Menjelajahi Sejarah Busan melalui Arsitektur Bangunan

Menjelajahi Sejarah Busan melalui Arsitektur Bangunan

Brownhands Baekje

Busan telah diakui sebagai tujuan wisata terbaik Asia tahun 2018 oleh Lonely Planet. Saat mengunjungi Busan, kamu akan terpana dengan keindahan arsitektur yang ditawarkan, salah satunya tentu saja pemandangan gedung pencakar langit yang seakan mengelilingi sisi laut, namun masih banyak bangunan tua yang memiliki nilai kehormatan dan keagungan. Nikmati perjalanan menjelajahi waktu dengan beragam gaya arsitektur di Busan!

Rumah Sakit yang Bertransformasi Menjadi Sebuah Kafe,
Brownhands Baekje

Brownhands Baekje


 

Rumah Sakit Baekje di Busan dibuka pada tahun 1927, namun rumah sakit ini hanya bertahan sampai tahun 1932. Beruntungnya, bangunan terkemuka yang dibangun dengan bata tersebut tidak hancur, lantai pertama bangunan tersebut saat ini digunakan sebagai Kafe Brownhands Baekje. Pengunjung dapat melihat kayu original dari bangunan ini yang ada pada langit-langit dan jendela bangunan, bahkan mungkin kamu dapat mencium sedikit bau steril yang hanya dapat kamu temukan di sebuah rumah sakit. Interior kafe ini didesain dengan pencahayaan lembut serta kehadiran tanaman hias yang memberikan suasana nyaman untuk bersantai. Dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Busan, Brownhands Baekje merupakan cara terbaik untuk menikmati sejarah modern Kota Busan.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
16, Jungang, daero 209beon-gil, Dong-gu, Busan
Petunjuk arah: Sekitar 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Busan
Jam operasional: 10.00-23.00
Menu khas: Espresso 4.500 won / Orangeade 6.800 won
Telepon: +82-51-464-0332 (Korean Only)

Kegiatan Mengesankan di dalam Sebuah Pabrik,
Choryang 845

Choryang 845



Choryang 845 merupakan sebuah restoran dan kafe yang beroperasi di dalam area pabrik tua. Seperti pepatah, bahwa kamu tidak bisa menghakimi sebuah buku dari sampulnya, pemandangan bagian luar berupa kontainer tidak sama sekali memberikan kesan betapa menariknya bagian dalam kafe ini. Restora  ini menawarkan menu klasik seperti pasta basil pesto dan Pasta Pollock roe serta paket menu yang akan berubah setiap dua sampai tiga minggu sekali. Kamu bisa memilih duduk di dekat jendela untuk menikmati pemandangan Busan sambil menikmati minuman segar.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
8, Mangyang-ro 533beon-gil, Dong-gu, Busan
Petunjuk arah: Sekitar 10 menit menggunakan taksi dari Stasiun Busan
Jam operasional: 11.00-21.00, makan siang 11.30-14.00, makan malam 15.00-20.00 (hanya menu kafe yang tersedia di luar waktu makan tersebut)
Menu khas:
•    Restoran: Meja soban 13.000 won / Pasta basil pesto 15.000 won
•    Kafe: Candy soda 7.000 won / Choryangje latte 7.000 won / Mini toast set 6.000 won
Telepon: +82-51-465-0845 (Korean Only)
Instagram: @_choryang845

Bersantai di atas Tikar Tatami,
Rumah Jeongnangak

Ruang Kebudayaan Sujeong (Rumah Jeongnangak)

Rumah Jeongnangak merupakan bangunan sisa-sisa dari kependudukan Jepang serta menjadi begitu terkenal saat tampil di beberapa film dan video musik. Rumah ini telah berubah nama menjadi Ruang Kebudayaan Sujeong dan dibuka kembali untuk publik sebagai sebuah kafe. Demi menjaga harmonisasi antara bagian dalam dan bagian luar, pengunjung dapat merasakan pengalaman menikmati sajian teh sambil duduk di atas lantai tikar tatami Jepang. Semua lantai bangunan serta kehadiran taman indah yang ada terbuka bagi semua pengunjung.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
75, Honggok-ro, Dong-gu, Busan
Petunjuk arah: Sekitar 10 menit menggunakan taksi dari Stasiun Busan
Jam operasional: 09.00-18.00 *tutup pada hari Seollal (Tahun baru imlek) & Chuseok (Korean Thanksgiving)
Menu Khas: Green Plum Tea 4.000 won / Americano 4.000 won
Telepon: +82-51-467-7887

