National Center for Forest Therapy, Gimcheon

National Center for Forest Therapy, Gimcheon

Berada di dekat puncak Gunung Sudosan, Pusat Nasional Terapi Hutan Gimcheon ini resmi dibuka pada musim semi 2019. Jika berpartisipasi dalam tur hutan, Anda akan bisa menjelajahi setiap sudut hutan seperti Kolam Sesimji, jalan setapak pohon pinus, hutan pohon birch, lahan basah berbentuk Semenanjung Korea, dll. Pusat Nasional Terapi Hutan ini memiliki ragam program penyembuhan yang bisa disesuaikan dengan tipe pengunjung antara lain “Sudosan Go Back Forest Tour” untuk lansia, “Sudosan Irum Forest Tour” untuk remaja, serta “Touring Forest Healing Therapy” untuk karyawan dan kelompok kurang mampu. Terapi Tubuh Sudosan, Terapi Pikiran, dan Terapi Wellness merupakan program khas tempat ini yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.  

Lautan Indah Pohon Birch Yang Bersinar Terang

Pintu masuk ke jalur hutan ini di tepat di belakang Pusat Penyembuhan Hutan. Hutan Pohon Birch akan terlihat setelah Anda berjalan melewati Area Meditasi Hutan, Taman Botani Endemik, dan Paviliun Sesimjeong. Sebagai spot turis paling populer di tempat ini dengan luas sekitar 70,000m2, tempat ini membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk menjadi hutan pohon birch seperti sekarang. Pohon asli Eropa Utara, Siberia, dan Korea ini merupakan spesies pohon dengan kulit berwarna putih dan dahulunya digunakan sebagai pemantik lilin. Berkulit keras dan berwarna putih, kayu pohon ini banyak digunakan untuk membuat furnitur mewah. Pemandangan terbaik hutan pohon birch dapat ditemukan pada musim dingin dengan latar hamparan salju, tetapi Anda juga bisa menemukan pesona lainnya di musim panas dengan hamparan daun hijau dan musim gugur dengan hamparan daun kuning. 

Jalur Hutan Pinus

Jalur hutan dari Observatorium Birch ke lahan basah berbentuk Semenanjung Korea memiliki cekungan yang cukup datar. Karena tidak di-paving dan tidak rata, Anda jadi merasakan sensasi serasa berjalan di tengah gunung. Di sekitar lahan basah berbentuk Semenanjung Korea terdapat hamparan bunga liar dataran tinggi yang menakjubkan. Jika meneruskan perjalanan, Anda akan menemukan observatorium dengan panorama menenangkan. Semakin turun ke bawah, hutan rimbun berisi pohon pinus, birch, mapel, blunt-lobed spicebush, dan fir tersusun harmonis memanjakan mata. Perjalanan Anda akan berakhir di jalur kayu pohon pinus buatan yang selaras dengan alam. Apabila memutuskan untuk mengubah rute ke arah tengah, Anda akan tiba di Area Istirahat Mulsori (suara air). Area ini terasa sejuk sepanjang tahun dikarenakan kelembabannya yang tinggi. Setelah beristirahat sejenak di paviliun, telusurilah bebatuan di sungai kecil dan Anda akan Kembali ke Pusat Penyembuhan Hutan.

 

                                                                              ©경북나드리

Catatan:

Ragam Cara Menikmati Pusat Nasional Terapi Hutan

Meskipun cukup tinggi dengan ketinggian 1,317m dpl, Gunung Sudosan tidaklah seterkenal Gunung Gayasan dan Gunung Deogyusan sehingga masih belum banyak terjamah public. Tidak jauh dari tempat ini terdapat Kuil Cheongamsa tempat Ratu Inhyeon tinggal setelah dilengserkan. Karena puncak Gunung Sudosan dapat dicapai menggunakan mobil, ada banyak fotografer amatir datang untuk memotret lautan awan ataupun Milky Way

INFORMASI

  • +82-54-435-3412-3
  • 10:00-12:00; 14:00-16:00
  • Wajib reservasi (telepon)
  • Program Umum : 
    Individu (5 orang atau lebih) KRW 10,000
    Grup ( 20 orang atau lebih) KRW 8,000
    Forest Prenatal Education KRW 7,000 (hanya untuk penduduk Gimcheon, wajib menunjukkan kartu penduduk)
  • 1237-89, Sudo-gil, Jeungsan-myeon, Gimcheon-si, Gyeongsangbuk-do
  • www.fowi.or.kr 
Share This Article

Related Post