Rahasia Korea: Jalan-Jalan yang Sedang Nge-trend

Rahasia Korea: Jalan-Jalan yang Sedang Nge-trend

Jalan Haeridan-gil

Itaewon, yang dikenal karena ke-multikultur-annya, tidak dianggap sebagai salah satu tempat paling trendi di Seoul. Namun, dari sumber yang tidak terduga ini datang beberapa jalan trendi Korea yang sedang naik daun, semuanya mengikuti jejak Jalan Gyeongnidan-gil. Terletak di sepanjang sisi jalan sempit Itaewon, jalan ini dipenuhi dengan kafe-kafe kecil, restoran-restoran internasional, toko-toko aksesoris yang unik, dan banyak lagi. Di Jalan Gyeongnidan-gil, dan jalan-jalan yang serupa di seantero negeri, jumlah keseluruhan lebih berharga dibandingkan bagian-bagiannya. Pergilah ke jalan-jalan trendi ini masukkan mereka ke dalam rencana perjalananmu. JANGAN sampai kamu memposting tempat-tempat ini di media sosial; kamu pasti ingin menyimpan mereka untukmu sendiri!

Jalan Mangnidan-gil

Jalan Mangnidan-gil

Jalan Mangnidan-gil, yang terletak di lingkungan Mangwon di Mapo-gu, Seoul, memulai kariernya pada tahun 2015 dan telah meningkat popularitasnya sejak itu. Banyak kafe kecil, restoran, dan toko jalanan telah memenuhi area yang dulunya merupakan zona perumahan ini. Salah satu daya tarik utama jalan trendi ini adalah lokasinya yang dekat dengan Pasar Mangwon. Pasar ini tidak hanya menjual bahan makanan khas dan barang-barang rumah tangga untuk kehidupan sehari-hari, tetapi juga memiliki banyak makanan pasar yang enak. Jangan lupa untuk mencoba kroket buatan tangan!

Tips jalan-jalan di Jalan Mangnidan-gil

- Sebaiknya berjalan kaki saja melewati area Mangnidan-gil, karena tempat parkir di sini terbatas.
- Kebanyakan restoran di sini tidak menerima reserbasi, jadi kamu mungkin harus mengantre pada saat jam makan yang ramai. Beberapa tempat seperti Restoran Taeyang yang sangat terkenal memiliki daftar tunggu, tapi seluruh rombongan harus berada di sana untuk bisa masuk, jika sudah giliranmu.

Jalan Mangnidan-gil
☞ Alamat:
Area 403-7, Mangwon-dong, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 망원동 403-7)
☞ Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Mangwon (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 2

Pasar Mangwon
☞ Alamat:
14, Poeun-ro 8-gil, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 포은로8길 14)
☞ Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Mangwon (Seoul Subway Line 6), Pintu Keluar 2
☞ Jam operasional: 09:00-22:00 
* Buka sepanjang tahun (Hari tutup berbeda berdasarkan toko)
☞ Menu khas: Kroket buatan tangan, gimbap o-twi (Gimbap cumi goreng), dak gangjeong (ayam goreng), eomuk (kue ikan)
☞ Situs web: mangwonsijang.modoo.at (Hanya Bahasa Korea)

Jalan Songnidan-gil

Jalan Songnidan-gil

Di tengah-tengah kantor dan rumah-rumah pribadi yang memenuhi daerah itu, Jalan Songnidan-gil terlihat mencolok dengan barisan kafe dan restoran kecilnya. Meskipun area ini telah memiliki kafe dan restoran sejak dulu, terjadi peningkatan besar setelah pembukaan Lotte World Tower & Mall. Restoran-restoran populer di sepanjang Jalan Songnidan-gil termasuk Restoran Mija, yang menyajikan myeongnan dongaseu (potongan daging babi goreng dengan telur ikan pollack), Gabaedo, Peach Grey, dan banyak lagi. Jalan ini sangat cocok untuk didatangi sebelum atau setelah mengunjungi Taman Naru Songpa.

Tips jalan-jalan di Jalan Songnidan-gil

- Jangan lupa periksa papan informasi di Persimpangan Seokchonhosu, di seberang LG Best Shop. Papan ini menunjukkan keseluruhan area, dengan restoran yang ditandai berdasarkan kategori, termasuk Korea, Barat, Jepang, kafe dan banyak lagi.
- Dapatkan peta restoran di Jalan Songnidan-gil dari Pusat Informasi Pariwisata Songpa di Taman Songpanaru! Peta ini menampilkan informasi tentang 108 restoran dan kafe di sepanjang Jalan Songnidan-gil. Panduan bermanfaat ini tersedia dalam bahasa Korea, Inggris, Jepang, dan Cina.


Jalan Songnidan-gil
☞ Alamat:
Area 23, Baekjegobun-ro 43-gil, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 백제고분로43길 23)
☞ Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Songpanaru (Seoul Subway Line 9), Pintu Keluar 1

Pusat Informasi Wisatawan Songpa
☞ Alamat:
180, Jamsil-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 잠실로 180)
☞ Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Jamsil (Seoul Subway Line 2, 8), Pintu Keluar 6
☞ Situs web (Peta Restoran Songnidan-gil): www.songpa.go.kr (Hanya Bahasa Korea)

Jalan Haengnidan-gil

Jalan Haengnidan-gil

Suwon, yang hanya berjarak satu jam dari ibu kota, adalah kota bersejarah, namun bukan berarti tanpa perubahan. Meskipun Benteng Hwaseong dan Istana Haenggung yang diakui UNESCO mungkin merupakan tempat wisata utama di Suwon, objek wisata terbaru tidak lain adalah Jalan Haengnidan-gil. Jalan kecil di sebelah benteng ini mungkin terlihat agak membosankan pada pandangan pertama, tetapi area tersebut menjadi sangat populer melalui mulut ke mulut dan di media sosial Korea. Ada sekitar 90 toko yang berbeda, masing-masing dengan gaya unik mereka sendiri, dari kafe modern dan pub eksotis hingga studio tembikar dan galeri fotografi hitam putih.

