Kartu Turis Eksklusif

Kartu Turis Eksklusif

Kartu MPASS

Foto: Kartu Mpass (Credit: Korea Smart Card Co., Ltd.)

Metropolitan Pass atau yang biasa disebut dengan MPASS merupakan kartu transportasi eksklusif untuk turis internasional di area metropolitan Seoul dan area Pulau Jeju. Kartu ini menawarkan 20 perjalanan setiap periode satu hari. Saldo tambahan dapat diisi untuk digunakan sebagai kartu Tmoney.
*Mohon perhatikan bahwa MPASS tidak dapat digunakan untuk perjalanan menggunakan taksi dan mungkin tidak dapat digunakan di beberapa mini market.

l  Jenis kartu dan daftar harga

MPASS memiliki 5 jenis durasi yang berbeda yaitu: 1 hari, 2 hari, 3 hari, 5 hari, dan 7 hari. MPASS akan langsung terdeteksi sebagai penggunaan hari pertama saat kartu tersebut pertama kali digunakan, dan berlaku hingga tengah malam saat tanggal berakhirnya kartu tersebut. MPASS hanya dapat dibeli menggunakan mata uang Korea (won).

Durasi Kartu

Harga

Harga Diskon (Pembelian di atas pukul 17.00)

Tiket 1 hari

15.000 won

12.000 won

Tiket 2 hari

23.000 won

20.000 won

Tiket 3 hari

30.500 won

27.500 won

Tiket 5 hari

47.500 won

44.500 won

Tiket 7 hari

64.500 won

61.500 won

l  Area cakupan

•    Seoul: Jalur kereta bawah tanah, kereta api bandara (all-stop), bus mainline, bus branch, bus circulation, bus village, dan bus malam.
•    Bus kota Jeju
*Jeju Pass dapat digunakan di Jeju maupun di area metropolitan Seoul.

l Lokasi pembelian & pengembalian dana

Wisatawan dapat membeli atau mendapatkan pengembalian dana di area berikut
Pengembalian dana mencakup biaya kartu dan saldo yang tersisa, kamu akan dikenakan tarif 500 won untuk biaya pelayanan pengembalian dana
*Harga MPASS termasuk deposit sebesar 5.000 won. Saat kartu dikembalikan, pengguna akan menerima sisa dana 4.500 won.

Bandara Internasional Incheon
•    Pusat Informasi Wisatawan: Terminal Penumpang 1, 1F, di depan gate 5 & 10 / 07.00-22.00
•    Pusat Informasi Kereta Api Bandara: Terminal Penumpang 1, B1, di depan gate kereta api bandara all-stop (hanya untuk pembelian) / 05.30-23.00
*Pengembalian dana di bandara hanya dapat dilakukan di Pusat Informasi Wisatawan.

Seoul
•    Stasiun Seoul Tmoney Town: 1F, Tower Seoul City dekat Stasiun Seoul (Kereta bawah tanah Seoul jalur 1, 4, AREX), pintu keluar 10 / 09.00-18.00
•    Pusat Informasi Wisatawan Myeong-dong: Di depan Stasiun Euljiro 1(il)-ga (Kereta bawah tanah Seoul jalur 2), pintu keluar 5 / 09.00-18.00

l  Situs web Mpass:

tmoneympass.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

 

Korea Tour Card

Foto: Korea Tour Card (Credit: Korea Smart Card Co., Ltd.)

Korea Tour Card merupakan kartu perjalanan dan transportasi yang berguna untuk wisatawan internasional. Kartu ini dapat berfungsi selayaknya kartu Tmoney yang dapat memberikan akses untuk menggunakan transportasi publik untuk memudahkan dalam menjelajahi Korea. Korea Tour Card juga memberikan keuntungan potongan harga di toko-toko bebas bea dan department store yang ada di seluruh Seoul. Tidak hanya itu, kartu ini juga menawarkan tiket masuk gratis ke beberapa wisata populer seperti Museum Nasional Korea, Everland, serta Lotte World.

