Musim Dingin dalam Kehangatan Pemandian Air Panas & Spa

Musim Dingin dalam Kehangatan Pemandian Air Panas & Spa

Splas Resom (Deoksan) (Sumber: Splas Resom (Deoksan))

Walaupun Jepang sangat terkenal dengan budaya pemandian air panasnya, Jepang bukan satu-satunya negara dengan fasilitas sauna alami ini; Korea juga memiliki pemandian air panas dan spa dengan menggunakan air mineral panas bumi. Mulai dari pemandian umum dan jjimjilbang Korea, hingga spa dan resor perawatan lengkap yang menawarkan fitur taman air yang seru. Untuk menikmati sedikit budaya Korea penuh kehangatan di musim dingin ini, pergilah ke pemandian air panas atau spa Korea!


Objek Wisata Utama

Tip) Pemandian air panas, spa, sauna, jjimjilbang, pemandian umum... Apa bedanya?!

Sebelum kita membahas perbedaan, mari kita lihat persamaannya. Semua fasilitas menawarkan fasilitas mandi dan sauna, serta ruang ganti terpisah dan area komunitas pisah gender. Beberapa tempat harus mengenakan pakaian renang atau pakaian sewaan. Biasanya kita perlu mandi singkat dulu sebelum menggunakan fasilitas tersebut!

1. Pemandian air panas

Pemandian air panas menggunakan air bawah tanah yang secara alami dipanaskan melalui energi panas bumi. Pemandian air panas Korea menggunakan air dengan panas setidaknya 25 ℃, yang menghilangkan komponen beracun. Pemandian air panas dibagi menjadi kolam pria dan wanita, dan beberapa fasilitas juga menawarkan kolam renang keluarga serta pemandian luar ruangan.

2. Spa

Spa adalah istilah umum untuk merujuk pada sumber mata air mineral atau fasilitas yang menawarkan perawatan kesehatan serta kecantikan, termasuk tetapi tidak terbatas pada sauna, kolam pemandian, dan pemandian uap.

3. Pemandian umum

Pemandian umum dengan berbagai ukuran dapat ditemukan di hampir setiap wilayah Korea, dari pemandian kecil di kompleks apartemen hingga fasilitas besar yang menyaingi spa mewah. Sebagian besar pemandian besar juga menawarkan fasilitas jjimjilbang. Karena semua pengunjung harus benar-benar telanjang untuk menggunakan fasilitas, pemandian dan ruang ganti secara ketat dibagi berdasarkan gender, dan anak-anak di atas usia empat tahun dilarang memasuki area gender yang berbeda pada 1 Januari 2020.

4. Sauna

Sauna awalnya disebut mandi uap Finlandia, tetapi sekarang telah berevolusi dan digunakkan untuk menyebut semua jenis pemandian yang membuat seseorang mengeluarkan keringat. Sebagian besar pemandian umum, jjimjilbang, dan taman air di Korea memiliki fasilitas sauna.

5. Jjimjilbang

Jjimjilbang mengacu pada sauna bergaya Korea yang menggunakan api untuk menciptakan kamar yang panas. Penggunaan jjimjilbang biasanya akan memakan biaya 1.000 hingga 3.000 won di luar biaya masuk pemandian dasar. Karena jjimjilbang buka 24 jam, banyak wisatawan dengan anggaran terbatas menggunakannya sebagai akomodasi murah; sebagian besar jjimjilbang memiliki kamar tidur yang dipisahkan berdasarkan gender, tetapi kamu akan berbagi kamar dengan banyak orang lain, jadi kami sarankan untuk membawa penyumbat telinga!

Pemandian Air Panas Mineral Seongmodo Ganghwado

Pemandian Air Panas Mineral Seongmodo Ganghwado

Pemandian Air Panas Mineral Seongmodo adalah salah satu tempat baru terpopuler di Ganghwado, yang terkenal dengan pemandangan fantastis Laut Kuning-nya. Karena lokasinya di pantai barat, tempat ini sangat pas untuk menyaksikan matahari tenggelam di laut dari salah satu dari 15 kolam renang resor; pastikan untuk datang lebih awal, karena kolam cepat terisi dengan semua orang yang ingin menikmati pengalaman ini. Bar makanan ringan air panas bahkan menerima pesanan melalui telepon, sehingga kamu dapat tetap berada di tempatmu! Cukup telepon untuk memesan kopi atau sikhye (minuman beras manis) dan mereka akan mengirimkannya ke kolam renangmu.

