Pasar Tongin, Jajanan Unik dengan Sistem Dosirak

Pasar Tongin, Jajanan Unik dengan Sistem Dosirak

 

Pasar Tongin saat ini menjadi destinasi wisata yang banyak diincar oleh para pelancong mancanegara. Apalagi Pasar Tongin juga sempat muncul di acara SBS "Running Man" dan MBC "Infinite Challenge".


Pasat Tongin letaknya dekat dengan Istana Gyeongbok atau Gyeongbokgung. Dengan demikian, Pasar Tongin bisa dijadikan tempat untuk makan siang setelah kunjungan pagi hari di Gyeongbokgung dan Gwanghwamun Square. Pasar Tongin bisa didatangi dengan berjalan kaki dari Stasiun Gyeongbokgung (Exit 2) ke arah utara kira-kira 700 m.

 

 

Foto: Runi / Korea IYAA

Foto: teachingtravel


Sistem dosirak di Pasar Tongin sangat unik, kalian perlu ke kasir yang ada di community center atau bisa juga ke ujung lorong Pasar Tongin untuk mendapatkan tempat makan dan alat tukar di pasar ini. Dengan merogoh kocek sebesar 5.000 won, kalian akan mendapat tempat makan dan 10 koin logam.

Jajanan yang dijajakan rata-rata seharga 2 koin, tapi ada juga beberapa yang harganya 1 atau 3 koin. Meski kebanyakan pedagang ikut dengan sistem dosirak ini, kalian tetap bisa membeli makanan dengan uang biasa. Beberapa makanan yang dijajakan adalah tteokpokki, kimbab, jeon, kimchi, japchae, mandoo, geranmari, buah-buahan, dll.

 

 



 

 

Foto: Runi / Korea IYAA

Jika kalian ingin menambah nasi, sisihkan 2 koin untuk ditukarkan dengan koin di community center atau dikenal juga dengan nama kafe dosirak. Jika kalian telah mengisi tempat makan, kalian langsung bisa menuju ke kafe dosirak. Di tempat ini, kalian bisa mengambil air minum gratis dan peralatan makan. Tempatnya di lantai 2 dan 3 sangat sempit sehingga pengunjung diminta untuk tidak berlama-lama agar pengunjung lain bisa segera makan.

Selesai makan, para turis diminta diminta untuk merapikan sendiri sisa makanannya. Sebelum pintu keluar akan ada beberapa bak yang fungsinya untuk membuang makanan sisa dan menaruh sumpit/sendok.

Foto: Runi / Korea IYAA

Foto: whatsstewin.blogspot

Setelah puas makan di Pasar Tongin, tentunya kalian perlu bergerak sedikit lagi, bukan? Nah, tidak ada salahnya kalian mencoba berjalan santai menyusuri jalan Cheongwadae (Blue House) yang dindingnya unik dan di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon yang menyejukkan mata. Jangan berjalan terlalu jauh ke arah dalam ya Chingudeul, ada beberapa penjaga keamanan yang mungkin justru membuat para pejalan kaki tidak nyaman lagi.

Kelihatan seru bukan mencoba jajanan unik di Pasar Tongin? Perlu diingat, Korea IYAA merekomendasikan tempat ini dikunjungi saat bukan hari libur karena saat libur tempat ini sangat ramai. Yuk, catat tempat ini sebagai destinasi wisata saat kalian berkunjung ke Korea nanti.

 

 

 

Share This Article

Related Post

Eri Ariyanto

Mamiek Utariawaty

Suviani Xu

Amanda

Yunda Ari

Pasar Tradisional