Dari Bandara Incheon Menuju Seoul

Dari Bandara Incheon Menuju Seoul

Banyak cara untuk mencapai Seoul dari Bandara Internasional Incheon. Nah, beberapa cara yang populer adalah dengan menggunakan Airport Railroad Express (AREX), kereta bawah tanah Seoul, bus limosin bandara, dan taksi. Di antara beberapa pilihan tersebut, terdapat keuntungan yang bisa kamu dapatkan pada masing-masing moda transportasi, contohnya AREX yang akan beroperasi langsung dari Bandara Internasional Incheon Terminal 1 dan Terminal 2 menuju Stasiun Seoul tanpa henti di sepanjang jalan. Di sisi lain, bus bandara dapat meraih beragam wisata dan hotel di sekitar Seoul. Jika kereta dan bus terlalu membingungkan, kamu dapat mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan taksi menuju Seoul, moda transportasi ini dapat mengantar langsung ke lokasi tujuanmu. 

Airport Railroad Express (AREX)

Foto: Penampakan luar Airport Railroad Express (Credit: Airport Railroad Co. Ltd.)

Kereta AREX mengoperasikan dua jenis kereta: Kereta yang beroperasi di Bandara Internasional Incheon Terminal 1 dan Terminal 2 yang berjalan tanpa henti, dan kereta yang berhenti di 13 stasiun sepanjang perjalanan dari Bandara Internasional Incheon Terminal 2 menuju Stasiun Seoul.

 

l  Peta AREX

 

Foto: Peta AREX (Credit: Airport Railroad Co. Ltd.)


l  Jam operasional

•    Kereta Ekspres
Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon -> Stasiun Seoul 05.23 (kereta pertama) – 22.48 (kereta terakhir) / sekitar 43 menit
Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon -> Stasiun Seoul 05.15 (kereta pertama) – 22.40 (kereta terakhir) / sekitar 51 menit
•    Kereta All-Stop
Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon -> Stasiun Seoul 05.25 (kereta pertama) – 23.39 (kereta terakhir) / sekitar 58 menit
Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon -> Stasiun Seoul 05.18 (kereta pertama) – 22.32 (kereta terakhir) / sekitar 66 menit
*Semua jam operasional kereta all-stop adalah kereta yang menuju Stasiun Seoul. *Mohon kunjungi situs resmi untuk menjadapatkan jadwal menuju Digital Media City.


l  Tarif (Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon -> Stasiun Seoul)

•    Kereta Ekspres: Dewasa 9.000 won / Anak-anak 7.000 won
*Tarif berlaku untuk stasiun di Terminal 2
•    Kereta All-Stop: Dewasa 4.150 won
*Tarif dari terminal 2: 4.750 won
*Tarif di atas berdasarkan penggunaan kartu standar sekali pakai (tidak termasuk 500 won deposit yang dapat dikembalikan), deposit dapat dicairkan di stasiun tujuan

 

AREX: Kereta Ekspres VS Kereta All-stop

l  Kereta Ekspres

Foto: Kereta Ekspres (Credit: Airport Railroad Co. Ltd.)

Kereta Ekspres melakukan perjalanan tanpa henti di tiap stasiun dari Bandara Incheon Terminal 1 dan 2 menuju Stasiun Seoul. Untuk menggunakan kereta ini, penumpang harus membeli tiket kereta ekspres di stasiun. Tidak ada tambahan deposit yang dibebankan ke tiket ini. Potongan harga juga diberikan kepada penumpang yang menunjukkan tiket dari Jeju Air, Korean Air, Asiana Airlines, T’way Air, atau Eastar Jet untuk pemberangkatan dalam 7 hari. Dapatkan informasi selengkapnya di situs resmi. 

Situs web: www.arex.or.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

 Pusat pelayanan Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon (kiri) / Travel Center Airport Railroad (kanan) (Credit: Airport Railroad Co. Ltd.)

Lokasi pembelian tiket: Travel center AREX Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon (Transportation Center B1) / AREX Travel Center di Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon
Metode Pembayaran: Penggunaan kartu kredit dan uang tunai diterima
Cara untuk membeli tiket kereta ekspres di vending machine

 

l  Kereta All-stop

 Foto: Kereta All-stop (Credit: Airport Railroad Co. Ltd.)


Kereta All-stop berhenti di tiap stasiun kereta bawah tanah selama perjalanannya dari Bandara Incheon menuju Stasiun Seoul. Enam dari stasiun kereta yang ada, memungkinkan kamu untuk berpindah jalur kereta untuk mencapai daerah metropolitan lain di sekitar Seoul. Untuk menggunakan kereta ini, penumpang harus menggunakan kartu transportasi. Penumpang internasional juga dapat menggunakan kartu prabayar khusus turis internasional yaitu MPASS.

