Taksi di Korea

Taksi di Korea

Foto: Taxis

Taksi begitu nyaman digunakan bagi pengunjung internasional berkat banyaknya pengemudi taksi yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Taksi di Korea dapat dijumpai di beberapa stan taksi area kota besar atau dapat langsung dijumpai di jalan-jalan. Terdapat pula akses panggilan taksi yang dapat kamu lakukan melalui telepon. Namun, taksi panggilan ini memiliki tarif di atas rata-rata dibandingkan taksi yang lalu lalang di jalan.

Tarif dasar setiap taksi akan bervariasi di setiap daerah, namun semua taksi menggunakan tarif kalkulasi yang sama terkait perhitungan waktu dan jarak. Sebagian besar taksi di wilayah Seoul menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun dengan kartu transportasi, namun beberapa jenis taksi di wilayah terpencil hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Ingat dan selalu bawa uang tunai dalam pecahan won jika ingin menggunakan taksi di beberapa wilayah Korea.

l   Klasifikasi Taksi
•    Taksi Standar (Ukuran sedang, sedan)

Taksi standar memiliki warna yang berbeda-beda berdasarkan wilayahnya, taksi standar di Seoul biasanya berwarna jingga, sedangkan sebagian besar area metropolitan lainnya menghadirkan taksi standar berwarna silver.


Foto: Taksi Standar (Credit: SONATA)

•    Taksi Deluxe

Dikenal sebagai “Model taxi” di Korea, taksi ini berwarna hitam dengan tanda kuning di atasnya. Kedua sisi taksi tertulis Deluxe Taxi. Deluxe Taxi menawarkan ruang yang lebih luas bagi penumpang, serta pelayanan yang lebih baik dari taksi standar, ini artinya tarif taksi ini di atas tarif taksi standar, namun tidak ada biaya tambahan untuk perjalanan larut malam. Deluxe taksi biasanya dapat ditemukan di stan depan hotel, stasiun, terminal bus, dan jalan-jalan kota besar.


Foto: Taksi Deluxe (Credit: SK Gas)

•    Taksi Jumbo

Taksi van mampu menampung 6-10 penumpang hingga grup yang lebih besar. Pada layanan pemesanan melalui telepon, taksi ini memberikan pelayanan dalam beragam bahasa. Selain itu, taksi ini dilengkapi dengan mesin pencetak tanda terima serta mesin kartu kredit. Tarifnya sesuai dengan taksi deluxe.

Foto: Taksi Jumbo (Credit: Gwangju-si)

Karena taksi jumbo dan van terlihat serupa, kedua taksi ini sulit dibedakan, tarif van berdasarkan ukuran taksi dan banyaknya bagasi, perhitungan tarifnya juga berdasarkan penawaran dan bukan melalui argo meter. Jika kamu ingin menggunakan taksi jumbo, pastikan untuk mengecek label taksi jumbo pada sisi taksi. 

l   Perbedaan antara  Taksi Van dan Taksi Jumbo

 

Vans Panggilan

Taksi Jumbo

Tarif

Pembayaran dengan metode tawar-menawar berdasarkan ukuran bagasi/kuantitas/berat (Ukuran minimum: 40x40x40 cm / Berat minimum 20 kg) dan jarak perjalanan.

Sama seperti taksi deluxe. Tarif tambahan berlaku saat menggunakan taksi panggilan atau saat melewati jalan tol.

Tanda di Bagian Luar Taksi

Cari taksi yang bertuliskan “VAN”, “CALL VAN”, “용달화물

” atau “콜밴”di sisi taksi maupun atas taksi.

 

“JUMBO TAXI” atau “대형“ yang ada sisi kendaraan.

l   Taksi Internasional 

Korea menghadirkan taksi internasional khusus dengan kehadiran pengemudi yang mampu berkomunikasi dalam beragam bahasa seperti English, Japanese, Chinese. Taksi internasional sekilas terlihat seperti taksi standar, namun pada bagian luarnya bertuliskan “International Taxi” di bagian sisi taksi dan tanda di atasnya.

Foto: Bagian luar taksi internasional (Credit: International Taxi)

l   Informasi Penting

•    Pemesanan: Melalui call center (+82-2-1644-2255 / Korean, English, Japanese), e-mail ([email protected]), dan online.
•    Jam operasional: 24/7 (Call center: Senin-Jumat 09.00-18.00 / Sabtu 09.00-13.00)
•    Tarif:
[Bandara Internasional Incheon – Pusat Kota Seoul] tarif flat berdasarkan 3 zona di Seoul
[Bandara Internasional Gimpo – Pusat Kota Seoul] Dikalkulasikan dengan argo meter sesuai jarak perjalanan
•    Metode pembayaran: Tunai (Korean Won), credit card internasional (Mastercard, Visa, AMEX, Unionpay, JCB) atau Tmoney
•    SItus web: www.intltaxi.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

l   Informasi Meja Informasi Taksi Internasional 

•    Bandara Internasional Incheon: Terminal 1 Arrivals Hall 1F, antara gate 4 & 5 (Meja 23), Terminal 2 Arrivals Hall 1F Gate A, counter sebelah kanan / buka selama 24 jam 
•    Bandara Internasional Gimpo: Terminal 1F penumpang internasional, antara Arrivals Gate 1 & 2 / Buka ukul 10.00-23.00

l   Pemesanan Taksi via Telepon

Penumpang dapat menghubungi taksi kapan pun mereka butuhkan. Tarif tambahan akan ditambahkan untuk pelayanan panggilannya, namun, taksi panggilan dinilai lebih aman dibanding taksi reguler karena nama pengemudi dan plat kendaraan akan langsung diberikan saat pemesanan melalui telepon. Kebanyakan call center memberikan pelayanan dalam bahasa Korea, maka wisatawan asing yang tidak dapat berbahasa Korea akan kesulitan saat melakukan panggilan melalui telepon.

l  Tarif Taksi (Per 1 September 2017)
 

  • Taksi Standar (ukuran sedang)

Tarif Dasar

2.800-3.300 won

Wilayah

Bervariasi berdasarkan wilayah

Kenaikan Tarif

Dikalkulasikan berdasarkan jarak perjalanan

Detail

Biaya tambahan sebesar 20% pada larut malam (00.00-04.00) dan ketika melakukan perjalanan ke luar Kota (di Busan, akan dikenakan 30% tarif tambahan jika ke luar Kota)

 

  • Taksi Deluxe & Jumbo

 

Tarif Dasar

3.200-5.500 won

Wilayah

Bervariasi berdasarkan wilayah

Kenaikan Tarif

Dikalkulasikan berdasarkan jarak perjalanan

Detail

Tidak ada biaya tambahan

-    Credit informasi : Korea National Joint Conference Taxi Association
-    Photo Credit : Seoul Metropolitan Governent

*Halaman ini terakhir diperbarui pada 17 April 2018, maka informasi yang tertera mungkin berbeda dari yang ditampilkan di halaman ini
 

Share This Article

Related Post