Rekreasi Edukatif Sambil Menikmati Keindahan Alam

Resort Spa Valley: Nature Park, Daegu

Alamat: 891, Gachang-ro, Gachang-myeon, Dalseong-gun, Daegu (SpaValley)
Telepon: +82-53-608-5065
Jam Operasional: 10.00-18.00 (Hari kerja), 10.00-20.00 (Akhir pekan dan hari libur)
Instagram: @spavalley

• Kebun binatang dan arboretum Indoor-Outdoor
  • Pengalaman interaktif dengan hewan
  • Program edukatif untuk segala umur
  • Area besar dan dipenuhi dengan berbagai pilihan aktivitas
  • Ruang yang masih alami dan udara bersih

Resort Spa Valley: Nature Park merupakan perpaduan antara arboretum dan kebun binatang. Dengan koleksi lebih dari 50 spesies hewan dan lebih dari 350 spesies tanaman, menjadikan Resort Spa Valley: Nature Park tempat rekreasi yang sangat edukatif dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Beroperasi mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 (dan 20.00 Waktu Korea Selatan (WIB+2) di akhir pekan), pengunjung dapat menikmati Resort Spa Valley: Nature Park dari pagi hingga malam dengan ambience yang berbeda-beda.

Nature-1 Nature-2
Resort Spa Valley: Nature Park selalu memiliki tema-tema khusus di perayaan maupun musim-musim tertentu. Misalnya, tema Halloween Festival pada Bulan Oktober, tema Miracle Christmas di bulan Desember, dan tema Flower Festival di musim semi. Program-program yang ditawarkan dalam setiap tema pun berbeda-beda mengikuti tema yang sedang berjalan saat itu.

RESERVASI
Pembelian tiket masuk Resort Spa Valley: Nature Park dapat dilakukan via online maupun offline. Pembelian secara online dapat beberapa website dan aplikasi e-commerce yang biasa menjual tiket masuk untuk tempat-tempat wisata di Korea. Sedangkan pembelian secara offline dapat dilakukan melalui loket tiket yang berada di pintu masuk Resort Spa Valley: Nature Park.

TRANSPORTASI
Berangkat dari Busan, saya dan keluarga menempuh jarak sekitar 120 km atau sekitar 1.5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Opsi dengan kendaraan umum dari kota besar lain seperti Busan dan Seoul dapat ditempuh dengan menggunakan Kereta SRT dan KTX Menuju Stasiun Dong-Daegu atau dengan kereta Mugunghwa dan ITX menuju Stasiun Daegu.

Dari Stasiun Dong-Daegu, cara termudah adalah dengan menggunakan taksi yang memakan waktu sekitar 20 menit. Biaya yang akan dibayarkan sekitar KRW 12,000 (di tahun 2021). Cara selanjutnya, dari Stasiun Dong-Daegu kita dapat menggunakan bus nomor 413. Opsi ini akan memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Sedangkan dari Stasiun Daegu, cara termudah juga dapat ditempuh dengan taksi, biayanya sekitar KRW 12,000 (di tahun 2021), dan memakan waktu sekitar 20 menit. Dengan bus kita dapat menaiki express bus nomor 2, dan akan memakan waktu sekitar 50 menit. Cara yang kedua merupakan cara yang lebih terjangkau.

EXPERIENCE

Pintu Masuk
Beberapa hari sebelum berkunjung ke Resort Spa Valley: Nature Park, saya telah terlebih dahulu membeli tiket masuknya secara online. Sesampainya di sana, saya hanya perlu men-scan barcode yang saya terima, atau memasukan nomor telepon yang saya gunakan untuk membeli tiket tersebut ke mesin self-ticketing. Setelahnya saya mendapatkan secarik kertas yang menjadi tiket masuk untuk saya, suami dan kedua putri kami.

