Jalan-Jalan ke Jeonju & Gunsan

Jalan-Jalan ke Jeonju & Gunsan

Desa Jalan Kereta Api Gyeongam-dong Gunsan

Jeonju, Kota Gastronomi, penuh dengan hidangan lezat khas Korea. Dari bibimbap Jeonju yang terkenal hingga makanan jalanan di Desa Hanok Jeonju, bersiaplah untuk mengisi perutmu dengan makanan lezat. Sementara itu, di kota pelabuhan kecil Gunsan, hidangan pedas seperti gochu jjamppong (sup mie seafood pedas dengan cabai) dan gochu jjajangmyeon (mie dalam saus kacang hitam dengan cabai) menunggumu. Ikuti kami dalam perjalanan seru ke Jeonju dan Gunsan.

Pusat transportasi utama

Stasiun Jeonju

Stasiun Jeonju

Berbagai jenis kereta berhenti di Stasiun Jeonju, termasuk KTX, ITX-Saemaeul, Mugunghwa, dan S-train. Bangunan stasiun kereta api bergaya hanok tradisional menunjukkan hal yang membuat Jeonju terkenal. Pengunjung dapat mencapai pusat kota dari Stasiun Jeonju dengan bus lokal atau taksi. Di pintu keluar stasiun, pengunjung disambut oleh "Jeonju's Welcome Road," jalan yang membentang sejauh 850 meter ke persimpangan Myeongjugol.

Stasiun Jeonju
☞ Alamat:
351, Hanpungnu-ro, Muju-gun, Jeollabuk-do (전라북도 무주군 무주읍 한풍루로 351)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, restoran, gedung promosi kerajinan tangan Jeollabuk-do, ruang perawatan, tempat parkir, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Stasiun Gunsan

Stasiun Gunsan

Pertama kali dibuka pada tahun 1912, Stasiun Gunsan dipindahkan pada 1 Januari 2008, ketika Janghang Line memperluas jalurnya. Pada tahun 2015, jalur ini juga menambahkan West Gold Train (Kereta Emas Barat) dan G-Kereta, memperluas layanan ke wilayah Seoul dan metropolitan. G-Train berangkat dari Stasiun Yongsan dan berhenti di beberapa stasiun, termasuk Stasiun Gunsan, dengan pemberhentian terakhir di Stasiun Iksan. Kereta lainnya yang beroperasi termasuk kereta Saemaeul dan Mugunghwa. Transportasi umum dari Stasiun Gunsan termasuk bus antarkota dan lokal yang membawa pengunjung ke tempat-tempat wisata utama dan kota-kota terdekat, termasuk Jeonju dan Iksan.

Stasiun Gunsan
☞ Alamat:
455, Naeheung-dong, Gunsan-si, Jeollabuk-do (전라북도 군산시 내흥동 455)
☞ Fasilitas: Toko serba ada, loket karcis, kantor stasiun, ruang perawatan, tempat parkir, dll.
☞ Pertanyaan: +82-1544-7788 (Bahasa Korea, Inggris)

Rekomendasi objek wisata

Festival Bibimbap Jeonju

Festival Bibimbap Jeonju 2018 (Sumber: Komite Penyelenggara Festival Bibimbap Jeonju)

Sebagai salah satu kota favorit wisatawan di Korea, Jeonju menawarkan lebih banyak keseruan di bulan Oktober dengan Festival Bibimbap Jeonju. Festival ini diadakan di sekitar Sekolah Konfusianisme Jeonjuhyanggyo di Desa Hanok Jeonju, menawarkan rasa dari berbagai jenis bibimbap serta hidangan khusus lainnya. Diadakan selama empat hari mulai 9-12 Oktober, jangan lewatkan festival representatif Jeonju tahun ini.

Tip) Bibimbap Q&A

Bibimbap Jeonju

Dari semua variasi bibimbap yang mewakili Korea, bibimbap Jeonju adalah yang paling populer di kalangan orang asing. Sebelum kamu memesan, inilah beberapa informasi bermanfaat tentang bibimbap.

Q. Bolehkah vegan makan bibimbap?
A. Bisa. Bibimbap terdiri dari berbagai sayuran dengan tambahan daging yang membuatnya jadi makanan sehat. Bahan utama bibimbap Jeonju adalah nasi yang dimasak dengan tauge (salah satu dari Sepuluh Rasa Jeonju) dengan berbagai sayuran dan kacang-kacangan yang berubah berdasarkan musim, menjadikannya makanan yang sempurna untuk vegan. Bahan-bahannya sangat bervariasi di setiap restoran, jadi pastikan untuk meminta pelayan untuk menghilangkan bahan-bahan yang tidak kamu inginkan di bibimbapmu saat melakukan pemesanan.