Air yang digunakan di Pemandian Air Panas Mineral Seongmodo adalah air mineral yang sama sekali tidak tersentuh, menciptakan konsistensi licin yang tidak ditemukan di sebagian besar pemandian air panas. Jika kamu tidak sengaja meminum airnya, kamu akan merasakan rasa asin, karena tingginya kadar natrium. Setelah berenang di kolam, mungkin kamu akan merasa memiliki lapisan tipis yang menutupi kulitmu. Hal ini disebabkan oleh mineral dalam air, yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Jika kamu sensitif, kamu mungkin ingin mencucinya, tetapi ingatlah bahwa penggunaan produk pembersih seperti sampo dan sabun dilarang. Jika kamu benar-benar tidak menyukai rasa di kulitmu tersebut, kamu dapat mengeringkannya dengan lembut dengan handuk.

Tip) Objek-objek wisata lain di Pulau Ganghwado

Pulau Ganghwado menawarkan objek wisata pulau dan daratan, yang terletak sangat dekat dengan Incheon. Walaupun pulau ini relatif mudah diakses dari wilayah metropolitan Seoul, wilayah ini tetap cukup jauh hingga sayang jika kamu datang ke sini hanya untuk mengunjungi pemandian air panas. Agar dapat benar-benar memanfaatkan waktumu di sini, jangan lupa tambahkan salah satu objek wisata berikut!

1. Luge Ganghwa Seaside Resort

Luge Ganghwa Seaside Resort

Luge adalah olahraga ekstrem yang menggunakan gravitasi untuk mendorong seseorang menuruni lintasan miring di atas kendaraan seperti kereta luncur. Untuk mencapai puncak jalur Luge Ganghwa Seaside Resort, kamu harus naik gondola yang menawarkan pemandangan laut serta pegunungan yang luar biasa. Berkat pemandangan ini, kamu dapat sepenuhnya menikmati balapan di jalur 1,8 kilometer tanpa perlu khawatir akan melewatkan apa pun.

2. Kuil Bomunsa

Obaek nahan Kuil Bomunsa

Jika kamu tertarik dengan atraksi budaya, pastikan untuk mengunjungi Kuil Bomunsa, yang terletak di Gunung Nakgasan di Pulau Seongmodo. Dari saat kamu melewati Gerbang Iljomun, kamu akan sibuk melihat obaek nahan, 500 figur kecil, masing-masing dengan wajah uniknya sendiri. Setelah puas melihat wajah-wajah untuk memastikan mereka benar-benar berbeda, pergilah ke Balai Geungnakbojeon yang megah. Jika kamu ingin berjalan-jalan sedikit, naikilah 420 anak tangga menuju patung Buddha yang diukir di batu, atau lanjutkan naik ke atas Batu Nunsseopbawi untuk menikmati panorama Laut Kuning.

3. UFO Café

UFO Café Ganghwado Seaside Resort

Pemandangan terbaik di sekitar Pulau Ganghwado dapat dilihat dari UFO Café, yang terletak di dalam Ganghwado Seaside Resort. Kafe ini membuat rotasi 360 derajat penuh setiap jam. Berangkat dari suatu titik, sebagian besar pemandangan akan mencakup pemandangan samudera tanpa penghalan. Bersantailah sambil menikmati pemandangan yang berubah sambil minum kopi atau hidangan penutup.

4. Makanan lokal

Makanan laut

Semua makanan terasa sangat lezat setelah bersantai di pemandian air panas. Untuk mengisi ulang energimu, kami sarankan hidangan dengan kaldu. Pulau Ganghwado terkenal dengan hidangan laut, jadi pilihlah hidangan dengan makanan laut yang baru ditangkap! Shabu shabu memenuhi kedua persyaratan ini, dengan tambahan daging sapi untuk hidangan yang mengenyangkan.

