Langkah-langkah untuk Merasakan Keseruan Bermain Ski

Langkah-langkah untuk Merasakan Keseruan Bermain Ski

Resor Ski Elysian Gangchon (Credit: Elysian Gangchon)

Resor Ski dapat ditemukan di berbagai penjuru Korea yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018. Untuk wisatawan yang belum pernah mengunjungi resor ski, panduan untuk mengunjungi resor ski berikut ini akan memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan untuk menikmati musim dingin yang sudah di depan mata. Setelah membaca panduan ini, artinya kamu sudah siap untuk mengarungi lembah salju yang curam!

Panduan Pemula untuk Berkunjung ke Resor Ski


Langkah 1. Dasar-dasar bermain ski: Lift dan perlengkapan bermain

Lift di Resor Ski (atas), perlengkapan bermain ski, dan posisi dalam bermain (bawah)


 

Pertama, salah satu hal yang mendasar adalah pakaian untuk bermain ski, perlengkapan yang dibutuhkan, serta lift untuk menuju ke puncak lereng. Pakaian ski dan segala perlengkapan lainnya dapat disewa di sebagian besar resor ski jika kamu tidak memiliki perlengkapan untuk bermain. Pemain pemula harus memilih papan ski yang seukuran dengan tinggi badan mereka atau 10 cm lebih pendek. Sepatu ski akan terhubung secara otomatis dengan papan ski dan harus memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu renggang dan tidak terlalu sempit. Poles (tongkat untuk bermain ski) dapat membantu keseimbangan pemain serta menjadi alat untuk melepas sepatu dari papan ski. Panjang tongkat ini harus setinggi pusar pemain. Pengoperasian lift biasanya berdasarkan aktivitas bermain ski pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Pastikan untuk membeli tiket lift sesuai dengan tanggal berkunjung!

Langkah 2. Berlatih gerakan ski dasar 

 

Posisi bermain ski yang benar


 

Sebelum bermain, sangat direkomendasikan bagi pemain pemula untuk hadir pada latihan dasar permainan ski agar mampu memahami dasar-dasar gerakan yang harus dilakukan. Saat bermain, kamu harus menempatkan ski di garis sejajar. Gunakan poles yang diberikan sebagai alat keseimbangan dan jadikan tongkat tersebut sebagai alat untuk memasang dan melepas sepatu dari papan ski. Dengan posisi ski masih berada di garis sejajar, tekuk lutut dan condongkan badan sedikit ke depan, dan pastikan punggung dalam keadaan lurus dengan posisi tidak terlalu ke belakang.

Setelah terbiasa dengan pose pertama, waktunya untuk mencoba pose A! Sesuai namanya, pose ini dilakukan dengan membentuk kaki seperti huruf A dengan cara membentangkannya, pose ini berguna untuk mengontrol kecepatan, karena gesekan yang muncul dapat memperlambat gerakan pemain. Satu hal yang harus diperhatikan saat bermain dengan pose ini adalah jarak kedua papan harus ideal, yaitu seukuran kepalan tangan, jika terlalu jauh, pemain dapat kehilangan keseimbangan, namun jika terlalu dekat pemain dapat mengubah arah tanpa mengurangi kecepatan.

Hal terakhir yang harus dipelajari adalah bagaimana caranya untuk jatuh dengan aman! Sebagai pemula, jatuh adalah hal yang biasa terjadi, maka lebih baik para pemain mempelajari cara aman untuk mengurangi risiko cedera yang buruk. Saat terjatuh, secara alami mungkin kita akan menahan dengan satu tangan untuk menahan tubuh, namun menahan beban tubuh dengan satu tangan sangat berbahaya, dalam hal ini yang harus dilakukan adalah menyilangkan tangan di depan dada. Saat terjatuh, atur papan ski dengan posisi sejajar, lebih baik untuk memotong jalur dibanding dengan menuruni lereng. Hampiri papan ski sedekat yang kamu bisa, letakkan tangan di dasar dan dorong dirimu ke posisi duduk. Dari sini, peluk lutut dan dorong diri kamu ke posisi berdiri. 

