Wisata Lezat Larut Malam di Seoul

Wisata Lezat Larut Malam di Seoul

Dongdaemun di malam hari

Budaya malam Seoul yang semarak merupakan latar belakang yang sempurna bagi para wisatawan yang lapar untuk mengisi perut kosong mereka setelah seharian menjelajah. Bus malam yang beroperasi di seluruh area utama menyediakan sarana terbaik bagi para wisatawan untuk menikmati tur malam hari tanpa harus khawatir dengan tarif taksi yang berlebihan ketika pulang. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang wisata larut malam ini dan temukan lebih banyak kesenangan dan makan enak dengan naik bus malam!

Apa itu "Bus Larut Malam"?
Bus larut malam di Seoul adalah bus yang beroperasi dari tengah malam hingga subuh. Bus-bus ini adalah cara yang baik untuk berkeliling kota menggunakan transportasi umum pada jam-jam ketika sebagian besar bus tidak beroperasi. Pada Januari 2019, sembilan rute bus larut malam beroperasi dengan berbagai jadwal. Setiap rute bus dimulai dengan huruf "N" untuk menandakan bahwa itu adalah bus malam. Bus larut malam ini meliputi area lalu lintas padat di sekitar area wisata populer seperti Stasiun Gangnam. Ongkosnya sedikit lebih tinggi daripada bus harian, seharga 2.250 won jika membayar  dengan uang tunai.

Layanan Bus N26 (Gangseo - Jungnang)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:00, Bus terakhir 01:30 / Perkiraan interval 25 menit
♣ Halte bus utama: Pusat Transfer Area Stasiun Gaehwa → Stasiun Songjeong → Stasiun Balsan → Stasiun Deungchon → Stasiun Hapjeong → Stasiun Univ. Hongik → Stasiun Sinchon → Jonggak (Gwanghwamun) → Stasiun Dongdaemun → Stasiun Sinseol-dong → Pusat Transfer Stasiun Cheongnyangni → Stasiun Sangbong → Depot Bus Jungnang

Stasiun Hapjeong – Jalan Kafé Hapjeong-dong

Jalan Kafé Hapjeong-dong

Gang-gang di Hapjeong-dong adalah zona trendi dan artistik, dihiasi dengan lusinan kedai kopi vintage dan kafe pencuci mulut. Jalan Kafé Hapjeong-dong khususnya dijejeri kafe dan ruang budaya dengan beragam tema, semuanya berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian orang yang lewat. Lebih dari sekadar kafe, Jalan Kafé Hapjeong-dong juga memiliki pub, bar anggur, dan restoran yang menyajikan perpaduan masakan Timur dan Barat. Perpaduan budaya dan gaya telah menciptakan suasana yang unik.

☞ Alamat: Area Eoulmadang-ro 5-gil, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 어울마당로5길 일대)

Stasiun Sinchon – Dakgalbi

Dakgalbi

Sinchon menjadi terkenal karena dakgalbi (ayam goreng tumis pedas) lezatnya yang dibicarakan melalui mulut ke mulut di antara para penggemar makanan dan minuman. Dakgalbi adalah hidangan yang terbuat dari ayam dan berbagai sayuran termasuk kol dan bawang yang dibumbui dengan bumbu pedas dan digoreng di meja di hadapanmu. Di Sinchon yang ramai, restoran-restoran yang berspesialisasi dalam hidangan tersebut berkembang pesat, termasuk restoran-restoran yang menjual keju atau kombo makanan laut dan bahkan all-you-can-eat! Dengan banyaknya restoran dakgalbi dan ayam goreng di daerah tersebut, Sinchon adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta ayam.

☞ Alamat: Area Yonsei-ro, Seodaemun-gu, Seoul (서울특별시 서대문구 연세로 일대)

Stasiun Jonggak – Jalan Kafé Cheonggyecheon

Jalur Cheonggyecheon

Jalan di sepanjang Jalur Cheonggyecheon penuh dengan pengunjung sepanjang tahun. Jalur ini dipenuhi orang-orang yang menghindari panasnya musim panas atau datang untuk melihat lampu warna-warni selama Festival Lentera Seoul di musim gugur. Jalur Cheonggyecheon dipenuhi dengan kafe, sehingga mudah untuk berhenti untuk minum kopi sambil menikmati pemandangan sungai yang menenangkan.