Pemandian Air Panas Mineral Seongmodo Ganghwado
☞ Alamat:
865-17, Samsannam-ro, Ganghwa-gun, Incheon (인천광역시 강화군 삼산면 삼산남로 865-17)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 35 menit atau bus sekitar 1 jam 45 menit dari Terminal Ganghwa
☞ Jam operasional: 07:00-21:00
* Tutup pada hari Selasa pertama dan ketiga setiap bulan
☞ Tiket masuk: Dewasa 9,000 won / Anak-anak 6,000 won / Warga senior 6,000 won
* 2.000 won dibebankan secara terpisah untuk pakaian sewaan
* Dewasa (usia 8-64 tahun) / Anak-anak (usia 3-7 tahun) / Warga senior (usia 65 tahun ke atas)
* Bayi (usia 2 tahun ke bawah) masuk gratis dengan bukti usia
* Warga senior harus menyerahkan bukti usia untuk menerima diskon
* Makanan tidak diperbolehkan di pemandian air panas (minuman diperbolehkan)
☞ Fasilitas utama: Kolam renang luar ruangan (15), kolam renang dalam ruangan, ruang tanah liat merah, observasi atap, tempat mandikaki, dll.
☞ Pertanyaan: +82-32-930-7053 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.ghss.or.kr (Khusus bahasa Korea)

Splas Resom (Deoksan)

Splas Resom (Deoksan) (Sumber: Splas Resom (Deoksan)

Splas Resom adalah taman bermain air panas sepanjang tahun yang terletak di Yesan, hanya satu setengah jam menuju selatan dari Seoul. Taman bermain ini memiliki lebih dari 20 kolam spa dan seluncuran yang tersebar di area seluas 25.000㎡. Objek wisata air meliputi kolam bade menggunakan air mineral Germanium 49 ℃, lazy river, dan kolam ombak dengan gelombang mencapai 1,8 meter. Salah satu fitur terbaik dari Splas Resom adalah Vital Therapy Centre, yang menawarkan program oleh ahli terapi untuk liburan yang santai dan menyegarkan.

Splas Resom (Deoksan)
☞ Alamat:
45-7, Oncheondanji 3-ro, Yesan-gun, Chungcheongnam-do (충청남도 예산군 덕산면 온천단지3로 45-7)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekitar 40 menit dari Stasiun Sapgyo
* Bus berangkat dari Seoul di Terminal Bus Central City dan Terminal Seoul Nambu
☞ Jam operasional
- Zona spa indoor taman air: Hari kerja 06:00-20:00 / Akhir pekan 09:00-21:00
- Sauna: Hari kerja 06:00-20:00 / Akhir pekan 09:00-22:00
☞ Tiket masuk: Dewasa 48,000 won / Anak-anak 33,000 won
* Biaya yang sama berlaku setiap hari
* Dewasa (usia 13-64 tahun) / Anak-anak (usia 3-12 tahun)
* Bayi (usia 2 tahun ke bawah) masuk gratis dengan bukti usia
* Diskon 30% untuk taman air dan sauna untuk warga senior (usia 65 tahun ke atas) dengan bukti usia
☞ Fasilitas utama: Taman bermain air panas (spa dalam ruangan - kolam renang / spa luar ruangan - taman air), Vital Therapy Centre (pria, wanita, pasangan), dll.
☞ Pertanyaan: +82-41-330-8000 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.resom.co.kr/spa (Khusus bahasa Korea)

Yangyang Ocean Play Pantai Sol

Yangyang Ocean Play Pantai Sol (Sumber: Yangyang Ocean Play Pantai Sol)

Terletak di pantai timur, Yangyang Ocean Play Pantai Sol dibagi menjadi zona dalam dan luar ruangan. Meskipun taman air ini buka sepanjang tahun, sangat disarankan untuk menggunakan spa di musim dingin. Taman menjadi sangat populer ketika berita tentang zona luar ruangan bersih yang menghadap ke Laut Timur menyebar dari mulut ke mulut. Eksterior taman dirancang dengan motif Park Güell, dirancang oleh jenius arsitektur Catalan Gaudi, bersama dengan garis melengkung menyerupai gelombang laut. Zona dalam ruangan juga menyediakan pemandangan Laut Timur sambil melindungi pengunjung dari cuaca. Jika kamu ingin pijat sambil bersantai, cobalah sistem pijat air di zona spa. Dan yang terbaik dari semuanya, program kolam bade sudah termasuk dalam tiket masuk!

