Jalan-Jalan ke Busan

Jalan-Jalan ke Busan

Pemandangan malam Busan

Ketika orang-orang membicarakan perjalanan ke Busan, mudah untuk memikirkan tempat-tempat populer seperti Pantai Haeundae, Pantai Gwangalli, Pantai Songdo, Taman Resort Taejongdae, atau area Nampo-dong. Tetapi jika kamu benar-benar ingin melihat Busan, bepergian dengan Stasiun Busan di tengah kota adalah suatu keharusan. Melalui labirin jalan-jalan yang dipenuhi dengan tempat wisata, harimu akan melesat dalam waktu singkat. Jika kamu masih memiliki energi yang cukup setelah berkeliling seharian, pergilah ke The Bay 101 di Haeundae untuk minum-minum.

Tip) Bepergian dengan Bus Wisata Kota Busan
Bus Wisata Kota Busan menawarkan kenyamanan kepada para pengunjung dengan menghubungkan semua tempat wisata utama di Busan. Dengan tiket satu hari, pengunjung dapat naik dan turun di empat jalur yang berbeda tanpa biaya tambahan. Semua jalur berjalan dalam rute melingkar dan selebaran informasi tersedia (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin) setelah naik.

☞ Paket wisata: Jalur Merah (Stasiun Busan ↔ Pantai Haeundae), Jalur Hijau (Teluk Yonghoman ↔ Pulau Oryukdo), Jalur Biru (Pantai HaeundaeKuil Yonggungsa Haedong), Jalur Kuning (Kuil Yonggungsa HaedongPasar Gijang)
* Silakan lihat situs web untuk rincian paket wisata
* Wisata malam bus tingkat dua beroperasi pada bulan April-Oktober
☞ Jam operasional: Selasa-Minggu 09:30-18:40
* Beroperasi seperti biasa jika Senin adalah hari libur
* Jam operasional bervariasi berdasarkan paket, lihat situs web
☞ Biaya
- Jalur Merah • Jalur Hijau • Jalur Biru • Jalur Kuning: Dewasa 15,000 won / Anak-anak 8,000 won
* Biaya transfer berlaku untuk Wisata Taman Resort Taejongdae (Dewasa 5,000 won / Anak-anak 3,000 won)
- Wisata Malam: Dewasa 15,000 won / Anak-anak 8,000 won
* Tiket tersedia berdasarkan siapa cepat dia dapat setelah naik (tersedia pembayaran dengan tunai dan kartu). Dapat naik di halte mana pun.
☞ Informasi: +82-51-464-9898 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)
☞ Situs web: www.citytourbusan.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)

 

Pusat transportasi utama

Stasiun Busan

Stasiun Busan

Pertama kali dibuka pada 1 Januari 1905, Stasiun Busan memberi wisatawan kesan pertama mereka tentang Busan. Sebagai stasiun awal dan akhir dari Jalur Gyeongbu, tempat KTX dan kereta reguler beroperasi, Stasiun Busan adalah salah satu stasiun kereta yang paling dikenal di negara ini. Pengunjung saat ini dapat menggunakan kereta KTX, ITX-Saemaeul, Mugunghwa, dan menuju Suseo. Semua transportasi umum utama termasuk bus, kereta bawah tanah, dan taksi dapat digunakan dari Exit 7. Pamflet wisata dalam bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan Arab tersedia di Pusat Informasi Wisatawan Busan.