☞ Alamat: Cheonggyecheon-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 청계천로)

Stasiun Dongdaemun – Gang Dak Hanmari

Dak hanmari

Gang Dak Hanmari di area Kompleks Perbelanjaan Dongdaemun dijejeri restoran yang berspesialisasi dalam dak hanmari (sup ayam utuh). Bagi pemula dalam hal makanan Korea, dak hanmari mungkin tampak sangat mirip dengan samgyetang (sup ayam ginseng). Namun, samgyetang adalah hidangan tunggal, sementara dak hanmari adalah hidangan lengkap! Ayam utuh direbus dalam kaldu bersama dengan daun bawang, tteok (kue beras), kentang, dan banyak lagi. Gochujang pedas (pasta cabai Korea) dapat ditambahkan sesuai dengan selera. Setelah menghabiskan ayam, kalguksu (sup mie) dimasak dalam kaldu yang tersisa. Dengan makanan yang begitu lezat, salahmu sendiri jika kamu pulang dengan perasaan lapar!

☞ Alamat: Area 14, Jong-ro 40ga-gil, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 종로 40가길 14 일대)

Stasiun Dongdaemun – Makanan jalanan dari kios-kios makanan

Stasiun Dongdaemun – Makanan jalanan dari kios-kios makanan

Sangat mudah untuk menemukan pojangmacha (kios makanan) di jalan-jalan Dongdaemun setiap saat, karena pasar grosir buka sampai dini hari. Di antara aneka jajanan larut malam yang tersedia, kebanyakan orang asing lebih suka dak kkochi (sate ayam), tteokbokki (kue beras pedas), dan sundae bokkeum (sosis darah tumis pedas & sayuran). Dak kkochi dibuat dengan menusuk potongan ayam dan daun bawang dengan tusuk sate, yang kemudian dipanggang dan dilapisi dengan kecap manis atau bumbu pedas untuk rasa yang disukai semua orang. Makanan populer lainnya adalah mayak gimbap, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “gimbap narkotika” karena sangat adiktif! Cobalah mencelupkannya ke dalam saus tteokbokki pedas untuk melihat apa yang terjadi.

☞ Alamat: Area of Jangchungdan-ro, Jung-gu, Seoul (서울특별시 중구 장충단로 일대)

Layanan Bus N37 (Songpa - Jingwan)

 

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:00, Bus terakhir 03:10 / Perkiraan interval 25~30 menit
♣ Halte bus utama: Depot Bus Songpa → Pasar Garak → Maljukgeori Stasiun Yangjae → Stasiun Gangnam → Stasiun Sinsa → Jonggak (Gwanghwamun) → Stasiun Hongje → Stasiun Bulgwang → Stasiun Yeonsinnae → Depot Bus Jingwan

Stasiun Yeonsinnae – Gang Kalguksu Pojangmacha

Kalguksu pojangmacha

Mereka yang tahu akan memberi tahumu bahwa Yeonsinnae identik dengan kalguksu karena banyaknya kios makanan yang menjual kalguksu di daerah tersebut. Kalguksu adalah semangkuk mie buatan tangan yang bisa menggantikan porsi satu kali makan. Mie kental dalam kaldu eomuk (kue ikan) dan bumbu pedas menciptakan makan malam yang sempurna untuk memuaskan seleramu.

☞ Alamat: Pintu masuk Pusat Perbelanjaan Rodeo Yeonsinnae, Galhyeon-dong, Eunpyeong-gu, Seoul (서울특별시 은평구 갈현동 연신내 로데오거리 입구)

Stasiun Jonggak – Jalan Pemuda (Avenue of Youth)

Jalan Pemuda (Avenue of Youth) Jonggak

Menyala seterang siang sepanjang malam, Jalan Pemuda (Avenue of Youth) di Stasiun Jonggak adalah tempat nomor satu untuk menikmati kehidupan malam Korea. Pengunjung dapat merasakan budaya minum Korea di pub-pub di tempat ini. Ada juga banyak restoran yang menyajikan berbagai makanan dari samgyeopsal (perut babi panggang), galbi (iga pendek) dan daging panggang lainnya hingga ayam, kimchi jjigae (rebusan kimchi), jeon (pancake), hoe (irisan ikan mentah) dan banyak lagi. Yang harus kamu lakukan adalah memutuskan makanan Korea lezat apa yang ingin kamu makan!

