Alam & Seni Menunggu di Gangwon-do

Alam & Seni Menunggu di Gangwon-do

Desa Mural Samjang-dong

Korea tak pernah kekurangan tempat-tempat indah, tapi mungkin tidak ada yang secantik dan semurni daerah Gangwon-do. Namun, alam bukanlah satu-satunya keindahan yang menunggu wisatawan. Daerah ini adalah rumah bagi peninggalan budaya tradisional, galeri yang penuh dengan seni modern, dan banyak lagi objek wisata unik. Musim dingin ini, nikmatilah penyempurnaan alam dan seni di Gangwon-do.

Jalur hutan romantis mengarah ke Kuil Woljeongsa yang tenang 

Adegan "Guardian" di Jembatan Haetalgyo Kuil Woljeongsa (Sumber: CJ E&M Corporation)

Kuil Woljeongsa, terletak di tengah keindahan murni Gunung Odaesan, baru-baru ini menjadi populer berkat penampilannya dalam drama "Guardian: The Lonely and Great God." Penonton akan mengenali Jembatan Haetalgyo dan jalur hutan cemara, yang terakhir sangat layak dikunjungi, membentang hampir 1 kilometer dari gerbang utama Kuil Woljeongsa. Pelepasan phytoncide ke udara menjadikannya objek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan yang lelah.

Musim dingin di Kuil Woljeongsa

Pemandangan musim dingin di Kuil Woljeongsa

Kuil Woljeongsa memiliki sejarah Panjang. Kuil ini didirikan pada tahun 643 M, selama tahun ke-12 masa pemerintahan Silla Queen Seondeok. Kuil ini menyimpan banyak harta nasional, termasuk Pagoda Batu Sembilan Lantai Segi Delapan dari Kuil Woljeongsa. Saat ini, program templestay (bermalam di kuil) di sini sedang populer. Pengunjung dapat mencoba penyembuhan spiritual, atau belajar lebih banyak tentang agama Buddha dengan bermalam di kuil.

Kafé Hanok di tengah kuil, Nandana

Kafé Kuil Woljeongsa, Nandana

Kafé Nandana, terletak di dalam area Kuil Woljeongsa, mendapatkan namanya dari istilah Buddha untuk taman gantung. Pengunjung akan memahami makna di balik nama ketika melangkah keluar ke teras, diatur dalam cabang-cabang pohon. Ambil kursi dan nikmati keindahannya di atas secangkir teh buah buatan sendiri atau dengan roti. Pilihan toko roti kafe meliputi roti dan muffin yang dibuat dengan beras merah, yang dimaniskan dengan berbagai buah-buahan kering.

located within Woljeongsa Temple grounds, gets its name from the Buddhist term for a hanging garden. Visitors will understand the meaning behind the name when stepping out onto the terrace, set within the tree branches. Grab a seat and take in the beauty over a cup of house-made fruit tea or with some bread. The café’s bakery selection includes breads and muffins made with brown rice, sweetened with various dried fruits.

Kuil Woljeongsa

☞ Alamat: 374-8, Odaesan-ro, Jinbu-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 진부면 오대산로 374-8)
☞ Petunjuk arah: Naik kereta ke Stasiun Jinbu (Odaesan) → Naik Bus No. 55 atau 57 dan turun di Halte Bus Woljeongsa → Jalan kaki sekitar 5 menit
☞ Tiket masuk: Dewasa 3,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 500 won
* Dewasa (Usia 19 ke atas) / Remaja (usia 13-18) / Anak-anak (usia 7-12)
☞ Jam Operasional: Matahari terbit-matahari terbenam / Buka sepanjang tahun
☞ Situs web: woljeongsa.org (Bahasa Korea, Inggris)
☞ Informasi Templestay: woljeongsa.org/templestay (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Kafé Nandana