Stasiun Busan
☞ Alamat:
206, Jungang-daero, Dong-gu, Busan (부산광역시 동구 중앙대로 206)
☞ Fasilitas: Restoran, toko serba ada, loker, apotek, Toko Roti Ikan Hwan Gong, ruang keanggotaan KORAIL, tempat parkir, dll.
☞ Informasi: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Bandara Internasional Gimhae

Bandara Internasional Gimhae

Sebagai bandara yang mewakili bagian selatan, Bandara Internasional Gimhae memiliki penerbangan internasional paling banyak kedua setelah Bandara Internasional Incheon. Transportasi umum utama termasuk bus limusin bandara, bus antar kota, dan bus lokal. Tujuan bus antar kota yang berangkat dari bandara termasuk Geoje, Gyeongju, Pohang, Dong-Daegu, Ulsan dan banyak lagi. Bus lokal menuju ke daerah-daerah utama Busan termasuk Seomyeon, Pantai Haeundae dan banyak lagi. Bagi mereka yang lebih suka mengemudi, perusahaan rental mobil terletak di lantai pertama Ruang Kedatangan Internasional.

Bandara Internasional Gimhae
☞ Alamat:
108, Gonghangjinim-ro, Gangseo-gu, Busan (부산광역시 강서구 공항진입로 108)
☞ Fasilitas: Restoran, toko serba ada, toko buku, mobil sewaan, bank, rumah sakit, loker, dll.
☞ Informasi: +82-1661-2626 (Bahasa Korea, Inggris)

 

Rekomendasi objek wisata di Busan

Desa Budaya Huinnyeoul

Desa Budaya Huinnyeoul

Disebut Santorini-nya Busan, Desa Budaya Huinnyeoul terletak di sepanjang garis pantai. Huinnyeoul mendapatkan namanya dari gelembung air seputih salju yang terbentuk ketika air menyegarkan dari Gunung Bongnaesan bertemu dengan laut. Dikenal karena pemandangannya yang indah, desa ini telah menjadi lokasi film populer film-film seperti "The Attorney (2013)," "Nameless Gangster: Rules of Time (2011)," "Crazy First Love (2003)" dan banyak lagi. Saat mengunjungi desa ini, pastikan untuk merencanakan rute karena kamu bisa dengan mudah tersesat di sepanjang 14 gang. Untuk pemula, kami merekomendasikan rute dari Apartemen Bando Bora ke Jalur Setapak Pesisir Jeoryeong atau naik bus ke puncak tebing dan berjalan menyusuri Jalan Jeoryeong-ro ke desa.

Desa Budaya Huinnyeoul
☞ Alamat:
1044-6, Yeongseon-dong 4-ga, Yeongdo-gu, Busan (부산광역시 영도구 영선동4가 1044-6)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi selama 20 menit atau bus kota selama 35 menit dari Stasiun Busan
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam bervariasi berdasarkan fasilitas, harap periksa sebelum berkunjung
☞ Tempat wisata utama: Pusat Informasi Desa Budaya Huinnyeoul, Jalur Setapak Pesisir Jeoryeong, Tangga Pelangi, dll.
☞ Informasi: +82-51-419-4067 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: huinnyeoul.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Kafe Industri SINKI

Kafe Industri SINKI

Setelah berjalan menaiki bukit curam selama beberapa waktu, kamu akan disambut oleh bangunan kontainer putih besar. Bangunan ini adalah kafe SINKI, yang dipilih sebagai salah satu dari 35 kafe paling romantis di Busan oleh kota Busan. Industri SINKI dibuka pada tahun 1987 sebagai pabrik bel kecil dan telah tumbuh menjadi perusahaan besar yang memproduksi berbagai produk karakter, hadiah, perlengkapan kantor, dan banyak lagi yang diekspor ke seluruh dunia. Kantor pusatnya diubah menjadi kafe dan toko pada bulan Desember 2016. Sekarang kafe ini menjadi tempat yang populer untuk menikmati pemandangan Yeongdo yang menakjubkan dan pelabuhan dari atap serta membeli barang-barang lucu dari toko. Dengan kafe utama di Yeongdo dan kafe kedua di Desa Budaya Huinnyeoul, pastikan untuk mampir dan menikmati suasana romantis.