☞ Alamat: Area Jong-ro 12-gil, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 종로12길 일대)

Stasiun Pasar Garak – Pusat Hoe Pasar Garak

Saengseon hoe

Pasar Garak adalah pasar produk pertanian dan kelautan terbesar di negara ini. Sayuran segar, buah-buahan, makanan laut, dan produk lainnya dibawa langsung ke pasar dari pedesaan dan dijual dalam pelelangan mulai malam hingga fajar. Jika kamu mencari pengalaman unik, saksikan proses lelang berlangsung begitu cepat sehingga akan membuat orang yang berdiri di sekitar bahkan terengah-engah berusaha mengimbangi. Untuk makan malam, kunjungi bagian produk laut, di mana kamu dapat memilih makanan laut yang ingin kamu makan dengan harga lebih murah daripada di tempat lain di kota ini.

☞ Alamat: 932, Yangjae-daero, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 양재대로 932)

Layanan Bus N62 (Yancheon – Myeonmok-dong)

 

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 23:40, Bus terakhir 01:10 / Perkiraan interval 30 menit
♣ Halte bus utama: Depot Bus Yangcheon → Stasiun Mokdong → Stasiun Deungchon → Stasiun Hapjeong → Stasiun Univ. Hongik → Stasiun Sinchon → Jonggak (Plaza Seoul) → Taman Sejarah & Budaya Dongdaemun → Stasiun Sindang → Stasiun Wangsimni → Stasiun Univ. Konkuk → Myeonmok-dong → Sekolah Menengah Junghwa

Stasiun Universitas Hongik – Makgeolli

Makgeolli

Ada banyak bar dan pub untuk dipilih di daerah Hongdae, pusat budaya anak muda Korea. Untuk pengalaman Korea yang unik, mengapa tidak mencoba salah satu bar yang menjual makgeolli (anggur beras)? Dengan rasa dan alkohol yang lebih mirip bir daripada soju, makgeolli adalah pilihan minuman yang populer. Karena kandungan alkohol yang lebih rendah, kamu dapat menikmati berbagai rasa yang lebih banyak, dari makgeolli yang dimaniskan dengan madu hingga makgeolli buah. Pilih makanan pendamping untuk menemani minumanmu dan nikmati pengalaman kehidupan malam Koreamu!

☞ Alamat: Area Hongik-ro, Mapo-gu, Seoul (서울특별시 마포구 홍익로 일대)

Stasiun Sindang – Kota Tteokbokki Sindang-dong

Table-top teokbokki

Kota Tteokbokki Sindang-dong telah terkenal karena tteokbokki-nya sejak akhir tahun 70an. Banyak penjual makanan di sini tetap buka 24 jam sehingga kamu dapat menemukan orang-orang menikmati camilan manis dan pedas ini setiap saat. Semua kios memiliki saus sendiri, menawarkan rasa unik di setiap vendor. Mereka juga menjual paket dengan topping yang bisa dipilih sesuka hati seperti telur, mie ramyeon, mandu (pangsit), kue ikan dan banyak lagi. Pilih topping favoritmu dan selamat makan!

☞ Alamat: Area of Toegye-ro 76-gil, Jung-gu, Seoul (서울특별시 중구 퇴계로76길 일대)

Stasiun Universitas Konkuk – Jalan Makanan Kondae

Jalan Makanan Kondae

Semua jenis makanan tersedia di Jalan Makanan Kondae, dari samgyeopsal panggang dan galbi panggang favorit sampai makanan Barat dan kafe pencuci mulut yang trendi. Restoran dan kafe tetap buka hingga larut malam, menarik pelanggan ke interior mereka yang cerah dan hangat.

