Warna-warni Penganan Tradisional Korea

Warna-warni Penganan Tradisional Korea

 

Penganan tradisional Korea memiliki warna-warna yang ceria dan rasa manis bercampur asam. Bisa dinikmati sambil minum teh atau digunakan saat upacara ritual dan acara penting lainnya. Beberapa penganan tradisional Korea bisa dilihat di bawah ini.

Yugwa

 

Yugwa dibuat dengan mencampur tepung beras dengan minuman fermentasi untuk membuat adonannya, lalu dikukus dan adonannya dibentuk menjadi beberapa potong kecil sebelum digoreng dan dilumuri dengan jocheong (sirup gandum) atau madu. Yugwa memiliki tekstur krispi dan gading yang langsung melumer di mulut saat gigitan pertama. Dan lagi, karena rasa manisnya, semua orang dapat menikmati penganan ini tanpa bosan dengan rasanya, Yugwa aslinya berawarna putih, tetapi bahan-bahan alami seperti mugwort, labu manis, dan beras hitam sering juga digunakan untuk membuat variasi warna. Dalam proses pembuatan yugwa, jahe juga ditambahkan untuk meningkatkan rasa dan aroma.

Jeonggwa

 

Jeonggwa (kadang dituliskan juga jeongwa), dibuat dengan merebus buah-buahan segar, akar pohon, atau biji-bijian di dalam madu. Proses pembuatannya menghilang rasa asam buah-buahan itu dan menambah masa hidup buahan tersebut sehingga awet dan dapat dikonsumsi untuk beberapa hari ke depan.

 

Buah dengan kulit tipis kaya akan serat, seperti jeruk nipis, pir, dan aprikot, biasa dipakai untuk dibuat menjadi jeonggwa. Sementara, akar tanaman yang biasa dipakai untuk dijadikan penganan ini diantaranya akar teratai, lobak putih, wortel, ginseng, akar bunga balon, jahe, burdock, dll. Jeonggwa terbaik memiliki warna dan penampilan yang terang. 

Share This Article

Related Post