Pusat Nasional Kegiatan Kehutanan Jangseong 국립장성숲체원

Pusat Nasional Kegiatan Kehutanan Jangseong 국립장성숲체원

Pusat Nasional Kegiatan Kehutanan Jangseong terdiri atas Pusat Pendidikan Hutan dan Pusat Penyembuhan Hutan. Pusat Pendidikan Hutan terletak di Gunung Bangjangsan, menawarkan program berorientasi kegiatan seperti ecotour, relationship building, dan membuat kerajinan menggunakan elemen-elemen di hutan. Kemudian, Pusat Penyembuhan Hutan terletak di Gunung Chungnyeongsan umumnya berfokus pada kegiatan relaksasi tubuh dan pikiran, serta menyerap energi dari hutan.  

Hutan Rimbun Bentukan Waktu dan Kasih Sayang

Begitu menginjakkan kaki di dalam Pusat Penyembuhan Hutan, Anda akan menemukan pajangan dinding berisikan momen dan hasil pencapaian dari Im Jongguk atau yang dikenal dengan nama pena Chuam. Jika mendaftar ikut program, sesi pengarahan dan perjalanan Anda dimulai di sini. Pada Pusat Promosi Kesehatan, Anda bisa mengecek tekanan darah dan variabilitas detak jantung, serta tes Inbody untuk mengetahui level stres dan usia pembuluh darah, dilanjutkan dengan memilih program yang sesuai untuk diri Anda berdasarkan hasil pemeriksaan. Program di luar ruangan akan dilaksanakan setelah menyelesaikan latihan keselamatan dan terapi teh. Kurang lebihnya, Anda menikmati secangkir teh sembari mendengarkan tips-tips keselamatan tentang bagaimana menanangani berbagai risiko yang mungkin timbul dalam kegiatan di hutan seperti serangga dan tumbuhan mematikan, serta ular. Ada sekitar 7 jalur hutan disediakan di sini untuk kegiatan umum yaitu: dua jalur Sumnaeeum (Aroma Hutan), jalur Mulsori (Suara Air), jalur Sanso (Oksigen), jalur Haneul (Langit), jalur Geongang (Kesehatan), dan jalur Maenbal (Tanpa Alas Kaki). Dibutuhkan waktu sekitar 30-90 menit untuk menyelesaikan program. Hutan ini memiliki area mandi angin, kursi, dan bangku kayu di setiap sudutnya, sehingga Anda bisa beristirahat sejenak, berbaring di hutan, dan menikmati alam dengan santai. 

Photo_Korea Forest

©Korea Forest Welfare Institute

Ragam Customized Programs

Pusat Penyembuhan Hutan menawarkan program tingkat lanjut yang disesuaikan dengan target pengunjung semisal dewasa, keluarga, pemuda, orang tua, pasien, dan institusi. Setiap program bisa saja memasukkan kegiatan dari berbagai pilihan seperti terapi teh, meditasi aroma di geosmin, meditasi menggunakan hammock di hutan cemara, yoga di hutan cemara, latihan qigong, jalan ala Nordik, rendam kaki dengan cemara kering, membasuh kaki, rekreasi tali, dan terapi hutan untuk menstimulasi panca indera. Tersedia 50 aktivitas yang dapat dipilih dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk menyelesaikan 1 aktivitas. Anda dapat mendesain program sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan yang diperlukan. Tujuan utama dari setiap program adalah menciptakan ketenangan dan memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran Anda sehingga stabilitas emosional dapat tercapai. Dikarenakan semua aktivitas dilaksanakan di hutan cemara, Anda dapat menerima energi baik dan menghirup zat-zat yang bagus untuk tubuh hanya dengan bernapas saja. 

Photo_Ragam Customized Programs

©한국산림복지진흥원 국립장성숲체원 facebook

Catatan:

Tips Menggunakan GPS Mobil

Untuk mencapai Pusat Penyembuhan Hutan ini menggunakan mobil, Anda harus memasukkan kata kunci “Baengnyeon-dong Cypress Farm” bukan “National Center for Forest Activities, Jangseong” di sistem navigasi. Bisa juga dengan memasukkan alamat :” 555, Chuam-ro, Seosam-myeon, Jangseong-gun, Jeollanam-do”. Jika memasukkan kata kunci “National Center for Forest Activities, Jangseong”, sistem navigasi mobil Anda akan mengarahkan tujuan ke Pusat Pendidikan Hutan di Gunung Bangjangsan.

INFORMASI

  • +82-61-399-1800
  • Buka tergantung reservasi
  • Wajib reservasi
  • Pusat Penyembuhan Hutan KRW 10,000 (KRW 8,000 untuk grup)
    Pusat Pendidikan Hutan KRW 8,000 (KRW 7,000 untuk grup)
    Akomodasi selama low season & weekdays : Kamar 2 lantai KRW 100,000 (maks. 10 orang), Kamar 1 lantai KRW 64,000 (maks. 7 orang)
  • Pusat Pendidikan Hutan 353, Bangjang-ro, Bugi-myeon, Jangseong-gun, Jeollanam-do. Pusat Penyembuhan Hutan 555, Chuam-ro, Jangseong-gun, Jeollanam-do.
  • jangseong.fowi.or.kr 
Share This Article

Related Post