Melakukan Perjalanan ke Jeollanam-do

Melakukan Perjalanan ke Jeollanam-do

Stasiun Gwangju-Songjeong

Wilayah Jeollanam di bagian barat daya semenanjung Korea adalah tujuan sempurna bagi para wisatawan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Korea. Dengan menggunakan KTX kecepatan tinggi dan kaki sendiri, kamu dapat dengan mudah keluar dari jalan setapak dan mengunjungi tempat-tempat yang mungkin kurang dikenal tetapi tidak kalah menakjubkan. Dari sejarah, seni hingga makanan pasar yang lezat, beli tiketmu dan pergilah menikmati semua yang ditawarkan Jeollanam-do!

Tip) Hemat uang dengan Namdo Pass

Namdo Pass adalah barang yang harus dimiliki siapa pun yang mengunjungi wilayah Jeollanam-do. Pass ini menawarkan diskon hingga 55% untuk tempat wisata utama, tiket KTX, akomodasi, mobil sewaan, dan restoran. Kartu ini terdiri dari tiga nominal (10.000 won / 30.000 won / 50.000 won), dan maksimal 2 juta won dapat dsimpan di muka agar mudah digunakan nanti. Rincian lebih lanjut tentang manfaat yang tersedia dapat ditemukan di situs web Namdo Pass (namdopass.co.kr /hanya bahasa Korea). Namdo Pass dapat dibeli dari Pusat Perjalanan KTX di stasiun yang berpartisipasi (Yongsan, Gwangju-Songjeong, Yeosu, Mokpo, Suncheon), serta lokasi penjualan di dalam Pasar Gwangju dan Kantor Provinsi Jeollanam-do.

Stasiun Gwangju-Songjeong

Stasiun Gwangju-Songjeong

Stasiun Gwangju-Songjeong adalah stasiun utama di Honam Line, menghubungkan Seoul dan Mokpo di pantai barat daya. Stasiun ini melayani kereta KTX, SRT, ITX-Saemaeul, dan Mugunghwa. Kereta KTX khususnya memungkinkan penumpang untuk bepergian dari Stasiun Yongsan di Seoul ke Gwangju hanya dalam waktu satu setengah jam.

Tip) Pergi ke tempat-tempat wisata dari Stasiun Gwangju-Songjeong
☞ Subway: Pintu Keluar 1 ke Gwangju Subway Line 1
☞ Bus: Pintu Keluar 1 
- Bus menuju Gwangju: Seated02, Songjeong19, Songjeong29, Songjeong33, Songjeong93, Songjeong96, Songjeong97, Songjeong98, Songjeong99, Songjeong100, Songjeong197, Songjeong296, Jinwol75, Imgok90, Imgok290, Seonun101, Jingok196, Maeul701, Maeul720-1
- Bus menuju Naju: 160, 600, 601, 602, 603, 1160
☞ Taksi: Pintu Keluar 1

Stasiun Gwangju-Songjeong
☞ Alamat:
201, Sangmu-daero, Gwangsan-gu, Gwangju (광주광역시 광산구 상무대로 201)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, penjual makanan & minuman, tempat parkir, dll
☞ Informasi: +82-62-941-3278 (Hanya bahasa Korea)

Rekomendasi tempat wisata

Pasar Stasiun Songjeong 1913

Saat bepergian ke Gwangju dengan kereta, perhentian pertama adalah Pasar Stasiun Songjeong 1913! Jika kamu membayangkan akan menemukan petani lokal yang menjual produk mereka kepada nenek-nenek misionaris, pikirkan lagi! Terletak tepat di seberang jalan dari Pasar Gwangju-Songjeong, objek wisata ini bertujuan untuk memberikan nuansa modern terhadap pasar tradisional. Terletak di sepanjang boulevard terbuka, toko-toko di sini menjual makanan jalanan yang umum ditemukan di pasar Korea, serta makanan modern seperti baguette hamburger dan yogurt ginseng merah. Item yang paling populer adalah bulkkochaengi, sejenis gulungan goreng yang terbuat dari potongan samgyeopsal (perut babi panggang) dengan isian kimchi dan sayuran. Rasa asap yang didapatkan selama flash-fire kedua dilengkapi oleh saus yang ditambahkan untuk memberi rasa asin. Untuk hadiah oleh-oleh, pastikan untuk mampir ke Yeokseosaso, toko oleh-oleh yang dinamai dengan dialek lokal.