☞ Alamat: Di dalam area Kuil Woljeongsa
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 / Buka sepanjang tahun (Dapat berubah karena keadaan kafé)
☞ Menu khas: Cokelat panas 4,000 won / Jus jeruk 6,500 won / Teh herbal panas 5,000 won / The stroberi-lemon panas 5,000 won

Berjalan di sepanjang gang berwarna-warni di Desa Mural Sangjang-dong

Desa Mural Sangjang-dong

Desa Mural Sangjang-dong terletak di lingkungan pertambangan lama. Mural-mural di tempat ini menggambarkan kegembiraan dan penderitaan para penambang dan keluarga mereka. Lukisan berwarna-warni membuat pengunjung dengan mudah melihat betapa sulitnya pekerjaan para penambang serta berapa banyak orang yang hidup tak jauh di masa lalu.

Desa Mural Sanjang-dong

☞ Alamat: 64, Sanjangnam-gil, Taebaek-si, Gangwon-do (강원도 태백시 상장남길 64)
☞ Petunjuk arah: Naik kereta ke Stasiun Taebaek → Jalan ke Terminal Bus Taebaekdan naik Bus No. 11, 14 atau 71 ke Halte Bus Jembatan Sanjangdonggul → Jalan sekitar 1 menit

Pemandangan Pasar 5 Hari Bongpyeong

Tanda “Pasar Bongpyeong” (atas) & pemandangan di pasar (bawah)

Pasar 5 hari Bongpyeong adalah pasar tradisional tempat pemilik toko berkumpul pada tanggal yang berakhir dengan dua atau tujuh. Karena pertemuan terbatas, hari-hari ketika pasar dibuka pasti ramai dan aktif! Pasar ini dekat dengan Desa Budaya Lee Hyo-seok, yang menyelenggarakan Festival Budaya Hyoseok tiap tahun di bulan September ketika soba putih mekar. Pasar ini akhir-akhir ini menjalani proyek desain ulang, meningkatkan tampilan keseluruhan pasar sambil tetap mempertahankan esensi tradisional yang membuatnya begitu istimewa. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan sehat yang dibuat dengan soba yang ditanam secara lokal. Lebih bagusnya lagi, makanan pasar semuanya dihargai sekitar 3.000 hingga 5.000 won. Produk lain yang dijual di pasar ini termasuk barang tembikar dan barang kerajinan kecil, sempurna dijadikan oleh-oleh.

Kopi pour-over dan hidangan soba tradisional satu-satunya

Kopi yang digiling di Eden Mill (atas), bibim makguksu & memil jeonbyeong (bawah)

Eden Mill pada awalnya adalah toko tteok (kue beras), tetapi pemiliknya sangat menyukai kopi, jadi dia juga mulai menggunakan gilingannya untuk biji kopi untuk menyiapkan kopi pour-over. Pengunjung dapat memilih beragam kopi, termasuk campuran rumahan, Colombia, Ethiopia, Kenya AA, dan Blue Mountain. Nikmati secangkir kopi pour over dengan kue beras yang disiapkan di tempat untuk pengalaman unik nan lezat.

Buckwheat Voyage merupakan restoran terkenal di Pyeongchang, yang menyediakan memil jeonbyeong (crepe soba) lezat berisi kimchi dan tahu, memil makguksu (mie soba pedas), dan susu bukkumi (kue sorgum bulan-separo) kenyal berisi selai kacang merah manis. Restoran ini juga popular di antara vegetarian dan orang-orang yang pilihan menu makanannya terbatas. Pengunjung dapat memilih bibim guksu (mie pedas) atau mul guksu (mie dingin) yang menyegarkan. Pengunjung yang memiliki tingkat toleransi pedas yang rendah masih dapat menikmati bibim guksu di sini, karena sausnya tidak terlalu pedas.

