Rayakan Musim Panas dengan Bir Korea

Rayakan Musim Panas dengan Bir Korea

Bir Korea

Minggir, soju! Dari minum di depan toserba hingga chimaek, salah satu camilan larut malam paling populer di Korea, bir telah menjadi pilihan utama dalam budaya minum modern Korea. Pabrik craft beer di seluruh negerilah yang menciptakan perubahan ini! Meskipun begitu, kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menikmati minuman ini; ada banyak bar dan pub di wilayah Seoul yang menyuguhkan bir daerah!

Info penting tentang bir
Q. Terbuat dari apakah bir?
A. Semua bir dibuat dari berbagai kombinasi empat bahan, yaitu air, malt, hop, dan ragi. Bahan tambahan dapat ditambahkan untuk menambah rasa.

Q. Jenis bir apa saja yang tersedia?
A. Bir sebagian besar diklasifikasikan sebagai ale atau lager. Ale difermentasi pada suhu tinggi 15 hingga 25 derajat Celcius, dan prosesnya memakan waktu sekitar tiga minggu. Ale biasanya memiliki sedikit karbonasi dan rasa yang mirip seperti buah. Lager difermentasi pada suhu sekitar 5 hingga 15 derajat Celcius dan prosesnya memakan waktu hingga enam minggu. Lager dikenal karena rasanya yang dingin dan renyah. Tentu saja, baik ale maupun lager dapat dibagi lagi menjadi bir gandum, bir putih, IPA, bir hitam, dan sebagainya.

Q. Bagaimana perbedaan rasa antara satu jenis bir dan yang lain?
A. Rasa masing-masing jenis bir bergantung pada kombinasi bahan yang tepat. Bir yang lebih ringan termasuk di antaranya pilsener, weiss, dan golden ale. Bir hitam dan bir putih ada di tengah, sementara IPA (bir putih India) dan porter rasanya lebih berat.

Bir daerah

Bir dengan nama daerah

Ada berton-bir bir yang diproduksi secara lokal, tetapi yang paling favorit adalah bir yang memiliki nama daerah, seperti Haeundae yang dinamai dari nama pantai terkenal, atau Hangang, yang mengingatkan pada pemandangan malam musim panas di kota. Bir-bir ini tersedia di tempat perbelanjaan umum dan toko serba ada di seluruh negeri. Beberapa pabrik juga memiliki pub dan restoran di ibukota. Label botol dirancang secara apik agar sesuai dengan nama mereka, membuat bir-bir ini baik untuk dijadikan oleh-oleh dan foto SNS!

Bir-bir utama

- Gwanghwamun: Sebuah bir kuning, Gwanghwamun memiliki rasa yang mirip dengan kopi ringan. Bahan utama untuk rasa bir ini berasal dari malt karamel dan akar rumput lily. Bir ini diproduksi oleh Korea Craft Brewery. 

- Haeundae: Bir ini memiliki sedikit aroma nanas dan rasanya halus. Bir ini juga diproduksi oleh Korea Craft Brewery dan dikemas dalam kaleng agar mudah dinikmati di pantai. 

- Gangseo Mild Ale: Bir ini, yang diproduksi oleh 7bräu, dinamai berdasarkan nama distrik Gangseo-gu di Seoul. Memiliki aroma citrus yang kuat dari jeruk dan mangga. 

- Dalseo Orange Ale: Bir gandum ini dibuat dari campuran gandum dan malt barley. Bir ini memiliki aroma gandum halus dengan sedikit jeruk dan vanila. Bir ini diproduksi oleh 7bräu. 

- Hangang Ale: Bir gandum yang diproduksi oleh 7bräu ini berbusa di bagian atas. Kulit jeruk dicampur dengan malt menciptakan rasa yang segar.

- Jeju Wit Ale: Diproduksi oleh Jeju Beer Company, bir ini menggunakan jeruk keprok yang diproduksi secara lokal untuk menciptakan aroma jeruk dan aftertaste yang manis.

Bir-bir daerah
☞ Lokasi penjualan:
 Mart (Homeplus, Hanaro Mart, dll.), toko serba ada, pub, dll.
☞ Harga: Mulai dari 3,000 won 
* Harga dapat bervariasi tergantung lokasi penjualan

Pub Seoul yang menyajikan craft beer

7bräu Pub

7bräu Pub

7bräu Pub dimiliki dan dioperasikan oleh 7bräu Brewery. Semua bir yang diproduksi tempat pembuatan bir ini tersedia dalam keadaan segar, termasuk Hangang, Gangseo, Dalseo, Jeolla, Seocho, dan Seoul, semua diakui sebagai bir resmi tahun 2017 untuk acara Cheong Wa Dae. Cobalah semua bir untuk menikmati banyak rasa, dari manis, pahit, dan semua rasa lainnya!