☞ Alamat: Area Dongil-ro 22-gil, Gwangjin-gu, Seoul (서울특별시 광진구 동일로22길 일대)

Rute Lainnya

Layanan Bus N13 (Sanggye-dong - Songpa)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:00, Bus terakhir 03:30 / Perkiraan interval 25~30 menit
♣ Halte bus utama: Sekolah Menengah Ongok/Perpustakaan Nowon → Stasiun Nowon → Stasiun Hagye → Stasiun Taereung → Stasiun Dolgoji → Pusat Transfer Stasiun Cheongnyangni → Stasiun Sinseol-dong → Taman Sejarah & Budaya Dongdaemun → Stasiun Sinsa → Stasiun Gangnam → Stasiun Jamsil → Stasiun Pasar Garak → Depot Bus Songpa

Layanan Bus N15 (Ui-dong – Stasiun Sadang)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:00, Bus terakhir 03:30 / Perkiraan interval 25~30 menit
♣ Halte bus utama: Apartemen Seongwon Ui-dong → Banghaksageori Four-way Intersection → Stasiun Suyu → Stasiun Bomun → Dongdaemun → Pusat Transfer Bus Stasiun Seoul→ Stasiun Sinyongsan → Stasiun Noryangjin → Stasiun Jangseungbaegi → Sindaebangsamgeori → Stasiun Bongcheon → Stasiun Sadang → Stasiun Namtaeryeong

Layanan Bus N16 (Dobong – Onsu)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:10, Bus terakhir 03:45 / Perkiraan interval 25~30 menit
♣ Halte bus utama: Pusat Transfer Stasiun Dobongsan → Stasiun Ssangmun → Stasiun Suyu → Stasiun Hyehwa → Stasiun Taman Sejarah & Budaya Dongdaemun→ Seobu Stasiun Seoul → Pusat Transfer Yeouido → Stasiun Yeongdeungpo → Stasiun Sindorim → Stasiun Onsu → Pemberhentian Terakhir Onsu-dong

Layanan Bus N30 (Gangdong – Stasiun Seoul)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 23:20, Bus terakhir 03:40 / Perkiraan interval 30~35 menit
♣ Halte bus utama: Depot Bus Gangdong → Stasiun Myeongil → Stasiun Cheonho → Stasiun Gunja → Stasiun Sinseol-dong → Dongdaemun → Taman Sejarah & Budaya Dongdaemun → Pusat Transfer Bus Stasiun Seoul

Layanan Bus N61 (Yangcheon – Sanggye)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 23:40, Bus terakhir 04:10 / Perkiraan interval 30 menit
♣ Halte bus utama: Depot Bus Yangcheon → Stasiun Gaebong → Stasiun Sillim → Stasiun Univ. Nasional Pendidikan Seoul → Stasiun Gangnam → Stasiun Samseong → Stasiun Univ. Konkuk → Stasiun Gunja → Stasiun Taereung → Stasiun Junggye → Sanggye Jugong 7 Danji

Layanan Bus N65 (Gaehwa - Siheung)

♣ Jam operasional (waktu keberangkatan): Bus pertama 00:00, Bus terakhir 03:10 / Perkiraan interval 25~30 menit
♣ Halte bus utama: Pusat Transfer Area Stasiun Gaehwa → Stasiun Gaehwasan → Stasiun Magok → Stasiun Ujangsan → Stasiun Mok-dong → Stasiun Sindorim → Stasiun Daerim → Stasiun Kompleks Digital Guro → Kantor Geumcheon-gu → Pemberhentian Terakhir Beomilunsu

Info Lebih Lanjut
☞ Layanan Operasi Transportasi & Informasi Seoul:
topis.seoul.go.kr (Bahasa Korea, Inggris)
☞ Call Center Dasan 120: +82-2-120 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Vietnam, Mongolia)
☞ Hotline Pariwisata Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Februari 2019, dan karena itu informasi mungkin berbeda dari apa yang tertulis di sini. Kami menyarankan Anda untuk mengkonfirmasi detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post