* Sepuluh Rasa Jeonju: Lobak muda dari Gunung Girinbong; hwangpomuk (jeli kacang hijau kuning) dari Gyo-dong; Labu musim panas Korea dari Sinpung-ri; kesemek dari Lembah Seonanggol; rokok dari Soyang; lobak putih dari Samnye; kepiting dari Hannae; Ikan kecil Goby dari Hannae dan Aliran Namcheon; peterseli air dari Seonneomeo; dan tauge dari Gyo-dong.

Q. Apakah kita perlu mencampur nasi dengan sendok?
A. Tergantung pada cara nasi dimasak. Jika nasi dimasak menggunakan kaldu tulang sapi, maka menggunakan sendok akan lebih baik. Untuk semua jenis beras lainnya, gunakan sumpit untuk mencampur sayuran dan nasi. Jika kamu mencoba mencampur bibimbap biasa dengan sendok, hasilnya mungkin tidak memuaskan karena potongan sayuran di antara nasi.

Q. Saya khawatir gochujang (pasta cabai) rasanya terlalu pedas.
A. Banyak restoran di Jeonju menggunakan gochujang yang dibuat dengan bahan-bahan lokal untuk rasa pedas khas Korea. Meskipun beberapa restoran menyajikan bibimbap dengan gochujang di atasnya, kamu bisa meminta pelayan untuk menyiapkan dan menyajikan pasta secara terpisah setelah melakukan pemesanan sehingga kamu bisa mengatur level kepedasan.

Tip) 3 Objek Wisata Terbaik untuk dikunjungi selama Festival Bibimbap Jeonju

1. Kuil Gyeonggijeon
Kuil Gyeonggijeon, yang berarti istana yang dibangun di atas tanah yang penuh kegembiraan, memiliki potret Raja Tae-jo, pendiri Dinasti Joseon. Sejarah Dinasti Joseon juga dapat dilihat di dalam kuil. Dengan berbagai jenis pohon tumbuh di sekitar kuil, tempat ini merupakan objek wisata ideal untuk berjalan-jalan dan berfoto. Di seberang kuil terdapat Katedral Katolik Jeondong, satu lagi objek wisata Jeonju yang terkenal.

☞ Alamat: 44, Taejo-ro, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 태조로 44)
☞ Pertanyaan: +82-63-281-2790 (Khusus bahasa Korea)

2. Desa Seni Seohak-dong
Dulunya disebut Desa Guru, karena populasi besar guru dan siswa di daerah tersebut, tempat ini mulai ditinggalkan warga setelah ekonomi lokal mulai menurun. Pada tahun 2010, berbagai seniman mulai menetap dan merenovasi area dengan seni dan galeri seni. Sekarang, pengunjung dapat menemukan berbagai karya seni di seluruh desa seni ini.

☞ Alamat: 85-3, Seohak 3-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 서학3길 85-3)

3. Katedral Katolik Jeondong
Sebagai salah satu katedral Katolik paling indah di Korea, Katedral Katolik Jeondong juga merupakan gereja terbesar dan tertua di wilayah selatan Korea. Gereja ini adalah situs martir Katolik pertama di Korea. Bersama dengan Katedral Myeong-dong di Seoul dan Gereja Katolik Gyesan di Daegu, Katedral Katolik Jeondong dianggap sebagai salah satu dari tiga katedral utama di Korea.

☞ Alamat: 51, Taejo-ro, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 태조로 51)
☞ Pertanyaan: +82-63-284-3222 (Khusus bahasa Korea)

Festival Bibimbap Jeonju
☞ Periode:
9–12 Oktober 2019
☞ Tempat: 95, Seohak-ro, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 서학로 95)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 20 menit atau bus kota sekitar 50 menit dari Stasiun Jeonju
☞ Jam operasional: 08:00-21:00
* Jam operasional bervariasi menurut hari; lihat situs web sebelum berkunjung
☞ Tiket masuk: Gratis
* Biaya terpisah berlaku untuk Legend of Bibimbap dan program lainnya)
☞ Program utama: 35-dong Our Town Bibimbap, Dae-dong Bibim Party, Stand restoran Jeonju, pasar loak, zona foto, dll.
☞ Pertanyaan: +82-63-231-8969 (Khusus bahasa Korea)
☞ Situs web: www.bibimbapfest.com (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin)

Makanan jalanan di Desa Hanok Jeonju

Makanan jalanan di Desa Hanok Jeonju

Pesona lain dari Desa Hanok Jeonju adalah pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan. Dengan adanya begitu banyak pilihan, beberapa orang mengatakan perjalananmu ke Jeonju mungkin dimulai dan berakhir di sini jika kamu mencoba untuk merasakan semuanya. Begitu memasuki jalan utama desa hanok, kamu akan melihat kios-kios di jalan mulai dari choco pie asli bergaya Jeonju hingga pangsit udang, sate ayam, slushy, hotteok (kue isi gula), bir buah dan banyak lagi. Sebagian besar toko menerima kartu kredit untuk kenyamanan para pengunjung.