Desa Sejarah & Budaya Yangnim 

Jika kamu tertarik untuk belajar tentang sejarah dan seni budaya Gwangju, rencanakan kunjungan ke Desa Sejarah & Budaya Yangnim. Daerah ini memiliki arsitektur yang unik dari era sejarah modern, serta hutan yang terdiri dari pohon-pohon besar yang berusia lebih dari 100 tahun. Ada total 12 objek wisata utama untuk dikunjungi sesuai minatmu, tetapi yang paling direkomendasikan adalah Desa Penguin, yang terletak tepat di belakang Pusat Layanan Komunitas Yangnim-dong. Terlepas dari namanya, kamu tidak akan menemukan banyak penguin di sini; nama itu sebenarnya berasal dari cara berjalan para generasi tua yang tinggal di desa, yang mirip dengan penguin. Desa ini menampilkan mural berwarna-warni dan barang-barang umum dari tahun 70-an dan 80-an. Berkat gang-gang sempitnya, pengunjung dapat menjelajahi dan mencari tempat terbaik untuk mengambil gambar tanpa khawatir orang lain masuk dalam frame.

Rekomendasi makanan

Songjeong tteokgalbi

Dikenal sebagai Kota Makanan, jumlah hidangan lezat di Gwangju tidak terbatas! Namun jika waktumu terbatas, pastikan untuk mencoba Songjeong tteokgalbi (roti iga bakar) terlebih dahulu. Berjarak 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Gwangju-Songjeong, jalan-jalan di sekitar Kantor Gwangsan-gu dipenuhi dengan restoran tteokgalbi. Setelah memesan, cobalah banyak lauk yang datang dengan makanan, tetapi sisakan ruang untuk hidangan utama! Setelah tteokgalbi tiba, coba makan langsung atau dibungkus dengan daun selada dan wijen bersama bawang putih, cabai Korea, dan doenjang (pasta kedelai).

Pasar Stasiun Songjeong 1913
☞ Alamat:
38, Songjeong-ro 16beon-gil, Gwangsan-gu, Gwangju (광주광역시 광산구 송정로16번길 38)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 3 menit dari Stasiun Gwangju-Songjeong, Pintu Keluar 5
☞ Jam operasional: Sen-Kam 11:00-22:00 / Jum-Min 11:00-23:00 * Tutup Senin kedua dan keempat setiap bulan
☞ Informasi: +82-62-942-1914 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: 1913songjungmarket.modoo.at (Hanya bahasa Korea)

Desa Sejarah & Budaya Yangnim
☞ Alamat:
201-64, Yangnim-dong, Nam-gu, Gwangju (광주광역시 남구 양림동 201-64)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 15 menit dari Stasiun Namgwangju (Gwangju Subway Line 1), Pintu Keluar 3
☞ Jam operasional: Buka 24 jam (Jam bervariasi di setiap toko)
☞ Informasi: +82-62-607-4502 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: visityangnim.kr (Hanya bahasa Korea)

Stasiun Naju

Stasiun Naju

Stasiun Naju di Honam Line adalah stasiun yang sibuk, melayani 29 KTX dan 18 kereta SRT setiap hari. Jalur antara Stasiun Naju dan Mokpo juga sedang diperluas untuk mencakup Bandara Internasional Muan mulai 31 Oktober. Meskipun Stasiun Naju saat ini cukup bagus, Stasiun Naju yang lama layak dikunjungi karena kepentingan historisnya; stasiun sebelumnya adalah titik awal bagi Gerakan Kemerdekaan Mahasiswa Gwangju.