Nature-3

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, pada Bulan Oktober ini, Resort Spa Valley: Nature Park menggelar tema Halloween Festival.  Tiket yang saya beli merupakan tiket khusus Halloween yang sudah termasuk dengan Game Money, alat tukar yang dapat digunakan untuk bermain mini games di area festival nanti. Setiap tiket mendapatkan dua Game Money.  Karena saya sekeluarga berjumlah 4 orang, kami mendapatkan total 8 lembar Game Money.

Nature-4

Bertepatan dengan Halloween Festival, banyak dari pengunjung Resort Spa Valley: Nature Park hari itu yang merupakan anak-anak. Tidak sedikit dari mereka yang ke sana mengenakan kostum-kostum lucu. Mulai dari kostum princess sampai kostum Netflix Series “Squid Game” yang cukup populer belakangan ini. Kostum-kostum yang mereka kenakan sungguh menambah kemeriahan Resort Spa Valley: Nature Park hari itu.

Nature-5

Indoor Zoo
Dari pintu masuk, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Indoor Zoo-nya. Suhu di dalam Indoor Zoo sangat hangat karena hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya semua berasal dari daerah dengan iklim tropis. Pengunjung yang tiketnya sudah include dengan makanan hewan dapat langsung mencoba pengalaman memberi makan Capybara, hewan pengerat terbesar yang berasal dari Amerika Selatan.

Capybara di sana tidak berada di dalam kandang, sehingga pengunjung dapat dengan bebas berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Agar tetap aman, ada petugas yang mengawasi interaksi pengunjung yang kebanyakan anak-anak dengan Capybara tadi.

Nature-6 Nature-7

Tidak hanya itu, dalam Indoor Zoo ini, pengunjung juga dapat menjumpai beberapa macam jenis ular, kadal, ikan dan kura-kura di bagian yang bernama Rock dan Aqua Valley. Tiga burung Macaw dengan ukuran yang cukup besar pun dapat kita jumpai sebelum masuk ke bagian Rock Valley ini.

Nature-8 Nature-9

Setelah berkeliling di Indoor Zoo, saya dan keluarga keluar menuju ke area food court yang diapit jalan menuju Outdoor Zoo di sisi kiri, dan jalan menuju area festival di sisi kanannya.
Di area sini kami sekeluarga beristirahat sebentar. Zerrin dan Serra, kedua putri saya, merengek minta dibelikan slushies. Sepertinya mereka tergiur melihat botol-botol slushies yang lucu. Saya dan suami setuju. Zerrin memilih botol beruang merah muda, dan Serra memilih botol lumba-lumba biru. Puas dengan slushies berbotol lucu itu, anak-anak, saya dan suami pun bergegas ke area festival.

Nature-10 Nature-11

Festival Area

Sesampainya di sana, kami baru sadar ternyata area ini adalah area outdoor pool yang disulap sedemikian rupa menjadi area festival. Area festival ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Hollow Village dan Hollow River Stream.

Nature-12 Nature-13

Hollow Village merupakan area utama festival berlangsung. Banyak penjual makanan di sisi jalannya. Ada kios hotdog, nugget, dan berbagai snack berat yang bisa mengganjal perut kala menikmati meriahnya suasana festival saat itu.

Nature-14 Nature-15

Seperti bagian lain dari Resort Spa Valley: Nature Park hari itu, di sini pun dipenuhi ornamen Halloween sejauh mata memandang. Kelap-kelip lampu, berbagai hiasan labu, skeleton dan hiasan-hiasan menyeramkan khas Halloween lain tersebar di seluruh sudut kawasan Hollow Village ini.

Nature-16 Nature-17

Di tengah area festival kita dapat menjumpai kios gift shop, di mana kita dapat membeli souvenir, maupun menukar Game Money yang kita miliki menjadi hadiah.

Nature-18

Area Hollow Village sore itu diramaikan dengan pengunjung yang antri untuk bermain mini games. Lumayan, jika sukses menang, Game Money kita bertambah. Dengan jumlah Game Money yang semakin banyak, hadiah yang bisa kita dapatkan pun menjadi lebih menarik. Mini games yang dapat kita mainkan di sana antara lain Ring Tossing, Shooting dan Ball in A Hole.