l  Harga

4.000 won *Hanya dapat dibeli dengan uang tunai


l  Lokasi pembelian
•    Vending machine di 117 Stasiun kereta bawah tanah Seoul dari jalur 1 sampai 4
•    Mini market: 7-eleven, CU, GS25, emart24, (kartu mungkin tidak tersedia di seluruh toko)
•    Pusat informasi kereta bandara: Pusat informasi Stasiun Seoul (08.00-21.00) / Pusat informasi Stasiun Univ. Hongik (07.00-21.30) / Pusat informasi terminal 1 Bandara Internasional Incheon (07.00-21.30) / Pusat informasi terminal 1 Bandara Internasional Incheon di area kedatangan (07.00-21.30)
•    Pembelian dalam penerbangan: Jeju Airlines (40 penerbangan internasional di Incheon atau Busan) / Air Seoul (12 penerbangan atau Incheon) / Hong Kong Express (semua penerbangan dari atau menuju Korea)
•    Bank yang bekerja sama dengan bandara: Bank Shinhan (Terminal 1 Bandara Internasional Incheon, Bandara Internasional Gimpo, Bandara Internasional Jeju, Bandara Gimhae) / Bank Woori (Terminal 1 Bandara Internasional Incheon, Bandara Internasional Gimpo)

l  Isi ulang & lokasi pengembalian dana:

Mini market atau meja pelayanan Tmoney di Stasiun kereta bawah tanah  (Kereta bawah tanah Seoul jalur 1-8, kereta bawah tanah Incheon jalur 1-2)
*Kartu juga dapat di isi menggunakan perangkat isi ulang yang ada di stasiun kereta bawah tanah
*Wisatawan dapat menerima pengembalian dana kartu maupun saldo yang tersisa dengan biaya sebesar 500 won. Wisatawan disarankan untuk mengisi saldo dengan nominal tidak terlalu banyak, karena pengembalian dana dengan saldo di atas 50.000 won cukup rumit dan memakan waktu.

l  Situs web Korea Tour Card:

www.koreatourcard.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

 

Kartu Amazing Pay Tmoney

Foto: Kartu Amazing Pay Seoul Tmoney (Credit: Korea Smart Card Co., Ltd.)

Kartu Amazing Pay Seoul Tmoney ini tersedia untuk wisatawan internasional yang menggunakan bus bandara dari beberapa bandara internasional. Kartu ini berfungsi seperti kartu Tmoney reguler, dengan tambahan keuntungan potongan harga sebesar 10% dari sebagian besar rute bus yang menghubungkan Seoul dan Incheon. Selain itu, kartu ini juga memiliki keuntungan yang sama seperti kartu Tmoney reguler, dengan memberikan diskon transfer saat menggunakan transportasi publik. Kartu ini juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran pada beberapa mini market yang bekerja sama. Dengan Kartu Amazing Pay Seoul Tmoney, wisatawan bisa mendapatkan keuntungan diskon di restoran, pertunjukan kebudayaan, bahkan di wisata utama Seoul seperti Lotte World, 63 Square. Buku kupon juga akan diterbitkan saat pembelian kartu ini.

l  Harga

50.000 won (Kartu 4.000 won + saldo awal 46.000 won) *pembelian hanya dengan uang tunai


l  Lokasi pembelian

Stan tiket bus bandara di Bandara Internasional Incheon Terminal 1, 1F area kedatangan (gerbang 4&9)


l  Isi ulang & lokasi pengembalian dana:

Mini market, perangkat isi ulang atau meja pelayanan Tmoney di stasiun kereta bawah tanah
*Wisatawan dapat menerima pengembalian dana untuk saldo berapapun di kartu dengan biaya 500 won. Wisatawan disarankan untuk mengisi kartu mereka dengan saldo kecil karena pengembalian saldo di atas 50.000 won rumit dan memakan cukup waktu.

l  Situs web Kartu Amazing Pay Tmoney

www.amazingpay.wordpress.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

 

Discover Seoul Pass

Foto: Discover Seoul Pass 24, 48, dan 72 / mobile pass (Credit: Seoul Tourism Marketing Co.)