Tip) Pergi ke tempat-tempat wisata dari Stasiun Naju
☞ Bus antarkota:
Pintu Keluar Utama
☞ Taksi:  Pintu Keluar Utama
☞ Wisata Kota Naju: 2 paket perjalanan tersedia tiap Sabtu (diperlukan reservasi terlebih dahulu)
* Tiket: 4,000 won (biaya dewasa)
* Pemesanan: www.narabus.co.kr (Hanya bahasa Korea)

Stasiun Naju
☞ Alamat:
56, Najuyeok-gil, Naju-si, Jeollanam-do (전라남도 나주시 나주역길 56)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, Lost-and-Found, penjual makanan & minuman, tempat parkir
☞ Informasi: +82-61-332-7788 (Hanya bahasa Korea)

Rekomendasi tempat wisata

Aula Geumseonggwan Naju (atas) & Rumah Geumhakheon (bawah, kanan. Sumber: Naju Moksanaea)

Daya tarik utama Naju adalah Aula Geumseonggwan, sebuah wisma yang dioperasikan oleh Kantor Pemerintah Naju untuk para pejabat yang berkunjung selama periode Goryeo dan Joseon, dan Rumah Geumhakheon, sebuah rekonstruksi kediaman pribadi Moksa (pejabat pemerintah tertinggi di wilayah) Naju. Kami sarankan untuk mulai dari Aula Geumseonggwan untuk wisata sejarah dan kemudian menikmati perjalanan lima menit berjalanan kaki yang damai ke Rumah Geumhakheon. Kamu akan dapat menemukan rumah ini ketika kamu melihat pohon besar hackberry menjulang di atas semua pohon lainnya. Ada juga banyak pohon cherry blossom di daerah tersebut, menjadikannya objek wisata yang populer di musim semi. Tidak seperti Aula Geumseonggwan, para tamu benar-benar dapat bermalam di Rumah Geumhakheon. Pesan kamar di sini agar bias merasa seperti wisatawan dari dinasti Joseon!

Rekomendasi pengalaman

Pusat Budaya Pewarnaan Alami 

Naju terkenal dengan pewarnaan alami mereka, diakui sebagai Warisan Budaya Penting Tak Berwujud No. 115, dan dikenal karena mengembangkan teknik tenun sutra dan menemukan cara untuk menciptakan warna deep navy untuk kain. Karena itu, Naju adalah rumah bagi Pusat Budaya Pewarnaan Alami. Kamu dapat dengan mudah lupa waktu menjelajahi ruang pameran, ruang bahan, toko, dan ruang pengalaman di sini. Aula pengalaman khususnya menawarkan banyak kesempatan untuk membuat suvenirmu sendiri, mulai dari syal yang diwarnai alami dan item pakaian hingga peralatan pewarnaan  dan kerajinan kayu.

Recommended makanan

Naju gomtang

Naju juga terkenal dengan gomtang (sup tulang sapi). Yang membuat versi gomtang Naju begitu istimewa adalah penggunaan bagian plate dan sengkel daging sapi untuk membumbui kaldu, bukan tulang sapi standar yang digunakan di daerah lain. Tempat ini juga setia dengan resep aslinya selama bertahun-tahun, menarik orang untuk datang kembali. Area di sekitar Aula Geumseonggwan dan Rumah Geumhakheon dipenuhi dengan restoran gomtang, menjadikannya pilihan yang mudah ketika berkunjung!

Aula Geumseonggwan
☞ Alamat:
8, Geumseonggwan-gil, Naju-si, Jeollanam-do (전라남도 나주시 금성관길 8)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 160 dari Halte Bus Stasiun Naju ke Halte Bus Jungang-ro dan jalan sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: 10:00-17:00 (Buka sepanjang tahun)
☞ Biaya masuk: Gratis
☞ Informasi: +82-61-339-8613 (Hanya bahasa Korea)

Moksanaea (Rumah Geumhakheon)
☞ Alamat:
13-8, Geumseonggwan-gil, Naju-si, Jeollanam-do (전라남도 나주시 금성관길 13-8)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 160 dari Halte Bus Stasiun Naju ke Halte Bus Jungang-ro dan jalan sekitar 10 menit
☞ Jam operasional
- Wisata: 09:00-18:00 (Tutup setiap Senin)
- Akomodasi: Check-in 14:00 / Check-out 11:00 (Tidak tersedia pada hari Senin)
☞ Biaya
- Biaya masuk: Gratis
- Akomodasi: 50,000~150,000 won
* Menerima pesanan melalui telepon (+82-61-332-6565), internet (www.naju.go.kr/moksanaea / Hanya bahasa Korea), atau di tempat
* Menerima pemesanan pada hari yang sama sampai jam 17:00 (16:00 pada hari Minggu)
☞ Informasi: +82-61-332-6565 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: www.naju.go.kr/moksanaea (Hanya bahasa Korea)