Lokasi pembelian kartu transportasi: Transportation center di B1F Bandara Incheon Terminal 1&2 (kartu perjalanan tunggal), mini market di dalam Bandara Internasional (Tmoney Card), Pusat Informasi Turis dekat gate 5&10 di IF terminal 1 Bandara Incheon (MPASS)
Metode pembayaran: Hanya uang tunai
Informasi kartu transportasi: Tmoney / Kartu Turis Eksklusif
Informasi kereta bawah tanah: Kereta bawah tanah di Korea / Tur Seoul menggunakan Kereta Bawah tanah

 

Cara menggunakan Kereta Ekspres & Kereta All-stop di Bandara Internasional Incheon

1.    Ikuti petunjuk menuju Airport Railroad di area kedatangan

 

2.    Berpindah ke Terminal 1 Bandara Incheon

3.    Area boarding kereta ekspres

 

4.    Area boarding kereta All-stop

5.    Scan tiket

 

6.    Interior di kereta ekspres

 

7.    Interior di kereta all-stop

*Informasi di atas adalah untuk Terminal 1, informasi yang sama berlaku untuk Terminal 2

 

Bus Bandara

l  Informasi Bus Bandara

Bus bandara beroperasi di Bandara Internasional Incheon menuju sebagian besar area di Seoul. Tiket dapat dibeli di stan tiket luar area kedatangan IF pada tiap terminal. Detail informasi dapat didapat termasuk rute bus maupun halte yang dilewati.

l  Jenis Bus Bandara

Terdapat dua jenis bus bandara yaitu deluxe dan standar. Bus deluxe beroperasi tanpa henti atau dengan kuota pemberhentian yang lebih sedikit. Karena bus ini memiliki pemberhentian yang lebih sedikit, kamu bisa mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat sekaligus mendapatkan kursi nyaman dengan tempat yang lebih luas. Bus standar cenderung lebih padat, dengan kursi yang lebih sempit dan waktu tempuh yang lebih lama. Mohon perhatikan bahwa harga dari kedua jenis bus tersebut dapat berbeda tergantung rute dan destinasi yang diambil.

l  Cara menggunakan Bus Bandara

1.    Periksa rute bus dan lakukan pembelian tiket di stan tiket yang berlokasi di area kedatangan (1F) atau di terminal 1 dekat gate 4&9 atau di dekat gate 4, 6, 7, 8, 11, 13 atau 9C
*Tiket di terminal 2 dapat dibeli dari terminal bus di Transportation Center (B1)
2.    Periksa nomor boarding bus yang tertera pada tiket
3.    Kemudian langsung menuju lokasi boarding bus dan periksa kembali rute bus dan waktu keberangkatan
4.    Saat berada di dalam bus, dengarkan baik-baik instruksi yang diberikan oleh petugas melalui pengeras suara.

Panduan untuk menggunakan Bus Bandara Incheon

 

Taksi

l  Cara menggunakan taksi

Kamu dapat dengan mudah menggunakan taksi dari bandara melalui stan taksi yang berlokasi persis di luar area kedatangan (1F) di kedua terminal Bandara Incheon. Kamu dapat memilih jenis taksi reguler, taksi deluxe, atau taksi jumbo sesuai keinginan. Jika kamu ingin mendapatkan taksi yang mampu berkomunikasi dalam bahasa English, Japanese, atau Chinese, kamu dapat memesan taksi internasional di konter No. 23 dan 46 di area kedatangan terminal 1 atau membuat pemesanan secara online. Untuk taksi internasional di terminal 2, penumpang harus membuat pemesanan secara online atau via telepon.

l  Jenis taksi dan tarifnya

Taksi dikategorikan sebagai reguler, deluxe, jumbo, dan taksi internasional. Tarif bervariasi.

l  Taksi Reguler

Tarif dasar mulai dari 3.000 won (standar Seoul) dengan kenaikan tarif dasar sebesar 20% pada malam hari (24.00-04.00).

l  Deluxe dan taksi jumbo

Tarif dasar untuk taksi deluxe dan jumbo mulai dari 5.000 won (standar Seoul). Tidak ada tarif kenaikan pada malam hari.

l  Taksi internasional *tarif taksi internasional ditetapkan berdasarkan wilayah

•    Pemesanan: +82-2-1644-2255 / www.intltaxi.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
     *Nomor Korea diperlukan untuk membuat pemesanan online
•    Taksi internasional reguler: 55.000-75.000 won
•    Taksi internasional Deluxe/Jumbo: 80.000-110.000 won

TIPS
Jika sewaktu-waktu ada seorang supir taksi yang mengambil keuntungan dengan memberikan tarif lebih, mohon laporkan ke Seoul Global Center (+82-2-2075-4180) dengan pelayanan dalam bahasa English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Mongolian, Filipino, Uzbek, dan Thai. Kamu juga dapat melaporan keluhan melalui Dasan Call Center (+82-2-120), dengan pelayanan dalam bahasa English, Japanese, Chinese, Vietnamese, dan Mongolian.
*Ketika menggunakan telepon domestik di Korea, kamu tidak perlu menggunakan kode internasional (+82). Selain itu, kode wilayah juga dapat dihilangkan ketika melakukan panggilan di provinsi yang sama


 *Halaman ini terakhir diperbarui pada 17 April 2018, karena itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda dari yang ditampilkan di halaman ini.
 

Share This Article

Related Post