Makanan Khas Chuseok

Makanan Khas Chuseok

Chuseok adalah salah satu hari besar di Korea selain Seollal dan Dano. Di hari ini, para anggota keluarga akan berkumpul, makan bersama, berbagi cerita, dan melakukan doa pada leluhur untuk menyampaikan rasa syukur telah diberi panen yang baik. Chuseok juga dikenal sebagai Hangawi dilakukan saat bulan purnama penuh. Nah, di perayaan Chuseok ini juga dikenal aneka makanan khas Chuseok.

 

Songpyeon

Songpyeon adalah salah satu kue tradisional yang [harus] ada di Chuseok. Kue beras ini dibuat dari tepung beras yang dibentuk dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari bola golf dan diisi dengan wijen, kacang tanah, kacang merah, chestnuts, dan bahan lain yang bernutrisi. Saat ingin mengukus Songpyeon, taruhlah jarum pinus di tempat kukusan agar songpyeon semakin harum dengan aroma pinus. 

 

Pada malam Chuseok semua anggota keluarga berkumpul untuk membuat songpyeon. Ada pepatah lama Korea yang mengatakan bahwa orang yang membuat songpyeon dengan bentuk indah akan mendapat pasangan yang bagus atau melahirkan bayi yang cantik. Tidak mengherankan jika anggota keluarga yang masih lajang pasti akan berusaha membuat bentuk songpyeon yang paling indah.

 

Shindoju

Elemen paling penting lainnya di hari Chuseok adalah Shindoju, minuman keras yang dibuat secara tradisional. Saat Chuseok, para anggota keluarga berkumpul dan melakukan ritual penghormatan untuk para leluhur sambil mempersembahan Shindoju dari fermentasi beras yang baru dipanen. Setelah ritual penghormatan sudah dilakukan, para anggota kembali bersantai dan berkumpul bersama keluarga sambil meminum shindoju dan makan.

 



 

 

Share This Article

Related Post