Yangyang Ocean Play Pantai Sol
☞ Alamat:
678, Seonsayujeok-ro, Yangyang-gun, Gangwon-do (강원도 양양군 손양면 선사유적로 678)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit dari Terminal Bus Antarkota Yangyang 
* Shuttle bus dari Seoul (Stasiun Kompleks Olahraga Jamsil) tersedia; lihat situs web untuk detailnya
* Sekitar 40 menit dengan taksi dari Stasiun Gangneung
* Bus berangkat dari Seoul di Terminal Bus Ekspres Seoul dan Terminal Bus Dong Seoul
☞ Jam operasional
- Zona aqua indoor: Hari kerja 10:00-18:00 / Akhir pekan & hari libur 10:00-19:00
- Zona aqua outdoor & seluncur outdoor: 10:00-17:00
- Sauna air laut: Hari kerja 07:00-20:00 / Akhir pekan & hari libur 06:30-20:30
- Martherapy: Hari kerja 10:00-18:00 (Kunjungan terakhir: terapi lengkap 17:00 / terapi setengah 18:00) / Akhir pekan & hari libur 10:00-20:00 (Kunjungan terakhir: terapi lengkap 18:00 / terapi setengah 19:00)
* Terapi lengkap (Terapi Lumpur, Watsu, Enzim & Suara) / Terapi setengah (Terapi enzim & Suara)
* Jam berlaku hingga 31 Desember 2019; lihat situs web untuk pembaruan nanti
☞ Tiket masuk: Dewasa 36,000 won / Anak-anak 31,000 won
* Biaya berlaku hingga 31 Desember 2019; lihat situs web untuk pembaruan nanti
* Biaya terpisah berlaku untuk penyewaan dan penjualan baju renang
* Dewasa (usia 13-64 tahun) / Anak-anak (usia 3-12 tahun)
* Bayi (usia 2 tahun ke bawah) masuk gratis dengan bukti usia
* Diskon 30% dan 40% untuk akhir pekan & hari kerja masing-masing untuk warga senior (usia 65 tahun ke atas) dengan bukti usia
☞ Fasilitas utama: Zona indoor, zona outdoor, martherapy, sauna air laut, snack bar, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1588-4888 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.daemyungresort.com (Khusus bahasa Korea)

Deokgu Spaworld

Deokgu Spaworld (Sumber: Deokgu Spaworld)

Deokgu Spaworld di Uljin adalah satu-satunya pemandian air panas di Korea tempat air secara alami naik ke permukaan. Setiap hari, hampir 2.000 ton air mengalir melalui taman air ini, membuat resor ini mendapatkan gelar "pemandian air panas terbaik" di Gyeongsangbuk-do. Air mencapai suhu lebih dari 42,4 ℃ dan penuh dengan mineral seperti kalsium dan kalium. Kualitas ini memberikan sifat penyembuhan air, bermanfaat dalam mengobati berbagai ketidaknyamanan kulit dan kesehatan, seperti neuralgia, radang sendi, nyeri otot, dan masih banyak lagi.

Daya tarik utama Deokgu Spaworld lainnya adalah lokasinya di lereng Gunung Eunbongsan. Kolam renang terbuka menawarkan pemandangan indah formasi batuan yang fantastis dan air jernih yang mengalir melalui lembah di bawah. Resor ini sangat baik untuk keluarga, karena dilengkapi dengan kolam renang anak-anak, tempat berjemur luar ruangan, kolam melati, sauna kayu, dan masih banyak lagi.

