Institusi Korea untuk Asia Tenggara Berupaya Menarik Wisatawan Muslim Indonesia

Institusi Korea untuk Asia Tenggara Berupaya Menarik Wisatawan Muslim Indonesia

Gambar: Gamcheon Village di Busan

 

Tiga institusi Korea untuk Asia Tenggara bekerjasama untuk menarik wisatawan Indonesia. Pada 10 April, provinsi Gyeongsangnam, Ulsan dan Busan akan bersama-sama mempromosikan pariwisata Korea untuk semakin menarik wisatawan muslim Indonesia ke Korea.

Kegiatan promosi ini merupakan langkah strategis untuk merespon kebijakan diversifikasi pasar wisatawan yang disebabkan oleh adanya penghentian penjualan produk wisata Korea dari administrasi pariwisata Tiongkok pada 15 Maret lalu. Kegiatan ini juga untuk secara aktif menarik wisatawan muslim, yang memiliki potensi pasar yang besar dan pada tahun lalu sebanyak 980 ribu wisatawan muslim berkunjung ke Korea. Dengan menargetkan Indonesia, yang memiliki populasi muslim terbanyak, akan digelar juga presentasi tentang pariwisata kepada travel agent Indonesia, serta sesi B2B (Business to Business), sales calls travel agent dan berbagai kegiatan marketing lainnya.

Orang Indonesia tertarik dengan pemandangan alam unik Korea, yang memiliki bermacam-macam musim, seperti bunga-bunga musim semi, daun-daun musim gugur, salju di musim dingin. Selain itu, orang Indonesia juga dikenal sangat tertarik pada budaya pop Korea seperti K-pop dan K-drama. Dengan demikian, pada kegiatan nanti akan difokuskan pada promosi atraksi wisata seperti tempat syuting drama, museum ikan paus Ulsan, shopping street di Busan dan banyak atraksi lainnya.

Indonesia, yang pada tahun 2016 jumlah wisatawan ke Korea-nya mencapai 295 ribu, naik 50 persen dibandingkan tahun 2015, adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pasar Hallyu (Korean Wave) yang tinggi dan daya beli terhadap pariwisata Korea pun terbilang tinggi. Korea Tourism Organization juga akan terus berupaya untuk mempromosikan restoran muslim friendly dan ruang ibadah bagi muslim untuk menarik wisatawan muslim untuk kedepannya.

 

Share This Article

Related Post