Pasar Namdaemun, Surganya Belanja Oleh-Oleh Murah di Korea

Pasar Namdaemun, Surganya Belanja Oleh-Oleh Murah di Korea

 

Jalan-jalan ke Korea tentunya harus membawa buah tangan saat pulang untuk dibagikan kepada keluarga dan teman-teman. Jangan bingung, cukup ke Pasar Namdaemun kalian bisa membeli banyak oleh-oleh untuk kerabat.


Pasar Namdaemun letaknya berseberangan dengan Namdaemun Gate atau Sungnyemun Gate. Gerbang ini pernah dilalap api pada tahun 2008 dan membutuhkan waktu 5 tahun untuk dikonstruksi ulang sehingga baru dibuka kembali pada tahun 2013. Di tempat ini, kalian bisa berfoto ria dahulu karena masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Namdaemun Gate yang terlihat dari pintu masuk Pasar Namdaemun | Foto: Runi / Korea IYAA


Setelah puas berfoto silakan menyeberang lewat zebra cross dan tetap berhati-hati saat menyeberang jalan karena jalanan di tempat ini cukup padat. Pasar Namdaemun termasuk pasar tradisional, tapi jangan dibandingkan dengan pasar tradisional di Indonesia. Pasar Namdaemun tidak bau amis sama sekali padahal di dalam pasar juga banyak menjual makanan-makanan laut.

Berbeda dengan pasar-pasar tradisional di Jakarta yang kesannya kotor, di Pasar Namdaemun kalian akan menemukan jalan-jalan yang bersih dan para pedagang yang ramah. Tempat ini memang ramai dengan turis mancanegara sehingga saat Korea IYAA ke pasar ini, tidak jarang kami melihat beberapa turis berkerudung ataupun berambut pirang.

Tidak jauh dari pintu masuk, kita bisa melihat toko Nature Republic dan beberapa toko yang menjual berbagai souvenir, makanan dari Tiongkok, tas, dan pakaian. Untuk membeli souvenir, Korea IYAA merekomendasikan untuk membeli di dalam gedung yang ada di dalam pasar. Di luar gedung pasar, kalian bisa membeli kaos-kaos yang dibanderol seharga 10.000 won untuk 3 buah kaos.

 
Salah satu rumah makan sea food di Pasar Namdaemun | Foto: Runi / Korea IYAA


Jika hari siang dan kalian telah lapar, kalian bisa memasuki bagian terdalam pasar di bawah gedung. Ada beberapa tempat makan yang menjual makanan laut yang cocok bagi muslim yang kesulitan mencari makanan halal. Korea IYAA tidak bisa menjamin rumah-rumah makan tersebut halal, tetapi karena menu utamanya adalah makanan laut mudah-mudahan makanan tersebut baik untuk umat muslim.

Lalu di mana kita bisa mencari souvenir-souvenir murah? Masuklah ke gedung C atau D. Korea IYAA menyempatkan diri ke gedung D dan menemukan berbagai toko dengan souvenir-souvenir yang murah di lantai 2. Kami juga menemukan toko yang penjaga tokonya bisa berbicara sedikit bahasa Melayu dan Indonesia.

Nama toko tersebut adalah Toko Bok Min Sa, eonni penjaga tokonya sangat ramah dan mereka biasanya memberikan minuman seperti yakult secara gratis untuk para pelanggan. Kalian mungkin akan kesulitan meminta diskon, tetapi harga yang diberikan memang sudah murah dan biasanya akan diberi potongan harga setelah kalian selesai membeli.

Di samping Toko Bok Min Sa juga ada toko yang cukup lengkap barang dagangannya. Dijaga oleh ibu-ibu tua yang ramah pula, para pelanggannya diberi minuman vitamin dan ia juga tidak segan memberikan potongan harga untuk barang dagangannya. Hati-hati ya Chingudeul jangan sampai kalap saat melihat barang-barang lucu di toko-toko ini.

 

 

 

 

Foto: Runi / Korea IYAA

Di lantai atas kalian juga bisa membeli alat-alat memasak dan makan utensil ala Korea. Di toko souvenir memang dijual alat makan besi, tetapi harganya murah dan agaknya lebih cocok dijadikan pajangan. Di lantai 3 kalian bisa membeli sumpit dan sendok besi/utensil ala Korea yang kualitasnya lebih bagus. Selain itu, dijual pula gelas-gelas utensil yang juga cocok menjadi oleh-oleh.

Pilihan oleh-oleh lainnya di Pasar Namdaemun masih banyak, kalian bisa membeli kaos kaki made in Korea yang lucu-lucu dan biasanya dibanderol seharga 1.000 won sepasang. Jika kalian membeli 10 pasang, kalian bisa mendapatkan sepasang kaos kaki gratis.

Oleh-oleh hasil berburu di pasar Namdaemun | Foto: Runi / Korea IYAA

Di Pasar Namdaemun, kalian juga bisa membeli obat-obatan herbal seperti sari ginseng atau teh ginseng. Hati-hati jangan sampai tertukar dengan produk Tiongkok ya. Di pasar ini, kami tidak menemukan toko kosmetik selain Nature Republic. Kalian bisa membeli mask sheet di Nature Republic yang paling murah biasanya dibanderol seharga 9.500 won / 20 buah (1+1). Untuk para muslimah, Korea IYAA tidak bisa menjamin produk-produk Nature Republic halal.
 

Nah Chingudeul, jangan pusing memikirkan oleh-oleh, cukup ke Pasar Namdaemun. Selain di pasar ini, kalian hanya perlu memikirkan barang untuk diri kalian sendiri dan nikmatilah pesona Korea sesuka hati kalian. 

Share This Article

Related Post