Eden Mill

☞ Alamat: 10-1, Dongijangteo-gil, Bongpyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원 평창군 봉평면 동이장터길 10-1)
☞ Petunjuk arah: Naik bus Terminal Bus Antarkota Jangpyeong → Naik Bus No. 42, 43, atau 46 ke Halte Bus Changdong 4-ri → Jalan sekitar 4 menit
☞ Jam operasional: 09:00-18:00 / Tutup pada hari Minggu
☞ Menu khas: Kopi giling 3,000 won / Kopi panggang lainnya 3,000~6,000 won
* Semua kopi adalah pour over

Buckwheat Voyage

☞ Alamat: 10, Dongijangteo-gil, Bongpyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원 평창군 봉평면 동이장터길 10)
☞ Petunjuk arah: Naik bus ke Terminal Bus Antarkota Jangpyeong → Naik Bus No. 42, 43, atau 46 ke Halte Bus Changdong 4-ri → Jalan sekitar 4 menit
☞ Jam operasional: 09:00-17:00 / Buka sepanjang tahun (Dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi toko)
☞ Menu khas: Memil guksu (mul/bibim) 7,000 won / Memil jeonbyeong 5,000 won / Mandu guk 8,000 won

Pusat Seni Mooee, kanvas alami Pyeongchang

Dedaunan musim gugur di Pusat Seni Mooee

Pusat Seni Mooee hanya berjarak 10 menit berkendara dari Pasar 5 hari Bongpyeong. Terletak di area Sekolah Dasar Mooee yang ditutup, pusat ini mengubah ruang kelas dan taman bermain menjadi galeri pameran dan studio terbuka untuk seniman lokal. Karya seni buatan manusia selaras dengan indahnya karya seni alami lanskap Bongpyeong.

Objet d’art di Pusat Seni Mooee

Pameran karya seni yang indah memenuhi Pusat Seni Mooee dari pintu masuk sampai ke ruang kelas lama. Ada juga organ-organ yang ditempatkan di seantero pusat, tersedia bagi pengunjung yang ingin memainkan lagu. Lantai kedua sekolah adalah ruang istirahat, dilengkapi dengan banyak tempat duduk dan teras terbuka untuk menikmati pemandangan indah dan cuaca pada hari yang cerah.

Kafé observatorium di atas bukit, Vasello

Eksterior Vasello

Vasello terletak di atas bukit yang tertutupi hutan yang rimbun. Meskipun terasa nyaman dan terisolasi, kafe ini sebenarnya cukup dekat dengan Pasar 5 hari Bongpyeong dan Terminal Bus Jangpyeong. Tempat ini juga dekat dengan Taman Salju Phoenix, bagus untuk bermain ski. Setelah hari yang menyenangkan di lereng, singkirkan hawa dingin di Vasello.

Interior Vasello (atas), pizza gorgonzola & roti tinta gurita (bawah / sumber kanan: Vasello)

Seluruh interior Vasello dipenuhi dengan cahaya alami, mengalir melalui jendela dari lantai ke langit-langit. Wisatawan yang mencari makanan bisa kenyang dengan kombinasi keju manis dan madu dari pizza gorgonzola. Jika kamu perlu istirahat sejenak dari perjalanan, secangkir kopi atau teh di Vasello pasti akan membantu.

Pusat Seni Mooee

☞ Alamat: 233, Saripyeong-gil, Bongpyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 봉평면 사리평길 233)
☞ Petunjuk arah: Naik bus ke Terminal Bus Antarkota Jangpyeong → Naik Bus No. 43 dan turun di Halte Bus Mui-ri → Jalan sekitar 10 menit
☞ Jam operasional 
- Maret-Oktober: 09:00-18:30 / Tutup pada hari Senin pertama dan ketiga dalam satu bulan 
- November-Februari: 10:00-17:00 / Tutup pada hari Senin
☞ Tiket masuk: Umum 3,000 won / Warga senior 2,000 won
* Umum (usia 6-65) / Senior (usia 65 ke atas)
* Anak 5 tahun ke bawah masuk gratis
☞ Situs web: mooee.kr (Hanya bahasa Korea)