7bräu Pub – Cabang Yeouido

☞ Alamat: 9, Gukhoe-daero 74-gil, Yeongdeungpo-gu, Seoul (서울특별시 영등포구 국회대로74길 9)
☞ Jam operasional: 18:00-01:30 
* Tutup hari Minggu
☞ Menu khas: Hangang / Gangseo / Dalseo / Jeolla / Seocho / Seoul 
* Harga dapat berubah
☞ Informasi: +82-70-4117-0770 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.sevenbrau.com (Bahasa Korea, Inggris, Mandarin)

Amazing Brewing Company

Amazing Brewing Company

Amazing Brewing Company memiliki hampir 30 craft beer yang berbeda. Tempat pembuatan bir ini dikenal karena membuat banyak bir eksperimental. Bir terlaris mereka adalah First Love, IPA New England dengan rasa manis buah tropis, dibuat dengan bantuan warga Seongsu-dong; lebih dari 300.000 gelas telah terjual dalam tiga tahun terakhir. Bir dengan nama daerah termasuk Seongsu-dong Pale Ale dan Seoul Forest. Lihatlah proses pembuatan bir sambil menikmati hasil akhirnya!

Amazing Brewing Company
☞ Alamat:
 4, Seongsuil-ro 4-gil, Seongdong-gu, Seoul (서울특별시 성동구 성수일로4길 4)
☞ Jam operasional: Senin-Jumat 18:00-01:00 / Sabtu 16:00-01:00 / Minggu 16:00-24:00
☞ Menu khas: First Love (IPA New England) 6,000 won / Seongsu-dong Pale Ale 5,000 won / Shocking Stout 6,000 won
☞ Informasi: +82-2-465-5208 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: amazingbrewing.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Tap Public

Tap Public

Tap Public adalah restoran pub unik yang menggunakan sistem tag gelang yang digunakan para tamu untuk mengakses minuman dari 60 keran craft beer mereka. Bir berubah setiap musim dan karenanya terdapat banyak pilihan, jadi luangkanlah waktu menjelajah sebelum memilih minumanmu. Setelah menentukan pilihan, ambil gelas dan dekatkan gelangmu pada layar “tap tap". Kamu akan dikenai biaya berdasarkan jumlah yang kamu minum, jadi kami sarankan untuk mencoba bir yang ingin kamu cicipi sebelum mengisi gelas. Pub ini telah berkembang dari lokasi pertama mereka Itaewon ke cabang Gwanghwamun.

Tap Public
☞ Alamat:
 244, Itaewon-ro, Yongsan-gu, Seoul (서울특별시 용산구 이태원로 244)
☞ Jam operasional: Senin-Kamis 14:30-01:00 / Jumat 14:00-02:00 / Sabtu 11:30-02:00 / Minggu 11:30-01:00
☞ Informasi: +82-2-797-4999 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.tappublic.com (Bahasa Korea, Inggris)

Pembuatan bir mikro Seoul

I’HOP Beer

Pabrik bir I’HOP Beer dibuka pada tahun 2017 sebagai tempat pembuatan bir terbesar di Seoul. Pabrik ini dapat membuat hingga delapan batch berisi 20 liter bir dengan 40 orang staf. Mereka juga menawarkan program pengalaman, di mana pengunjung dapat memperoleh pendidikan langsung tentang proses pembuatan bir, dari awal hingga selesai. Proses penuh membutuhkan waktu lima hingga enam jam, tetapi kelas dapat dipersingkat menjadi hanya tiga jam dengan pemesanan terlebih dahulu.

I'HOP Beer
☞ Alamat:
 B1, 243, Baekjegobun-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 백제고분로 243 지하 1층)
☞ Jam operasional: Senin-Jumat 12:00-21:00 / Sabtu-Minggu 09:00-21:00 
* Diperlukan pemesanan sebelum berkunjung
☞ Biaya: Bervariasi berdasarkan program; tanyakan terlebih dahulu 
* Program tersedia untuk perorangan dan kelompok (5 orang)
* Tersedia program lengkap dan program singkat
☞ Registrasi: Dapat dilakukan melalui situs web atau telepon
* Pemesanan harus dilakukan setidaknya satu minggu sebelumnya
* Harus memilih biji-bijian, hop, dan ragi pada saat pemesanan
☞ Informasi: +82-2-415-7942 (Bahasa Korea, Inggris)
☞ Social channel
- Blog: blog.naver.com/ihopbeer (Khusus bahasa Korea)
- Instagram: @ihopbeer (Khusus bahasa Korea)

Camilan bir terbaik

Makanan ringan yang cocok dengan bir

Bir memang enak, tetapi camilan yang sempurna bisa membuatnya jadi lebih enak! Tentu saja, makanan standar seperti ayam dan pizza juga tersedia. Tetapi karena kamu berada di Korea, beranilah sedikit dan coba sesuatu yang baru! Camilan bir paling populer di kalangan anak muda Korea adalah makanan laut kering seperti cumi atau pollack.

Info Lebih Lanjut

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Juni 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post