Menikmati Beragam Kuliner di Pasar Jagalchi

Pasar Jagalchi


 


Jagalchi Market merupakan pasar seafood perwakilan kota Busan. Di pasar ini kamu dapat menemukan segala jenis makanan laut dan pemandangan laut yang indah. Pasar ini dibangun dengan jenis bangunan modern  dengan desain atap yang menyerupai burung cama, serta kehadiran kios-kios di sisi dermaga yang dibentuk selama kependudukan Jepang. Pengunjung dapat mengambil makanan laut segar sesuai pilihan dan langsung disajikan di Restoran Chojangjip yang berlokasi di lantai dua pasar ini. Untuk lebih menikmati pasar ini, pastikan kamu mendapatkan tempat duduk terbaik yang menghadirkan pemandangan memukau.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
52, Jagalchihaean-ro, Jung-gu, Busan
Petunjuk arah: Sekitar 6 menit berjalan kaki dari Stasiun Nampo (kereta bawah tanah Busan jalur 1), pintu keluar 2.
Jam operasional: 02.00-22.00
Telepon: +82-51-245-2594 (Korean Only)
Situs web: jagalchimarket.bisco.or.kr (Korean Only)

Dari Galangan Kapal Menjadi Sebuah Galeri Seni Luar Ruangan,
Kangkangee Art Village

Kangkangee Art Village

 

Kangkangee Art Village berlokasi di tengah-tengah industri pembuatan kapal sekitar tahun 1970 sebagai tahun yang terkenal dengan warna-warninya. Nama dari desa ini datang dari onomatopoeia yaitu suara ketukan sebuah palu saat proses perbaikan kapal. Ketika industri perkapalan sedang mengalami penurunan, para pemuda pekerjanya mencari pekerjaan baru kemudian daerah tersebut menjadi stagnan. Untuk menghidupkan kembali desa tersebut, dilakukan upaya pembangunan sebuah desa seni, salah satunya adalah dengan mengecat dinding-dinding dengan mural warna-warni, membuat patung-patung indah, serta membuka museum&galeri. Kemudian kerja keras mereka terbayar, kini Kangkangee Art Village kerap dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan suasana modern yang menyatu dengan tradisional. 

Informasi lebih lanjut

Alamat:
No. 201, Lifestyle Culture Center, 8-8, Daepyeong-ro 27beon-gil, Yeongdo-gu, Busan
Petunjuk arah: Stasiun Nampo (Kereta bawah tanah busan jalur 1), pintu keluar 6. Gunakan bus No. 6 dari Halte Jembatan Yeongdodaegyo kemudian turun di Halte Yeongdo Telephone Office. Sekitar 7 menit berjalan kaki dari halte
Situs web: kangkangee.com (Korean, English)

Bangunan Kantor dengan Pemandangan Laut Lepas,
SINKI Industry

Eksterior dari SINKI Industry

Bangunan kantor SINKI Industry memiliki pemandangan lautan lepas yang menakjubkan. Didirikan pada 1987 sebagai produsen pembuatan lonceng, bangunan ini sekarang menghadirkan sebuah kafe, toko produk dan area rooftop. Semua area dari bangunan ini terbuka untuk umum kecuali area kantor yang ada pada lantai 4. Bagian rooftop merupakan bagian yang paling terkenal di kalangan publik karena menghadirkan ruang terbuka di mana para pengunjung dapat merasakan kesejukan angin sepoi-sepoi sambil menikmati pemandangan laut lepas. Area rooftop akan ditutup saat cuaca sedang buruk, namun kamu tetap bisa menikmati pemandangan indah dari jendela-jendela yang ada di lantai 2 kafe ini.

SINKI Industry


 


Untuk mendapatkan suvenir lucu , pastikan untuk berhenti sejenak di toko yang tersedia dan menjual ragam suvenir menarik, mulai dari lonceng SINKI sampai berbagai merchandise dengan merk Moomin yang dibuat oleh SINKI. Terdapat beragam suvenir, dari yang sederhana hingga klasik, dari yang lucu hingga modern, semua bisa kamu temukan di sini!