Kafé Vasello

☞ Alamat: 53, Neumeugol-gil, Yongpyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 용평면 느므골길 53)
☞ Petunjuk arah: Naik kereta ke Stasiun Pyeongchang → Naik Bus No. 7 dan turun di Halte Bus Jangpyeong → Jalan sekitar 10 menit
☞ Jam operasional: Oktober-Maret 10:30-20:00, April-September 10:30-22:00 / Tutup pada hari Rabu (Buka jika hari Rabu adalah hari libur nasional)
☞ Menu khas: 
- Pizza (Gorgonzola, Margherita, Bulgogi) 14,900 won
- Americano 4,500 won / Teh susu 5,500~7,500 won / Jus buah segar 6,000 won
☞ Situs web: www.vasello.co.kr (Hanya bahasa Korea)

Di Pegunungan Alpen Pyeongchang, Peternakan Domba Daegwallyeong

Pemandangan bersalju di Peternakan Domba Daegwallyeong

Peternakan Domba Daegwallyeong adalah peternakan domba pertama di Korea dan sering disebut Pegunungan Alpen Korea. Terletak 850 meter di atas permukaan laut, padang rumput yang besar adalah rumah bagi lebih dari 300 kawanan domba. Pengunjung dari Mei hingga awal Oktober dapat menyaksikan domba merumput bebas di padang rumput hijau. Di musim dingin, seluruh tempat berubah menjadi negeri ajaib musim dingin, dengan salju menutupi ladang dan hutan. Semua mata secara alami akan tertarik ke gubuk kayu yang menonjol di lanskap yang terbuka.

Peternakan domba sepanjang musim 

Musim panas & gugur di peternakan domba

Jika kamu mengunjungi Peternakan Domba Daegwallyeong, kamu tidak bisa pulang tanpa berjalan di sepanjang jalur sepanjang 1,2 kilometer yang mengelilingi padang rumput. Bagian-bagian yang menanjak mungkin akan membuatmu terengah-engah, tetapi itu akan terbayar saat kamu melihat pemandangan dari atas bukit; pada hari-hari yang cerah, kamu bisa melihat sejauh garis pantai Donghae dan Gangneung. Jangan lupa untuk mengambil foto peternakan domba yang membentang di bawah kakimu sebelum kembali!

Peternakan Domba Daegwallyeong

☞ Alamat: 483-32, Daegwallyeongmaru-gil, Daegwallyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do (강원도 평창군 대관령면 대관령마루길 483-32)
☞ Petunjuk arah: Naik bus ke Terminal Bus Antarkota Hoenggye → Naik Bus No. 66 dan turun di Halte Bus Peternakan Domba Daegwallyeong → Jalan sekitar 5 menit
☞ Jam operasional: November-Februari 09:00-17:00 / Maret & Oktober 09:00-17:30 / April & September 09:00-18:00 / Mei-Agustus 09:00-18:30
* Kunjungan terakhir satu jam sebelum tutup / Tutup pada hari Seollal (Hari Tahun Baru Imlek) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
☞ Tiket masuk: Dewasa 5,000 won / Remaja & Anak-anak 4,000 won
* Tiket masuk gratis bagi anak-anak di bawah 4 tahun
☞ Situs web: www.yangtte.co.kr (Hanya bahasa Korea)

Info lebih lanjut

☞ Halaman-halaman terkait pariwisata Gangwon-do 
- Dua Hari Menikmati Pemandangan Murni Pyeongchang & Jeongseon
- Bepergian Melalui Keindahan Alam Gangwon-do
Informasi Templestay
☞ Situs web Pariwisata Gangwon-do: www.gangwon.to/tour (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, China, Rusia, Jerman)
☞ Hotline Pariwisata Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, China, Rusia, Vietnam, Thailan, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Februari 2019, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk mengkonfirmasi detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post