea terdapat banyak pulau dan pantai. Laut Selatan juga merupakan rumah bagi Pulau Jeju, tempat favorit turis di Korea. Pulau di Laut Selatan menyediakan pengunjung dengan pengalaman yang sangat berbeda dari yang ada di sepanjang pesisir timur atau barat. Setiap pantai memiliki gaya yang unik, dengan begitu, banyak pilihan yang tak terbatas bagi pengunjung yang ingin melakukan perjalanan sedikit lebih jauh dari ibu kota Korea. 

Pantai Haeundae di Haeundae-gu, Busan

Pantai Haeundae (atas&kiri), Puncak Bukit Dalmajigogae (kanan)

Kemiringan Pantai Haeundae yang dangkal dan ada sedikit perubahan saat pasang, membuat pantai ini sangat cocok untuk berenang. Pantai ini terkenal karena pemandangan matahari terbit dan bulan terbit yang bisa dilihat dari Paviliun Haewoljeong, puncak dari Bukit Dalmajigogae. Dalmaji-gil Road di Haeundae, yang mana terletak di antara Pantai Haeundae dan Pantai Songjeong direkomendasikan untuk pemandangan romantis dengan sinar bulan yang berkilau di permukaan air. 

Pantai Haeundae juga terkenal karena banyaknya acara budaya dan festival yang diadakan sepanjang tahun. Pengunjung dapat menikmati Haeundae Sand Festival di musim panas; Busan International Film Festival di musim gugur; dan New Year Festival dan Polar Bear Swimming Contest di musim dingin. 

Pantai Haeundae
Alamat: 264, Haeundaehaebyeon-ro, Haeundae-gu, Busan (부산광역시 해운대구 해운대해변로 264)
Periode Renang: 1 Juni-30 Agustus 2020 (dapat berubah)


Pantai Hyeopjae di Jeju-si, Jeju-do

Pantai Hyeopjae (atas), Taman Halim (kiri), dan Pulau Biyangdo (kanan)

Pantai Hyeopjae adalah salah satu pantai terbaik di Pulau Jeju untuk perenang, karena airnya dangkal tanpa turunan yang tiba-tiba. Kerang-kerang kecil di pasir memberikan kemilau perak di pantai dan membuat suasana yang sempurna untuk berjalan-jalan di tepi air. Saat Anda masuk ke air, Anda akan merasakan air yang jernih dan dapat melihat jari kaki Anda sendiri!

Taman Halim adalah tempat wisata turis utama, hanya lima menit jalan kaki dan sangat patut untuk dikunjungi. Taman ini ditata dengan tanaman subtropis dan topiary yang melimpah, dan memberikan sensasi menyegarkan di antara hangatnya musim panas. Pantai yang menyenangkan dengan ruang yang luas, Hyeopjae jauh lebih indah dengan pemandangan batu basal hitam di satu sisi dan Pulau Biyangdo berdiri dari kejauhan. 

Pantai Hyeopjae
Alamat: 329-10, Hallim-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 한림읍 한림로 329-10)
Periode Renang: 1 Juli-31 Agustus 2020 (dapat berubah)


Pantai Jungmun Saekdal di Seogwipo-si, Jeju-do

Resor Jungmun dan Pantai Jungmun Saekdal

Pantai Jungmun Saekdal di Resor Jeju Jungmun adalah pantai yang unik dengan gradien pasir hitam, putih, merah, dan abu-abu, serta batu vulkanik hitam terkenal di Pulau Jeju. Di sebelah kanan pantai berpasir, ada sebuah gua alami yang terbentuk karena erosi pantai. Tanaman langka tumbuh subur di dekat gua, memberikan tempat yang nyaman untuk rekreasi ramah lingkungan. Ombak dan pasang surut agak kencang sepanjang Jungmun, jadi sementara ini, kondisinya bagus untuk selancar angin, jet ski, dan aktivitas rekreasi air lain, bukan perenang dan anak-anak disarankan untuk tetap dengan garis pantai di bawah pengawasan ketat penjaga pantai. 

Resor Jungmun juga merupakan rumah bagi akuarium, Yeomiji Botanical Garden, Air Terjun Cheonjeyeon, dan sekelompok rumah tradisional khas Pulau Jeju. Ragam acara diadakan di pantai dan di dalam kompleks resor sepanjang tahun. 

Pantai Jungmun Saekdal
Alamat: Jungmungwangwang-ro 72beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 중문관광로72번길)
Periode Renang: 1 Juli-31 Agustus (dapat berubah)


Info Lebih Lanjut 

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Malaysia) 


* Periode renang dan fasilitas yang tersedia dapat berubah 

Klik di Sini untuk Sumber Artikel

Share This Article

Related Post