Makanan jalanan di Desa Hanok Jeonju

Gilgeoriya, salah satu kios jalanan asli di Desa Hanok Jeonju, terkenal dengan burger baguette-nya. Tidak seperti baguette biasa, burger baguette diisi dengan paprika cincang, selada, mayones, saus tomat dan bahan-bahan lainnya untuk rasa yang lezat. Sate gurita adalah jajanan popular lainnya. Dengan pilihan saus sedang dan pedas, sate gurita ini dijual seharga 4.000 won per potong. Makanan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah keju Imsil panggang, dijual seharga 3.000 won. Keju panggang cocok dengan berbagai pilihan topping, seperti susu kental manis, cabai, mangga, cokelat, dan yogurt.

Desa Hanok Jeonju
☞ Alamat: 29, Eojin-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 어진길 29)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 20 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Stasiun Jeonju
☞ Jam operasional: Buka sepanjang tahun
* Bervariasi berdasarkan toko
☞ Tiket masuk: Gratis
* Biaya bervariasi untuk pengalaman hanbok dan program lainnya
☞ Pertanyaan: +82-63-282-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Spanyol)

Gilgeoriya (Cabang utama)
☞ Alamat:
124, Gyeonggijeon-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do (전라북도 전주시 완산구 경기전길 124)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 20 menit atau bus kota sekitar 40 menit dari Stasiun Jeonju
☞ Jam operasional: 09:30-21:00
* Dapat tutup lebih awal jika bahan habis
☞ Menu khas: Burger baguette 4,000 won
☞ Pertanyaan: +82-63-286-5533 (Khusus bahasa Korea)

Kota Jalan Kereta Api Gyeongam-dong Gunsan

Kota Jalan Kereta Api Gyeongam-dong Gunsan

Desa Jalan Kereta Api Gyeongam-dong Gunsan dipenuhi dengan kisah-kisah sejarah modern. Pada tahun 1944, jalur kereta api sepanjang 2,5 kilometer menghubungkan pabrik Paper Korea dengan Stasiun Gunsan. Setelah perjalanan kereta api dihentikan pada Juli 2008, tempat ini berubah menjadi desa mural yang lucu di sepanjang rel dan menjadi salah satu objek wisata paling populer di Gunsan. Ada banyak kegiatan untuk dinikmati di desa jalan kereta api, termasuk mencoba seragam sekolah lama, membuat dalgona (gula dan permen soda kue Korea), dan mengambil foto di berbagai tempat foto.

Kota Jalan Kereta Api Gyeongam-dong Gunsan
☞ Alamat:
14, Gyeongchon 4-gil, Gunsan-si, Jeollabuk-do (전라북도 군산시 경촌4길 14)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 10 menit atau bus kota sekitar 35 menit dari Stasiun Gunsan
☞ Jam operasional: Buka sepanjang tahun
* Jam operasional bervariasi berdasarkan toko dan pusat pengalaman
☞ Tiket masuk: Gratis
* Biaya terpisah berlaku untuk pengalaman seragam sekolah dan program lainnya
☞ Pertanyaan: +82-63-453-4986 (Khusus bahasa Korea)

Gochu Jjamppong & Jjajangmyeon Gunsan

Gochu jjamppong & jjajangmyeon Gunsan

Makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Gunsan tidak lain tidak bukan adalah jjamppong dan jjajangmyeon. Karena Gunsan adalah kota pelabuhan, banyak makanan laut segar ditambahkan ke masakan Mandarin bergaya Korea ini. Jirinseong, sebuah restoran populer yang berspesialisasi dalam kedua menu, adalah tempat yang tepat untuk merasakan kombinasi pedas dan gurih. Bagi mereka yang menyukai makanan pedas, gochu jjamppong menawarkan rasa yang lebih kuat dan lebih berani dengan cabai Korea dan makanan laut Korea, seperti remis, kerang, dan cumi, yang ditambahkan ke dalam sup. Bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih ringan, jjamppong dan jjajangmyeon juga tersedia. Karena restoran ini memiliki antrian panjang sepanjang hari, pastikan untuk berkunjung di pagi hari agar bisa berada paling depan. Kota Gunsan juga berencana membuat jalan khusus yang didedikasikan untuk jjamppong dalam waktu dekat.

Jirinseong
☞ Alamat:
87, Miwon-ro, Gunsan-si, Jeollabuk-do (전라북도 군산시 미원로 87)
☞ Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 15 menit atau bus kota sekitar 50 menit dari Stasiun Gunsan
☞ Jam operasional: 09:30-16:00
* Tutup hari Selasa 
* Dapat tutup lebih awal jika bahan habis
☞ Menu khas: Gochu jjamppong 9,000 won / Gochu jjajangmyeon 9,000 won
☞ Pertanyaan: +82-63-467-2906 (Khusus bahasa Korea)

☞ Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada September 2019, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.
 

Share This Article

Related Post

Taman Seni Anyang

Kafe Dessert Sona

Stasiun Suseo

Kuil Sangwonsa

Motel Apple - Goodstay

Sangnok Aquapia?