Panduan Pemula untuk Bermain Ski di Korea

Panduan Pemula untuk Bermain Ski di Korea

Foto: Wisatawan menikmati permainan ski di malam hari

Korea tengah bersiap menjadi tuan rumah pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 dengan resor ski yang tersebar di seluruh negeri, jumlah wisatawan asing yang datang untuk menikmati permainan ski di Korea terus meningkat. Nah, bagi wisatawan yang tinggal di negara hangat dan belum pernah mencoba permainan ski, kamu tidak perlu khawatir, Korea Tourism Organization telah merangkum panduan bermanfaat untuk pemula dalam menikmati beragam resor ski di Korea. Setelah membaca panduan ini, kumpulkan seluruh keberanian kamu untuk menghadapi lereng yang curam!

Panduan Bermain Ski

Step 1. Beli tiket lift & sewa beberapa perlengkapan

Foto: Penyewaan Pakaian (kiri) / Wisatawan menyewa perlengkapan ski (kanan)

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika sampai di resor ski adalah melakukan pembelian tiket lift dan menyewa perlengkapan bermain ski. Kamu bisa membawa pakaian ski dan perlengkapan kamu sendiri apabila telah memilikinya. Namun, perlu diingat bahwa topi ski, kacamata dan sarung tangan tidak tersedia dalam paket penyewaan sehingga kamu harus membawanya sendiri.

Pengoperasian lift biasanya dibagi menjadi pagi, siang, sore, dan pada pada pertengahan malam hari. Jika kamu ingin menikmati permainan ski yang lebih lama, tiket harian penuh juga tersedia untuk kamu nikmati dengan kombinasi pagi + siang, siang + sore, atau sore + tengah malam. Waktu penyewaan perlengkapan bisa disesuaikan dengan waktu penggunaan lift.

Nama Perlengkapan Ski & Penjelasannya

Foto: Nama perlengkapan ski

-    Plate: Pemula harus menggunakan Plate dengan ukuran sesuai tinggi badannya atau 10 cm lebih pendek dari tinggi badannya.
-    Boots: Gunakan ukuran yang sesuai agar nyaman dalam menikmati permainan, selama menyewa perlengkapan, beri tahu berapa ukuran sepatu kamu. Ukuran Korea menggunakan            satuan milimeter (mm)
-    Pole: Pole haru setinggi pusar pemain, Pole dapat membantu keseimbangan serta membantu ketika melepaskan boots dari plate.

Step 2. Pelajari pose dasar dalam ski

Foto: Salah satu pose dasar dalam bermain ski

Sebelum menuju lift dan mencapai puncak lereng, kami merekomendasikan para pemula untuk mempelajari pose dasar dalam ski. Ketika mencoba permainan ini, kamu harus menempatkan ski dalam garis pararel. Gunakan pole untuk membantu keseimbangan dan meluncur dengan pasti ke dasar lereng. Ketika menempatkan ski dalam garis paralel, tekuk lutut dan condongkan sedikit badan kedepan, pastikan bagian punggung tetap lurus tanpa menempatkannya terlalu jauh.

Foto: Gaya Paralel (ski) / Tampilan pose A (kanan)

Setelah terbiasa dengan gaya pertama, waktunya untuk mencoba pose A! Sesuai namanya, pose ini dilakukan dengan membentuk kaki sesuai huruf A dengan membentangkannya, pose ini berguna untuk mengontrol kecepatan.

Foto: Pose A yang benar (kiri) / Pose A yang salah (kanan)

Satu hal yang harus diketahui ketika memeragakan Pose A adalah dengan membuat jarak antara kedua plate kira-kira satu kepalan tangan. Jika terlalu jauh kamu akan kehilangan keseimbangan, jika terlalu dekat kamu akan kehilangan arah tanpa mengurangi kecepatan.