Kafe Industri SINKI
☞ Alamat:
2, Wachi-ro 51beon-gil, Yeongdo-gu, Busan (부산광역시 영도구 와치로51번길 2)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi selama sekitar 20 menit atau bus kota selama sekitar 30 menit dari Stasiun Busan
☞ Jam operasional: 11:00-23:00
☞ Menu khas: Teh susu 6,000 won / Cina-mocha 6,500 won
☞ Informasi: +82-70-8230-1116 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.sinki.co.kr (Khusus bahasa Korea)

Choryang Ibagu-gil

Choryang Ibagu-gil

Menggabungkan kata-kata Choryang-dong dan ibagu, yang berarti "cerita" dalam dialek Gyeongsang-do, Choryang Ibagu-gil menawarkan banyak cerita tentang daerah tersebut. Sejarah Busan modern dapat dirasakan saat kamu berjalan dari Brown Hands Design Café, modifikasi dari Rumah Sakit Baekje lama, ke kesedihan para pengungsi di 168 Steps (168 Langkah), dan memori akan Yu Chi-hwan, seorang penyair dan seorang pendidik, di Observatorium Kotak Pos Yu Chi-hwan. Yang paling mencolok dari Choryang Ibagu-gil adalah 168 Steps, yang dapat dilalui dengan berjalan atau menggunakan monorel secara gratis. Monorael beroperasi mulai pukul 07:00 hingga 21:00 selama musim panas dan 07:00 hingga 20:00 selama musim dingin.

Tip) Cara tercepat untuk melihat-lihat Choryang Ibagu-gil, gunakan Monorel!
Bagian tersulit dari Choryang Ibagu-gil mungkin adalah 168 Steps sepanjang 40 meter, dibangun pada sudut 45 derajat. Bagi mereka yang mungkin berpikir mustahil untuk menaiki tangga ini dengan berjalan, tidak perlu khawatir, karena ada monorel yang akan membawamu naik dari bawah ke atas. 

Choryang Ibagu-gil
☞ Alamat:
49, Choryangsang-ro, Dong-gu, Busan (부산광역시 동구 초량상로 49)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 3 menit dari Stasiun Busan, Exit 3 atau 7
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
* Jam dapat bervariasi menurut tempat wisata, silakan periksa sebelum berkunjung
☞ Rekomendasi paket wisata 
(Bekas) Rumah Sakit Baekje → Penyimpanan Namseon (Situs) → Galeri (Dinding) Damjang → Dinding (Tokoh Terkenal) Dong-gu Inmulsa → Halte Bus Ibagu → 168 Do.Si.Rak.Guk → Situs Sumur → 168 Steps → 168 Monorel → Observatorium Kim Min-bu → 6.25 Makgeolli → Ibagu Chungjeonso (Rumah) → Kuil Dangsan → Ibagu Gongjakso (Studio) → Pusat Jang Gi-ryeo Deo Nanum → Tempat Parkir Skyway → Observatorium Kotak Pos Yu Chi-hwan → Kkakkomak → Kafe Kkakkomak
☞ Informasi: +82-51-467-0289 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: 2bagu.co.kr (Bahasa Korea, Inggris)

Pasar Choryang

Pasar Choryang

Terletak di depan Alun-alun Stasiun Busan, Pasar Choryang telah berjalan sejak pembukaan Pelabuhan Busan. Dengan sejarah dan tradisi, pemilik toko-toko kecil namun nyaman menyambut pengunjung dengan senyum. Saat mengunjungi pasar, ada beberapa makanan yang harus dicoba yang mewakili Busan seperti milmyeon (mie gandum) dan dwaeiji gukbap (sup babi dan nasi). Terletak di pintu masuk pasar, Daegeon Myeongga Dwaeji Gukbap membuat sup babi dan nasi yang lezat dengan merebus tulang babi selama berjam-jam untuk membuat kaldu. Di sisi lain pasar, restoran Samsan Myeonok yang terkenal menyajikan mie gandum bagi antrian panjang pelanggan.