Pusat Budaya Pewarnaan Alami
☞ Alamat:
379, Baekho-ro, Dasi-myeon, Naju-si, Jeollanam-do (전라남도 나주시 다시면 백호로 379)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 503, 504, atau 505 dari Halte Bus Stasiun Naju ke Halte Bus Baekha dan jalan sekitar 2 menit
☞ Jam operasional
- Maret-Oktober: 09:00-18:00
- November-Februari: 09:00-17:00
☞ Biaya masuk: Gratis (Biaya terpisah berlaku untuk program)
☞ Informasi: +82-61-335-0091 (Hanya bahasa Korea)
☞ Situs web: www.naturaldyeing.or.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Jalan Gomtang Naju
☞ Alamat:
Wilayah Geumgye-dong, Naju-si, Jeollanam-do (전라남도 나주시 금계동)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 160 dari Halte Bus Stasiun Naju ke Halte Bus Jungang-ro dan jalan sekitar 5 menit

Bandara Internasional Muan

Bandara Internasional Muan

Bandara Internasional Muan, dibuka pada 8 November 2007, adalah satu-satunya bandara internasional di wilayah Jeollanam-do. Bandara ini terletak di sebelah pantai yang indah dengan suasana alami yang begitu murni sehingga kamu akan sulit memercayai betapa mudahnya menjangkau tempat ini.

Tip) Pergi ke tempat-tempat wisata dari Bandara Internasional Muan

☞ Bus:
Gate 1 
- Ke Terminal Bus Gwangju: 12 bus per hari, 06:30~01:30 
- Terminal Bus Muan: 5 bus per hari 10:30~20:20 
- Terminal Bus Mokpo: 12 bus per hari, 06:30~01:00 
- Pulau Samhakdo: 11 bus per hari, 07:10~22:10 

☞ Taksi: Gate 1

Bandara Internasional Muan
☞ Alamat:
970-260, Gonghang-ro, Muan-gun, Jeollanam-do (전라남도 무안군 망운면 공항로 970-260)
☞ Fasilitas: Toko Bebas Bea, toko serba ada, penjual makanan & minuman, bank, gerai penukaran mata uang, meja informasi, kios pengajuan keluhan, stasiun pengisian baterai ponsel gratis, ruang perawatan, tempat parkir, dll.
☞ Informasi: +87-1661-2626 (Bahasa Korea, Inggris)
☞ Situs web: www.airport.co.kr/muan (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Rekomendasi tempat wisata

Hoesan White Lotus Habitat (Sumber: Muan-gun)

Ada banyak kolam teratai di seluruh Korea tetapi tidak ada yang semegah Hoesan White Lotus Habitat. Luasnya sekitar 330.000 meter persegi, menjadikannya habitat teratai putih terbesar di Asia. Jalan setapak berliku-liku melalui kolam, membuatnya mudah untuk melihat bunga-bunga indah dari dekat; waktu terbaik untuk melihat bunga adalah antara bulan Juli dan September! Taman di sekitarnya juga memiliki taman bermain air, perkemahan otomatis, rumah kaca, dan lainnya untuk perjalanan ramah lingkungan.

Pantai Tommeori & Pantai Holtong (Sumber: Muan-gun)

Akan sia-sia melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Muan dan tidak mengunjungi pantai. Jika kamu hanya memiliki sedikit waktu, kami menyarankan Pantai Tommeori, yang terletak tepat di selatan bandara. Pantai berpasir putih ini memiliki hutan pinus yang rimbun yang menyembunyikan restoran yang menyajikan hoe (irisan ikan mentah). Karena pantai ini relatif tidak dikenal, kamu bisa merasakan seperti sedang liburan sendirian di tepi pantai. Bagi para wisatawan yang punya lebih banyak waktu dan energi, pergilah ke Pantai Holtong untuk menikmati olahraga air seperti selancar angin dan ski! Bagian laut ini dikenal tenang, dengan ombak yang sangat kecil, membuatnya sempurna untuk kegiatan tersebut.