Informasi lebih lanjut

Alamat:
2, Wachi-ro 51-beon-gil, Yeongdo-gu, Busan
Petunjuk arah: Sekitar 17 menit menggunakan taksi dari stasiun Busan
Jam operasional: 
•    SINKI Café: 11:00-23.00
•    SINKi Shop: 12:30-22.30
Menu khas: Cold Brew 6.000 won / Huinnyeoul-gil milk tea 6.000 won
Telepon: +82-51-417-2598 (Korean Only)

Pabrik Kawat yang Menjadi Ruang Budaya, F1963

Eksterior F1963 dan toko buku Yes24 di berlokasi dalamnya


 


F1963 merupakan area pusat budaya yang terdapat di pabrik tua Kiswire, sebuah pabrik kawat Korea. Huruf F di nama tersebut merupakan kependekan dari “Factory” (pabrik), sementara tahun 1963 merupakan tahun di mana Kiswire didirikan. Ruang interior  di sini berisi area-area menarik yang beraneka ragam, termasuk kedai kopi yang cukup terkenal yaitu Terarose, toko buku Yes24, the makgeolli bar boksoondoga, dan beberapa pameran. Sebaliknya, bagian luar bangunan ini terkesan sederhana dan polos.

Kafe Terarosa di dalam F1963


 

Bangunan pabrik ini telah dirancang ulang dengan baik, lantai pada pabrik ini tidak diubah sama sekali, sementara pintu&jendela serta interiornya dirancang ulang. Untuk mempertahankan ciri khas bangunan, kawat metal yang bernilah seni menghiasi bangunan ini, memungkinkan pengunjung untuk merasakan suasana masa lampau dan masa kini secara bersamaan.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
20, Gurak-ro 123beon-gil, Suyeong-gu, Busan
Petunjuk arah: Gunakan Bus No. 40 dari Halte Busan Station (di depan air mancur) kemudian turun di Halte Suyeong Intersection (Stasiun Suyeong). Pindah bus No. 54 kemudian turun di Halte Goryeojegang
Jam operasional:
•    YES24: Senin-Jumat 11.00-20.00 / Sabtu-Minggu & hari libur nasional 11.00-21.00
•    Terarosa: 09.00-21.00 (pemesanan terakhir 20.30)
•    Boksoondoga: 11.30-22.30 (pemesanan terakhir 21.00)
•    Praha993: Selasa-Kamis 11.30-23.00 / Jumat 11.30-24.00 / Sabtu 12.00-24.00  Minggu 12.00-22.00 (Selasa-Kamis waktu istirahat 14.30-17.00) *tutup Senin
•    Garden in Forest Works: Maret-September 10.00-19.00 / Oktober-Februari 10.00-18.00 *tutup Senin
Telepon: +82-51-756-1963
Situs web: www.f1963.org (Korean, English, Japanese, Chinese)

Pemandangan di Taman Pesisir, Millak Waterfront Park

 

Millak Waterfront Park (Credit: Pemerintah Metropolitan Busan)

Millak Waterpark dibuka pada Mei 1997 sebagai taman depan laut pertama di Korea. Ruang santai bagi para komunitas ini terletak di pesisir antara Haeundae dan Pantai Gwangalli yang menghadirkan pemandangan luar biasa dari Jembatan Gwangandaegyo dan Marine City pada malam hari. Taman ini selalu dipenuhi oleh warga lokal maupun turis internasional pada malam musim panas. Kamu dapat menikmati ayam goreng maupun makanan laut sambil menikmati udara malam taman ini. 

Informasi lebih lanjut

Alamat:
361, Gwanganhaebyeon-ro, Suyeong-gu, Busan
Petunjuk arah: Gunakan bus No. 41 dari Halte Stasiun Busan (di depan air mancur) kemudian turun di Halte Millak Waterfront Park

Menyantap Kuliner Lezat di Marine City

Anello


 

Anello merupakan restoran dengan hidangan domba dan pizza di Marine City, terletak di jalan pesisir yang membentang dari Jalan Film Haeundae sampai pulau Dongbaekseom. Restoran ini memiliki pemandangan samudra biru yang seakan terbelah oleh jembatan Gwangandaegyo. Nikmati sajian iga domba serta pizza dengan segelas bir dingin yang menyegarkan!

