Kota Bersejarah Gongju

Kota Bersejarah Gongju

Benteng Gongju Gongsanseong (Sumber: Be Marie Korea)

Gongju adalah kota bersejarah di Chungcheongnam-do. Dulunya bernama Ungjin, daerah yang merupakan ibu kota Kerajaan Baekje. Gongju adalah tujuan wisata utama di daerah Chungcheong Selatan. Kota ini penuh dengan objek wisata yang menceritakan sejarah Baekje dan perjuangan selama Era Tiga Kerajaan serta beberapa penjajaran yang menakjubkan dari situs sejarah dan alam.

Anda dapat mengunjungi beberapa Area Bersejarah Baekje yang termasuk dalam delapan situs arkeologi, Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO, dan tersebar di Gongju, Buyeo, dan Iksan.


Jalan-jalan ke mana, ya? 

Kuil Magoksa

Kuil Magoksa (Sumber: Be Marie Korea)

Kuil Magoksa adalah salah satu dari tujuh biara gunung yang terkenal, sansa, di Korea. Kuil ini dibangun pada abad ke-9 ketika Buddhisme Seon mulai menyebar di semenanjung dan telah menjadi pusat penting bagi Buddhisme Korea.

Candi ini memiliki tata letak yang unik dengan aliran yang membaginya menjadi bagian utara dan selatan. Kompleks utara Kuil Magoksa memiliki Daegwangbojeon yang terkenal, aula utama kuil, serta pagoda batu lima lantai yang dihiasi dengan atap bergaya Tibet dan dibangun pada abad ke-14.

Kemudian, kuil tersebut memberikan perlindungan kepada pemimpin kemerdekaan Korea yang terkenal Kim Gu (Baekbeom) di Pertapaan Baengnyeongam setelah dia melarikan diri dari penjara. Saat ini, Anda bisa menemukan pohon juniper di antara Aula Daegwangbojeon dan Aula Eungjinjeon, Kuil Magoksa, yang diyakini telah ditanam oleh Kim Gu pada tahun 1946 ketika Korea dibebaskan dari penjajahan Jepang.

Kuil Magoksa

Alamat: 966, Magoksa-ro, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Pertanyaan: + 82-41-841-6220 ~ 3
Situs web: www.magoksa.or.kr (Bahasa Korea, Inggris)


Desa Hanok Gongju 

Desa Hanok Gongju (Sumber: Be Marie Korea)

Desa Hanok Gongju (juga dikenal sebagai Desa Tradisional Korea Gongju) dibuka untuk Pameran Baekje Dunia yang diadakan pada bulan September 2010. Desa ini dibangun di antara Makam Raja Muryeong dan Museum Nasional Gongju.

Di sini Anda dapat menemukan fasiltas untuk kelompok, individu, fasilitas tambahan, dan pusat perbelanjaan yang dibangun dengan menggunakan arsitektur tradisional Korea, hanok. Bangunannya terbuat dari pohon pinus dan pohon cedar Jepang, yang merupakan bahan konstruksi yang andal dan aman. Anda bisa menemukan sejumlah kegiatan budaya tradisional di sekitar desa, termasuk upacara pernikahan tradisional Korea dalam tradisi keluarga bangsawan.

Desa Hanok Gongju

Alamat: 12, Gwangwangdanji-gil, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Pertanyaan: + 82-41-840-8900
Situs web: www.gongju.go.kr/hanok (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)


Benteng Gongju Gongsanseong

Benteng Gongsanseong (Sumber: Be Marie Korea)

Benteng Gongsanseong adalah benteng kuno yang dibangun pada masa Ungjin (475-538). Situs warisan yang tersisa memberi kita gambaran sekilas tentang teknik konstruksi zaman tersebut. Penggalian telah mengungkapkan wawasan berharga tentang teknik sipil Baekje, serta teknik dan kemajuan yang diperoleh melalui pertukaran budaya Tiongkok kuno dan Jepang.

Panjang dinding benteng kira-kira 2,5 kilometer. Anda dapat menjelajahi area tersebut dengan dua cara berbeda. Yang pertama, mulai dari tempat parkir menuju ke gerbang barat, Geumseoru, dan kemudian berjalan di sepanjang jalur yang tersedia. Atau, mengawali dengan berjalan di jalan semen lalu belok kiri dan menuju ke atas benteng. Area tersebut berisi sekitar 80 lokasi bangunan, jalan, saluran pembuangan, fasilitas waduk, dan banyak lagi.