Tips jalan-jalan di Jalan Haengnidan-gil

- Ada banyak cara untuk berkeliling area sekitar Jalan Haengnidan-gil dan Istana Haenggung  Hwaseong, termasuk dengan menyewa sepeda, naik becak, the Kereta Wisatawan Benteng Hwaseong, dan bahkan dengan balon udara! Harga sangat bervariasi, dan beberapa kegiatan mungkin memerlukan ID.

Jalan Haengnidan-gil
☞ Alamat:
Area 43, Hwaseomun-ro, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do (경기도 수원시 팔달구 화서문로 43)
☞ Petunjuk arah: Jalan ke Stasiun Suwon•Halte Bus Novotel Suwon dari Stasiun Suwon (Seoul Subway Line 1, Bundang Line), Pintu Keluar 4 → Naik Bus No. 13, 66, 66-4, atau 700-2 dan turun di Gerbang Janganmun•Halte Bus Pusat Budaya Tradisional Suwon → Jalan sekitar 5 menit

Jalan Hwangnidan-gil

Jalan Hwangnidan-gil

Jalan Hwangnidan-gil di Gyeongju adalah satu lagi bintang yang sedang naik daun di kota yang dipenuhi dengan tempat-tempat bersejarah ini. Sama seperti perjalanan ke Kuil Bulguksa yang tidak akan lengkap tanpa mampir ke Seokguram Grotto, perjalanan ke Kompleks Makam Kuno Daereungwon juga harus mencakup kunjungan ke Jalan Hwangnidan-gil! Jalan ini dengan sempurna menggabungkan pesona tradisional Korea dengan bakat modern melalui kafe-kafe atap yang menghadap ke desa hanok, restoran yang menyajikan masakan rakyat, dan toko-toko yang menjual hanbok bergaya modern. Area ini belakangan terpilih sebagai salah satu dari 100 Objek Wisata yang Harus Dikunjungi versi KTO pada tahun 2019-2020.

Tips jalan-jalan di Jalan Hwangnidan-gil

- Jika memungkinkan, berkunjunglah pada akhir pekan agar kamu juga bisa menikmati Pasar Bebas Gyeongju Bonghwang Jangte. Pasar ini buka setiap hari Sabtu dan Minggu di wilayah utara Kompleks Makam Kuno Daereungwon. Mampirlah untuk menikmati pertunjukan musik, food truck, dan kerajinan tangan.

Jalan Hwangnidan-gil
☞ Alamat:
Area 1080, Poseok-ro, Gyeongju-si, Gyeongsangbuk-do (경상북도 경주시 포석로 1080)
☞ Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gyeongju: Jalan sekitar 20 menit menuju Pusat Informasi Wisatawan Stasiun Gyeongju 
- Dari Stasiun Singyeongju: Naik Bus No. 50, 51, 70, atau 700 dan turun di Persimpangan Seorabeol → Jalan sekitar 15 menit

Pasar Bebas Gyeongju Bonghwang Jangte 2019
☞ Alamat:
33-1, Bonghwang-ro, Gyeongju-si, Gyeongsangbuk-do (경상북도 경주시 봉황로 33-1)
☞ Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gyeongju: Jalan sekitar 15 menit menuju Bank IBK
- Dari Terminal Bus Gyeongju Express: Jalan sekitar 15 menit menuju Persimpangan Seorabeol
☞ Jam operasional (Maret): Sabtu 13:00-19:00 / Minggu 13:00-20:00 
* Jam bervariasi menurut bulan; silakan kunjungi situs web resmi untuk informasi terbaru
☞ Situs web: www.gjbong.com (hanya Bahasa Korea)

Jalan Haeridan-gil

Jalan Haeridan-gil

Jika kamu mencari objek wisata terpopuler di Busan, Jalan Haeridan-gil dekat Pantai Haeundae adalah jawabannya! Sampai tahun 2013, daerah ini adalah desa di sebelah jalur kereta api aktif, membuat orang menjauh. Namun, tempat ini menjadi sangat diinginkan setelah kereta berhenti beroperasi, dan banyak kafe pribadi dibuka. Setiap toko di sini unik dan terpisah, karena awalnya mereka adalah tempat tinggal. Bangunan-bangunan dicat warna-warni, menjadikannya latar belakang foto yang luar biasa!

Tips jalan-jalan di Jalan Haeridan-gil

- Naiklah angkutan umum! Penduduk di sini cenderung menggunakan tempat parkir umum di sana, yang sangat terbatas.
- Kenakan sepatu yang nyaman. Toko-toko di Jalan Haeridan-gil sering berjarak dan dipisahkan oleh rumah-rumah pribadi, jadi menjelajahi tempat ini akan cukup melelahkan.

Jalan Haeridan-gil
☞ Alamat:
Area 533-1, U-dong, Haeundae-gu, Busan (부산광역시 해운대구 우동 533-1)
☞ Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Haeundae (Busan Subway Line 2), Pintu Keluar 1

Info lebih lanjut
☞ Hotline Perjalanan Korea 1330:
+82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Maret 2019, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang disajikan di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post