Informasi lebih lanjut

Alamat:
51, Marine city3-ro, Haeundae-gu, Busan
Petunjuk arah: Gunakan Bus No. 1003 dari Halte Stasiun Busan (di depan air mancur) kemudian turun di Halte Daewoo Marina. Sekitar 11 menit jalan kaki dari halte
Jam operasional: 12.00-03.00 (esok hari)
Menu khas: French Rack 57.000 won / Rucola Pizza 27.500 won
Telepon: +82-51-747-4922

Pusat Belanja Terbesar di Dunia, SHINSEGAE Centum City

SHINSEGAE Centum City


 


Busan adalah rumah bagi SINSEGAE Centum City, tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai pusat belanja terbesar di dunia. Pengunjung dapat menikmati kegiatan belanja sekaligus merasakan ice skating maupun spa ala Korea. Area makan yang terletak di bagian bawah gedung diisi oleh merk restoran terkenal dari seluruh negeri. Centum City Mall yang dibuka di Annex menghadirkan toko buku yang sangat besar, toko bebas bea, toko elekronik dan masih banyak lagi. Wah, mengunjungi pusat belanja merupakan ide yang bagus untuk menghindari cuaca musim panas, lho!

Informasi lebih lanjut

Alamat:
35, Centum-daero, Haeundae-gu, Busan
Petunjuk arah: Gunakan bus No. 1001 dari Halte Stasiun Busan (di depan air mancur) kemudian turun di Halte Stasiun Centum City BEXCO. Sekitar 9 menit berjalan kaki dari halte.
Jam operasional: 
•    Tutup pada senin kedua atau ketiga setiap bulannya, silakan cek di situs web resmi
•    Senin-Kamis 11.00-20.00 (Main Hall & Annex)
•    Jumat-Minggu & hari libur nasional 11.00-20.30 (Main Hall & Annex)
•    Duty Free: Senin-Kamis 09.30-20.00 / Jumat-Minggu & hari libur nasional 09.30-21.00
Telepon: +82-1588-1234
Situs web: www.shinsegae.com (Korean, English, Chinese)

Menikmati Pemandangan Gedung Pencakar Langit Busan
di The Bay 101

The Bay 101

The Bay 101 terletak di pintu masuk Pulau Dongbaekseom yang merupakan sebuah Rumah dari galeri budaya dan kesenian, toko-toko, kafe dan restoran. Untuk makan malam, kamu bisa mengunjungi Restoran Daedo yang memiliki spesialisasi daging sirloin serta fish&chips dengan bir dingin. Bagi yang tertarik dengan dunia seni dapat mengunjungi Galeri 101 dan bagi yang mencari keunikan, kamu dapat mengunjungi The Bay 101 Yacht Club. Mengunjungi kafe pada siang hari menarik untuk dilakukan, namun malam hari di sini akan memberikan kesan tersendiri dengan kehadiran lampu-lampu dari gedung pencakar langit yang terpancar indah dari air laut.

Informasi lebih lanjut

Alamat:
52, Dongbaek-ro, Haeundae-gu, Busan
Petunjuk arah: Gunakan bus No. 1003 dari Halte Stasiun Busan (di depan air mancur) kemudian turun di Halte Dongbaekseom Entrance. Sekitar 6 menit berjalan kaki dari halte.
Jam operasional:
•    Gallery 101: Senin-Kamis 10.00-21.00 / Jumat-MInggu 10.00-22.00
•    Daedo Restaurant: 11:00.22:00
•    Fingers & Chat: 11.00-01.00
•    Fingers & Chat Dining Pub: 08.00-24.00
•    Side Coffee: 07.30-23.00
Pertanyaan: +82-51-726-8888 / Pemesanan Yacht club  +82-51-731-0805
Situs web: www.thebay101.com (Korean, English)
1330 Korea Travel Hotline: +82-2-1330 (Korean, English, Japanese, Chinese, Russian, Vietnamese, Thai, Malay)

*Kolom ini terakhir diperbarui pada Juli 2018, karena itu informasi yang ada mungkin dapat berbeda. Kami menyarankan kamu tetap mengunjungi situs web resmi untuk mendapatkan informasi selengkapnya.


 

Share This Article

Related Post