Deokgu Spaworld
☞ Alamat:
924, Deokguoncheon-ro, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 울진군 북면 덕구온천로 924)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus sekita 35 menit dari Terminal Bugu
* Bus berangkat dari Seoul di Terminal Bus Dong Seoul
☞ Jam operasional
- Spa: Hari kerja 10:00-19:00 / Akhir pekan & hari libur 09:00-20:00
* Peak season musim panas (20 Juli - 20 Agustus & periode liburan Chuseok): Setiap hari 09:00-20:00
- Pemandian air panas: 06:00-22:00
* Spa (Spa indoor & outdoor, taman air) / Pemandian air panas (kolam air panas besar, fasilitas mandi)
☞ Tiket masuk
- Spa (Hari kerja off season): Dewasa 18,000 won / Anak-anak 12,000 won
- Spa (Akhir pekan & hari libur off season): Dewasa 28,000 won / Anak-anak 19,000 won
- Spa (Peak season): Dewasa 35,000 won / Anak-anak 26,000 won
* Biaya tambahan berlaku untuk penggunaan fasilitas, termasuk ruang spa pribadi dan penyewaan baju renang
* Dewasa (usia 13 tahun ke atas) / Anak-anak (usia 2-12 tahun)
* Bayi (usia 1 tahun ke bawah) masuk gratis dengan bukti usia
☞ Fasilitas utama: Spaworld (kolam renang outdoor, theraqua, action spa, tempat tidur tanning, seluncur anak-anak), kolam air panas besar, hotel, kondominium, dll.
☞ Pertanyaan: +82-54-783-0811 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.dukgu.com (Khusus bahasa Korea)

Spa Ginseng Merah Jinan

Spa Ginseng Merah Jinan (Sumber: Spa Ginseng Merah Jinan)

Spa Ginseng Merah Jinan terletak di kaki Gunung Maisan di Jinan, wilayah yang terkenal dengan ginseng merah. Ini adalah satu-satunya spa obat ginseng merah di Korea, mengikuti pedoman Donguibogam, sebuah ensiklopedia tentang prinsip-prinsip dan praktik kedokteran Timur. Spa dibagi menjadi spa umum dan spa destinasi, program perawatan sistematis yang kini sangat populer. Berbagai program terapi berlangsung di kamar pribadi, dan berkisar dari terapi herbal hingga termal, kolam bade, aroma, dan hampir 10 perawatan unik lainnya. Spa umum populer di kalangan keluarga, dengan tempat-tempat seperti kolam renang terbuka di atap atau kolam renang taman langit, yang menawarkan pemandangan Gunung Maisan yang dapat dinikmati sambil bersantai.

Spa Ginseng Merah Jinan
☞ Alamat:
16-10, Oesayang-gil, Jinan-gun, Jeollabuk-do (전라북도 진안군 진안읍 외사양길 16-10)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit atau bus sekitar 10 menit dari Terminal Bus Antarkota Jinan
☞ Jam operasional: 09:30-20:30
* Kunjungan terakhir 17:00 pada hari Senin terakhir setiap bulan
* Hari-hari tutup awal untuk tahun 2020: 17 Feb, 23-27 Mar, 27 Apr, 25 Mei, 29 Jun, 13 Jul, 24 Agu, 28 Sep, 26 Okt, 30 Nov, 14 Des (Dapat berubah sewaktu-waktu; lihat situs web untuk detailnya)
☞ Tiket masuk
- Hari kerja: Dewasa 39,000 won / Anak-anak 30,000 won / Warga senior 30,000 won
- Akhir pekan: Dewasa 43,000 won / Anak-anak 34,000 won / Warga senior 34,000 won
* Dewasa (usia 13-64 tahun) / Anak-anak (usia 4-12 tahun) / Warga senior (usia 65 tahun ke atas)
☞ Fasilitas utama: Sekitar 10 program terapi yang berbeda, Hotel Hongsamville, gedung pertemuan (Gedung Gaonnuri), restoran Hongsamville, snack bar, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1588-7597 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.redginsengspa.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Info lebih lanjut

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada November 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post