Benteng Gongju Gongsanseong

Alamat: 280, Ungjin-ro, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Jam operasional: 09:00 - 18:00 (Kunjungan Terakhir pada 17:30)
* Tutup pada hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Pertanyaan: + 82-41-856-7700


Makam Raja Muryeong

Makam Raja Muryeong (Sumber: Be Marie Korea)

Makam Raja Muryeong adalah satu-satunya makam kerajaan yang diidentifikasi dari Periode Tiga Kerajaan. Makam ini menyimpan tubuh Raja Muryeong (memerintah 462-523) dan ratunya serta lebih dari 2.900 artefak. Artefak yang ditemukan termasuk ornamen mahkota kerajaan dan jenis aksesoris lainnya yang menawarkan gambaran berharga tentang tradisi kerajaan pada masanya. Jika Anda tertarik untuk melihat relik dan artefak ini, Anda dapat menemukannya di ruang pameran Makam Kuno Songsan-ri dan di Museum Nasional Gongju.

Raja Muryeong adalah raja ke-25 Baekje. Makam itu ditemukan secara tidak sengaja ketika pipa sedang dipasang untuk mencegah daerah lain terkena banjir. Untuk melestarikan situs warisan budaya penting ini, situs penggalian saat ini ditutup. Namun, Anda dapat melihat rekreasi interior Makam No. 6 dan Makam Kerajaan Raja Muryeong. Daerah tersebut diyakini berisi 17 kuburan dari zaman tersebut. Sampai hari ini, tujuh kuburan telah ditemukan.

Makam Raja Muryeong

Alamat: 37-2, Wangreung-ro, Gongju-si, Chungcheongnam-do (Ungjin-dong1330) 
Jam operasional: 09:00 - 18:00
* Tutup pada hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Pertanyaan: + 82-41-856-3151
Situs web: www.gongju.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)


Museum Nasional Gongju

Museum Nasional Gongju

Museum Nasional Gongju didedikasikan untuk menampilkan dan memberikan pengetahuan tentang sejarah Gongju. Museum ini memiliki sejumlah pameran seperti Balai Makam Kerajaan Raja Muryeong, dan Balai Kebudayaan Prasejarah dan Kuno yang berfokus pada temuan sejarah dari daerah tersebut selama era yang berbeda, mulai dari Zaman Batu.

Anda dapat menemukan berbagai artefak dan harta nasional yang dipamerkan, seperti artefak yang digali dari Makam Raja Muryeong dan artefak Buddha (termasuk beberapa bangunan batu) dari Kuil Daetongsa dan Kuil Seohyeolsa. Di bagian belakang museum, Anda akan menemukan situs Sejarah Jeongjisan, tempat upacara dan ritual peringatan yang dilakukan selama Periode Ungjin Baekje.

Museum Nasional Gongju

Alamat: 34, Gwangwangdanji-gil, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Jam Operasional: Hari kerja 10:00 - 18:00 / Akhir pekan & hari libur 10:00 - 19:00
*Tutup pada hari Senin, 1 Januari, liburan Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Pertanyaan: + 82-41-850-6300
Situs web: gongju.museum.go.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)


Pilihan tempat makan enak!

Gomanaru Dolssambap

Gomanaru Dolssambap

Gomanaru Dolssambap menawarkan berbagai macam hidangan tradisional Korea yang diolah dengan mengutamakan kesehatan pelanggan. Restoran ini memiliki pemandangan indah Benteng Gongju Gongsanseong dan merupakan tempat yang bagus bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati makanan sehat tradisional Korea.

Gomanaru Dolssambap

Alamat: 5-9 Baekmigoeul-gil, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Jam Operasional: 11:00 - 21:00 (Pemesanan terakhir 20:00)
*Tutup hari Senin keempat setiap bulan
Pertanyaan: + 82-41-857-9999
Situs web: www. 고마 나루 .kr (Khusus bahasa Korea)


Edge Hanok Cafe

Edge Hanok Cafe (Sumber: Be Marie Korea)

Edge adalah sebuah kafe dengan bangunan bergaya hanok dimana para pengunjung dapat beristirahat dan memulihkan diri. Mereka menawarkan minuman dan kue-kue yang lezat dan dihias dengan indah. Interior kafe merupakan perpaduan antara desain modern dan tradisional Korea dengan ruangan yang nyaman. Tepiannya terletak dekat dengan Benteng Gongju Gongsanseong, sehingga Anda dapat beristirahat sejenak di sini selama perjalanan.

Edge Hanok Café

Alamat: 12, Minari 2-gil, Gongju-si, Chungcheongnam-do
Pertanyaan: + 82-10-3214-1585
Jam operasional: 12: 00-18: 00 (Tutup hari Senin)
Instagram: @cafe_edge


Info Lebih Lanjut

Penulis: Marie Boes dari Be Marie Korea
Situs Web: www.bemariekorea.com
1330 Korea Travel Hotline: + 82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)


* Kolom ini terakhir diperbarui pada November 2020. Oleh karena itu, informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa detailnya sebelum berkunjung.


Klik di Sini untuk Sumber Artikel 
 

Share This Article

Related Post