Rekomendasi makanan

Muan Octopus Street & hidangan gurita 

Semua makanan lokal terbaik di Muan memiliki satu kesamaan: gurita! Restoran-restoran di sekitar Terminal Bus Muan khususnya berfokus pada bahan ini untuk hidangan mereka, mulai dari nakji hoe muchim (salad gurita mentah pedas) bibimbap dengan topping gurita, nakji yeonpotang (sup gurita) dan galnaktang (iga sapi dan sup gurita).

Hoesan White Lotus Habitat
☞ Alamat:
333, Baekryeon-ro, Muan-gun, Jeollanam-do (전라남도 무안군 일로읍 백련로 333)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 1000 dari Bandara Internasional Muan ke Halte Bus Cheonggyegogae → Transfer ke Bus No. 232-6 dan turun di Halte Bus Duryemi → Jalan sekitar 2 menit (Waktu perjalanan sekitar 1 jam 50 menit)
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Buka sepanjang tahun)
☞ Biaya masuk: Dewasa 4,000 won / Remaja 3,000 won / Anak-anak 1,000 won
☞ Informasi: +82-61-285-1323 (Hanya bahasa Korea)

Pantai Tommeori
☞ Alamat:
Piseo-ri, Mangun-myeon, Muan-gun, Jeollanam-do (전라남도 무안군 망운면 피서리)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 1000 dari Bandara Internasional Muan ke Halte Bus Tommeori Resort dan jalan sekitar 10 menit
☞ Biaya masuk: Gratis
☞ Informasi: +82-61-450-5706 (Hanya bahasa Korea)

Pantai Holtong
☞ Alamat:
Oryu-ri, Hyeongyeong-myeon, Muan-gun, Jeollanam-do (전라남도 무안군 현경면 오류리)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 220-4 dari Bandara Internasional Muan ke Halte Bus Mangun → Transfer ke Bus No. 210-1 dan turun di Halte Bus Masanhwaleojip-ap → Jalan sekitar 20 menit
☞ Biaya masuk: Gratis

Muan Octopus Street
☞ Alamat:
31-1, Ppeolnakji-gil, Muan-gun, Jeollanam-do (전라남도 무안군 무안읍 뻘낙지길 31-1)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 220-4, 220-6, atau 222-5 dari Bandara Internasional Muan ke Halte Bus Terminal Muan dan jalan sekitar 1 menit

Stasiun Mokpo

Stasiun Mokpo adalah pemberhentian terakhir Honam Line dan merupakan stasiun paling barat di Korea. Bagi banyak penumpang, tempat ini hanya batu loncatan ke banyak pulau yang menghiasi pantai selatan. Stasiun ini diperluas pada 1 April 2004 untuk memasukkan kereta KTX, SRT, ITX-Saemaeul, dan Mugunghwa.

Tip) Pergi ke tempat-tempat wisata dari Stasiun Mokpo

☞ Bus:
Pintu Keluar Utama
☞ Taksi: Pintu Keluar Utama
☞ Wisata Kota Mokpo: Satu kali sehari Selasa-Minggu, berangkat pukul 09:30 (diperlukan reservasi lebih dulu)
* Tiket: 5,000 won (ongkos dewasa; biaya masuk ke tempat wisata tidak termasuk)
* Pemesanan: +82-61-270-8599 (Hanya bahasa Korea) / www.mokpo.go.kr/tour (Hanya bahasa Korea)

Stasiun Mokpo
☞ Alamat:
98, Yeongsan-ro, Mokpo-si, Jeollanam-do (전라남도 목포시 영산로 98)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, penjual makanan & minuman, tempat parkir, dll.
☞ Informasi: +82-1544-7788 (Hanya bahasa Korea)

Rekomendasi tempat wisata

Batu Gatbawi (atas) & Museum Maritim Nasional (bawah; sumber: Museum Maritim Nasional)

Batu Gatbawi dan jalan setapak pantai untuk mencapainya adalah suatu keharusan untuk didatangi ketika mengunjungi Mokpo. Batu Gatbawi, Monumen Alam No. 500, dikatakan terlihat seperti dua pria yang mengenakan gat (topi tradisional Korea). Di masa lalu, orang harus naik perahu jika mereka ingin melihat bebatuan ini. Namun, setelah jalan setapak pantai dibuat, pengunjung dapat dengan mudah berjalan ke bebatuan di atas laut ini, menikmati angin sepoi-sepoi sepanjang perjalanan.