Nature-19 Nature-20

Di ujung area festival ini terdapat area lain yang bernama Hollow River Stream. Di Hollow River Stream ini kita dapat naik ke atas perahu karet dan mendayung mengelilingi area festival. Anak-anak sebesar Zerrin dan Serra dapat naik dengan didampingi orang tua. Setiap perahu hanya boleh dinaiki 2 orang saja.

Nature-21

Tidak terasa sudah hampir pukul 6 sore, dan karena sudah memasuki musim gugur, matahari terbenam lebih awal. Saya dan keluarga bergegas ke area Outdoor Zoo.

Outdoor Zoo
Kami pikir di sana akan sangat gelap setelah malam tiba. Ternyata kami salah. Area menuju Outdoor Zoo justru jauh lebih cantik di malam hari. Banyak lampu hias yang menghiasi pohon-pohon di sana.Jalan malam kami hari itu sungguh menyenangkan.

Nature-22 Nature-23

Keuntungan lain ke sini saat malam tiba, saya sekeluarga dapat melihat hewan-hewan malam yang masih terjaga.

Di Outdoor Zoo ini kita dapat menjumpai rubah, tupai, llama dan berbagai hewan lainnya. Udara di Outdoor Zoo Resort Spa Valley: Nature Park sangat segar, mungkin karena banyaknya tumbuhan di sana, juga karena lokasi Resort Spa Valley: Nature Park yang memang dekat dengan perbukitan.

Nature-24 Nature-25

Nature-26

Tujuan kami selanjutnya adalah Walking Safari. Lokasinya berada di sisi paling timur area kebun binatang. Walaupun berada di area Outdoor Zoo, daerah Walking Safari berada di dalam sebuah bangunan. Di sana kita dapat menjumpai harimau, singa, hyena, dan hewan yang terbaru, macan kumbang.

Nature-27 Nature-28

Nature-29 Nature-30

Saya sekeluarga berjalan terus ke atas. Di sana kami mendapati area lemur. Yang menarik, di bagian ini pengunjung diperbolehkan masuk ke kandang lemur dan mengamati lemur dari jarak yang sangat dekat.

Nature-31 Nature-32

Terakhir saya dan keluarga mengunjungi area Meerkat dan Mongoose yang tidak jauh dari area lemur tadi. Kawasan kedua hewan ini cukup besar dan lebih terang dari area-area sebelumnya. Sepertinya, Meerkat dan Mongoose ini menjadi  hewan-hewan favorit kedua putri saya. Mungkin karena mereka belum pernah berjumpa dengan kedua hewan yang berasal dari Afrika ini sebelumnya. Mereka seru memperhatikan tingkah hewan-hewan tadi. Terlihat sekelompok Meerkat saling berpelukan untuk menghangatkan tubuh mereka di tengah malam yang cukup dingin hari itu. Sungguh menggemaskan sekali.

Nature-33 Nature-34

Dari Outdoor Zoo, kami memutuskan untuk kembali ke area Hollow Village. Waktu hampir menunjukan pukul 8 malam saat itu. Di sana kami memainkan beberapa mini games, serta memilih souvenir Halloween untuk Zerrin dan Serra bawa pulang.

Nature-35 Nature-36

Kesimpulan
Tidak terasa kami berada di Resort Spa Valley: Nature Park hingga waktu closing mereka tiba. Senang rasanya dapat menikmati festival Halloween, berjalan-jalan malam di taman yang cantik, merasakan hangatnya daerah tropis, bahkan berinteraksi dan belajar tentang berbagai macam hewan baru hari itu. Sulit rasanya untuk percaya semuanya ini dapat dinikmati di dalam satu kawasan yang tidak jauh dari tengah kota Daegu. Mulai sekarang, jika ke Daegu, Resort Spa Valley: Nature Park akan menjadi destinasi favorit saya dan keluarga. Tidak sabar rasanya untuk kembali ke sana.