Pasar Choryang
☞ Alamat:
24, Choryang-ro 13beon-gil, Dong-gu, Busan (부산광역시 동구 초량로13번길 24)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 10 menit dari Stasiun Busan, Exit 3 atau 7
☞ Jam operasional: 09:00-18:00, tutup pada hari Minggu ketiga bulan genap
☞ Informasi: +82-51-442-5445 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.choryangmarket.com (Khusus bahasa Korea)

Samsan Myeonok
☞ Alamat:
76, Choryangsang-ro, Dong-gu, Busan (부산광역시 동구 초량상로 76)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 10 menit dari Stasiun Busan, Exit 3 atau 7
☞ Jam operasional: 10:00-21:00
☞ Menu khas: Milmyeon (mie gandum) 5,500 won / Son mandu (pangsit buatan rumah) 5,500 won
☞ Informasi: +82-51-462-3337 (Khusus bahasa Korea)

☞ Alamat: 5, Jungang-daero 231beon-gil, Dong-gu, Busan (부산광역시 동구 중앙대로231번길 5)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 5 menit dari Stasiun Busan, Exit 3 atau 7
☞ Jam operasional: Buka 24 jam
☞ Menu khas: Dwaeji gukbap (sup babi dan nasi) 7,500 won / Memil bibim guksu (mie soba pedas) 6,500 won
☞ Informasi: +82-51-442-1117 (Khusus bahasa Korea)

Belut laut bakar

Belut laut bakar

Belakangan ditampilkan di acara TV Korea “Welcome, First Time in Korea ?,” ini adalah salah satu makanan yang mengejutkan pengunjung asing. Belut laut, yang dulunya dianggap hanya sebagai ikan yang tampak menjijikkan, menjadi populer pada akhir dinasti Joseon saat makanan sedang langka. Orang-orang miskin mulai menangkap dan memanggang belut laut di atas jerami dan rumput kering. Belut bakar yang diasinkan menjadi populer ketika para pengungsi berbondong-bondong ke Busan dan mulai membuat variasi menggunakan belut laut panggang yang tersisa. Meskipun secara visual mungkin tidak enak dipandang, tekstur kenyal yang dikombinasikan dengan rasa pedas dan gurih membuatnya sulit ditolak.

Ireumnan Gijangsan Gomjangeo
☞ Alamat:
42, Gunam-ro 41beon-gil, Haeundae-gu, Busan (부산광역시 해운대구 구남로41번길 42)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 10 menit dari Stasiun Haeundae (Busan Subway Line 2), Exit 3 atau naik taksi selama sekitar 50 menit dari Stasiun Busan
☞ Jam operasional: 15:00-02:00
☞ Menu khas: Belut bakar (diasinkan) ukuran kecil 25,000 won
☞ Informasi: +82-51-742-8201 (Khusus bahasa Korea)

The Bay 101

The Bay 101

Jika Hong Kong memiliki Victoria Park, Busan memiliki The Bay 101. Dipilih sebagai tempat terbaik untuk melihat pemandangan malam Busan, orang-orang berduyun-duyun ke daerah ini setelah malam tiba. Dengan latar belakang Kota Laut Haeundae, pengunjung mengambil foto yang berkesan, sementara berbagai pilihan tempat makan dan berbelanja juga tersedia. Di lantai dua, suvenir Busan dapat ditemukan termasuk magnet, lilin, handuk pantai, tas kota, dan lainnya.

The Bay 101
☞ Alamat:
52, Dongbaek-ro, Haeundae-gu, Busan (부산광역시 해운대구 동백로 52)
☞ Petunjuk arah: Jalan sekitar 20 menit dari Stasiun Haeundae (Busan Subway Line 2), Exit 7 atau naik taksi selama sekitar 40 menit dari Stasiun Busan
☞ Jam operasional: Bervariasi berdasarkan toko
☞ Informasi: +82-51-726-8888 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.thebay101.com (Bahasa Korea, Inggris)

Info Lebih Lanjut

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Juli 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post

Restoran Nuri

Restoran BuonaSera

Taman Ekologi Rawa Gangseo

Toko Zio Songzio

Terapi Teh