Kota Budaya Gatbawi dapat dijangkau dengan berjalan kaki, cocok untuk wisatawan yang senang mengenal budaya dan seni setempat. Kompleks pariwisata ini terdiri dari Museum Maritim Nasional, Pusat Budaya & Seni, Museum Sejarah Alam Mokpo, Aula Kebudayaan Lokal, dan Aula Peringatan Namnong.

Rekomendasi makanan

Pasar Jayu Mokpo (atas), Pasar Malam Namjin (bawah kiri) & Colombang Bakery (bawah kanan)

Jika kamu adalah seorang pecinta kuliner, kamu harus mencoba sembilan hidangan terbaik Mokpo: sebal nakji (whiparm gurita), hongeo samhap (skate fermentasi dan daging babi dengan kimchi), kkotge muchim (salad kepiting pedas), mineo hoe (irisan mentah ikan croaker), galchi jorim (beltfish rebus), byeongeo hoe (bawal putih mentah) & jjim (bawal putih kukus), junchi muchim (salad herring Cina pedas), agutang (sup monkfish) & jjim (monkfish rebus pedas), dan ureokganguk (sup rockfish kering). Tempat terbaik untuk dikunjungi jika kamu ingin mencoba semua hidangan ini adalah Pasar Jayu Mokpo! Pasar ini menjual semua makanan lokal dan makanan laut segar, juga pakaian dengan harga murah. Hari-hari terbaik untuk berkunjung adalah hari Jumat dan Sabtu, ketika Pasar Malam Namjin berlangsung! Sebelum meninggalkan Mokpo, mampirlah ke Colombang Bakery di dekat stasiun untuk membeli roti yang lezat. Salah satu dari lima toko roti terbaik di Korea, Colombang Bakery terkenal dengan baguette keju krim dan baguette udang mereka.

Batu Gatbawi
☞ Alamat:
166-1, Namnong-ro, Mokpo-si, Jeollanam-do (전라남도 목포시 남농로 166-1)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 15 dari Stasiun Mokpo ke Halte Bus Jungbawi dan jalan sekitar 1 menit
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Biaya masuk: Gratis

Kota Budaya Gatbawi
☞ Alamat:
Area 135, Namnong-ro, Mokpo-si, Jeollanam-do (전라남도 목포시 남농로 135)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 15 dari Stasiun Mokpo ke Halte Bus Museum Maritim Nasional dan jalan sekitar 4 menit
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 (Aula Peringatan Namnong 10:00-18:00) 
* Tutup setiap Senin
* Jam dan hari tutup dapat berbeda tergantung bisnis
☞ Biaya masuk: Bervariasi berdasarkan bisnis
☞ Informasi (Informasi Wisatawan Mokpo): +82-61-270-8598 (Hanya bahasa Korea)

Pasar Jayu Mokpo (Pasar Malam Namjin)
☞ Alamat:
122, Jayu-ro, Mokpo-si, Jeollanam-do (전라남도 목포시 자유로 122)
☞ Petunjuk arah: Naik Bus No. 15 atau 500 dari Stasiun Mokpo ke Halte Bus Pasar Jayu dan jalan sekitar 3 menit
☞ Jam operasional 
- Pasar Jayu: 09:00-20:00 (Tutup pada hari Minggu ketiga setiap bulan) 
- Pasar Malam Namjin: Musim dingin 18:00-22:00 / Musim panas 19:00-23:00 (Hanya beroperasi Jumat-Sabtu; jam bervariasi di setiap toko)
☞ Informasi: +82-61-245-1615 (Hanya bahasa Korea)

Info Lebih Lanjut

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbaru pada April 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post