Discover Seoul Pass merupakan kartu yang berfungsi sebagai Kartu Tmoney serta tiket masuk gratis di wisata utama Seoul. Kartu ini hadir dengan 3 jenis pilihan, mulai dari pelayanan selama 24 jam hingga selama 72 jam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan diskon untuk melihat pertunjukan tradisional maupun belanja di toko bebas bea. Wisatawan juga dapat mengisi saldo pada kartu ini untuk digunakan sebagai alat pembayaran transportasi publik. Ingin tahu saldo pada kartu ini? Cukup gunakan aplikasi Discover Seoul Pass untuk mengetahui saldo dan wisata yang bekerja sama. 

Aplikasi kartu ini juga dapat digunakan sebagai mobile pass! Wisatawan dapat dengan mudah membeli saldo langsung dari ponsel mereka. Keuntungan tambahan yang bisa didapatkan yaitu gratis menggunakan publik transportasi berupa sepeda umum Seoul, satu perjalanan gratis kereta ekspress dari Incheon menuju Seoul, dan satu perjalanan gratis menggunakan Seoul City Tour. 

*Pengguna kartu fisik hanya dapat menggunakan aplikasi untuk melihat sisa waktu pemakaian maupun informasi tentang beberapa wisata.

l  Harga

Tiket 24 jam 39.900 won / Tiket 48 jam 55.000 won / Tiket 72 jam 70.000
*Harga berlaku juga untuk mobile pass 
*Mobile pass tidak dapat digunakan sebagai Tmoney card

l  Lokasi pembelian

•    Bandara Internasional Incheon: Terminal penumpang 1, 1F Hana Bank Currency Exchange (4 lokasi) dan B1 Hana Bank / Terminal penumpang 1 CU mini market (3 cabang)
•    Penambahan 23 lokasi pembeluan di seluruh Seoul (Kunjungi situs web untuk detailnya)

l  Isi ulang & lokasi pengembalian dana:

•    Lokasi isi ulang Tmoney card: Mini market, perangkat isi ulang atau meja pelayanan Tmoney di stasiun kereta bawah tanah
•    Lokasi pengembalian dana
Saldo 30.000 won atau di bawahnya: Mini market atau meja pelayanan Tmoney di stasiun kereta bawah tanah
Saldo 50.000 won atau di bawahnya: Meja pelayanan Tmoney di stasiun kereta bawah tanah
*Pengembalian dana dikenakan tarif 500 won. Wisatawan disarankan untuk mengisi saldo dengan nominal tidak terlalu banyak, karena pengembalian dana dengan saldo di atas 50.000 won cukup rumit dan memakan waktu.
*Pengembalian dana tidak dapat dilakukan jika kartu hilang 
 
l  Instruksi aplikasi:

Unduh aplikasi Discover Seoul Pass di Google Play atau Apple App Store -> Scan kode QR atau masukan kode yang ada pada kartu Discover Seoul -> kartu dan aplikasi akan segera terkoneksi
*Aplikasi tersedia dalam bahasa Korean, English, Japanese, Chinese yang disederhanakan, dan Tradisional Chinese.

l  Wisata yang bekerja sama:

Istana Gyeongbokgung, Istana Changdeokgung dan Huwon (UNESCO World Heritage), Istana Deoksugung, Istana Changgeonggung, Museum Sejarah Seodaemun Prison, Leeum, Museum Seni Samsung, Museum Nasional Seni Kontemporer dan Modern, Seoul (MMCA Seoul), Namsan Seoul Tower, Museum Nasional Korea, Taman Seoul Battleship, Desa Hanok Namsangol, COEX Aquarium, SM TOWN, dan 23 wisata lainnya.

l  Situs web Discover Seoul Pass:

discoverseoulpass.com (Korean, English, Japanese, Chinese)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada 2 Agustus 2018, karena itu informasi yang ada mungkin dapat berbeda.

Share This Article

Related Post