Langkah 3. Gunakan lift untuk menuju ke atas lereng

Lift dan para pemain ski di musim dingin

Setelah mempelajari pose dan gerakan dasar, waktunya untuk naik ke atas lereng dengan menggunakan lift! Pastikan kamu menyimak seluruh instruksi petugas demi keamanan. Jika, perlengkapan yang kamu bawa tidak diposisikan dengan aman di dalam lift, perlengkapan tersebut dapat jatuh, maka berhati-hatilah, terutama jika yang jatuh adalah pakaian atau poles yang kamu miliki. Saat tiba di atas, ikuti instruksi dari petugas, angkat pengaman pada lift yang kamu gunakan dan cepat ambil barang-barang di dalam lift.

Rasakan Seluruh Pengalaman Menyenangkan di Resor Ski Korea


Kuliner yang wajib disantap di Resor Ski Korea

Kuliner khas di resor ski, eomuk tang dan ayam goreng + bir

Menghabiskan seharian di area bermain ski pasti membuat nafsu makan meningkat, resor ski di Korea menawarkan beragam makanan lezat. Makanan yang paling populer adalah makanan hangat yang mengandung kaldu, seperti eomuk tang (sup olahan ikan) atau ramyeon. Jika kamu mencari makanan yang lebih mengenyangkan, kamu dapat memesan ayam goreng dan bir yang menjadi kudapan malam khas orang Korea. Ayam bumbu pedas manis khas Korea ini begitu sempurna jika disantap bersamaan dengan bir yang menyegarkan. 

Bersantai di Resor Ski setelah seharian bermain!

 

Penginapan di Alpensia (atas), Resor Konjiam & Deogyusan (bawah)

Beberapa wisatawan mungkin hanya akan mengunjungi resor ski dalam satu hari, namun kebanyakan dari mereka akan menginap dan menikmati ski selama beberapa hari sekaligus mengunjungi daya tarik wisata lain di dekat resor. Selain itu, jika kamu menginap di resor ski, kamu akan mendapat potongan harga saat pembelian tiket lift. Kebanyakan resor juga akan menawarkan tipe penginapan yang berbeda-beda, jadi kamu dapat menyesuaikan tipe penginapan yang paling sesuai.

Tidak hanya bermain ski, nikmati fasilitas tambahan yang ada

Observatorium Resor Yongpyong (atas) & berbagai fasilitas bermain (bawah)

Resor Ski di Korea tidak hanya untuk bermain ski, namun kamu juga bisa menikmati fasilitas, seperti bukit seluncur, water park, atau area observasi. Fasilitas yang diberikan berbeda-beda setiap resor, oleh karena itu pastikan untuk mengecek terlebih dahulu fasilitas apa saja yang tersedia untuk mendapatkan liburan secara lebih maksimal.


Informasi selengkapnya
Resor Ski di Korea

Alpensia Ski Resort
Situs web: www.alpensiaresort.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

Phoenix Snow Park
Situs web: www.phoenixhnr.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

Yongpyong Ski Resort
Situs web: www.yongpyong.co.kr (Korean, English, Chinese)

Vivaldi Park Ski World
Situs web: www.daemyungresort.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

Welli Hilli Park Snow Park
Situs web: www.wellihillipark.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

High1 Ski Resort
Situs web: www.high1.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

Oak Valley Snow Park
Situs web: www.oakvalley.co.kr (Korean, English, Chinese)

Elysian Gangchon Ski Resort
Situs web: www.elysian.co.kr (Korean, English, Chinese)

Konjiam Resort
Situs web: www.konjiamresort.co.kr (Korean, English)

Bears Town Ski Resort
Situs web: www.bearstown.com (Korean, English)

Jisan Forest Ski Resort
Situs web: www.jisanresort.co.kr (Korean, English, Chinese)

Yangji Pine Resort Ski Valley
Situs web: www.pineresort.com (Korean, English, Japanese, Chinese)

Deogyusan Ski Resort
Situs web: www.mdysresort.com (Korean, English)

*Awal mula dan akhir musim ski di tiap resor berbeda-besa. Mohon periksa ke masing-masing situs resmi resor untuk informasi selengkapnya. 

1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada November 2018, maka dari itu informasi yang ditampilkan dapat berbeda. Kami menyarankan untuk memeriksa langsung ke situs resmi.

 

Share This Article

Related Post