Step 3. Pelajari cara jatuh dengan aman

Foto: Cara yang benar untuk jatuh dengan aman dan cara untuk bangkit kembali

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun cara lain untuk tetap aman dan menikmati permainan ski adalah dengan belajar cara jatuh yang aman. Sebagai pemula, jatuh merupakan hal yang tidak diharapkan, namun lebih baik mempelajari cara aman untuk mengurangi dampak terluka yang bisa didapatkan ketika jatuh.

Step 4. Pelajari cara berjalan di lereng

Foto: Pemain ski berjalan menaiki lereng

Saat bermain ski mungkin kamu secara tak sengaja menjatuhkan topi atau perlengkapan ski lainnya, keadaan ini memaksa kamu untuk mengambil perlengkapan tersebut dengan cara berjalan di atas lereng. Berjalan di atas lereng berbeda dengan berjalan normal, tapi kamu akan segera terbiasa dengan cara berjalan di atas lereng.

Sama dengan ketika kamu harus segera bangun saat terjatuh, berdirilah dengan plate yang kamu miliki dengan garis paralel yang memotong lereng. Dari posisi ini, atur bagian atas kaki kamu ke arah lereng. Pastikan untuk mempertahankan posisi paralel secara benar.

Step 5. Naik lift

Foto: Menaiki lift

Setelah mempelajari pose dasar, waktunya untuk naik lift menuju puncak lereng! Saat menaiki lift, pegang erat perlengkapan ski dan berdirilah di tempat tunggu. Lihat bagian belakang untuk memastikan posisi sebelum benar-benar duduk. Setelah duduk, turunkan pengaman dan letakan plate di atas pijakan kaki. Pijakan kaki dapat menahan pengaman ketika menggunakan boots dan plate yang berat. Perlengkapan bisa saja terjatuh jika kamu tidak meletakannya dengan benar, maka berhati-hatilah. 

Ketika diatas lereng,  ikuti petunjuk dari staff yang ada. Saat turun, lepaskan kaki kamu dari pijakan lalu kamu bisa melepaskan pengaman yang ada. Jika staff memberikan arahan untuk segera berdiri, cepatlah untuk bangkit dan melangkah pergi agar tidak terkena oleh lift yang terus berjalan.

Step 6. Bermain ski di malam hari

Foto: Menikmati permainan ski di malam hari

Jika kamu nyaman bermain ski pada siang hari, cobalah untuk merasakan permainan ski malam hari yang menakjubkan! Resor ski menawarkan waktu permainan yang berbeda, namun hampir semua resor menawarkan waktu bermain pada sore, malam bahkan pada tengah malam sekalipun. Walaupun lereng memiliki pencahayaan yang cukup terang namun perlu diingat bahwa jarak pandang akan lebih pendek dibanding pada siang hari. Selain itu suhu pada malah hari lebih dingin, jadi pastikan untuk menggunakan pakaian yang lebih tebal untuk menghindari kedinginan. 

Tip) Pelajaran ski dari instruktur ahli

Foto: Pemain pemula menghadiri pelajaran privat dengan seorang instruktur

Untuk pemain awam, mendaftar pelajaran privat merupakan salah satu cara untuk mempelajari permainan ski. Resor ski di Korea menawarkan kelas belajar yang beragam, dari kelas untuk kelompok hingga kelas privat yang hanya dihadiri 1 – 2 pemain. Pelajaran privat memiliki biaya yang cukup mahal namun instruktur dapat mempraktekan langsung panduan kepada para pemula secara langsung. Muatan yang ada dalam kelas tersebut bisa terdiri dari panduan awal, teknik ski menengah bahkan hingga teknik ski lanjutan, tergantung yang dibutuhkan oleh siswa yang mengikuti kelas tersebut. Selain itu di beberapa resor tersedia kelas dengan beberapa bahasa lain, jadi pastian untuk mengecek ketersediaan bahasa yang kamu inginkan.  Harap perhatikan bahwa terdapat program dasar yang menyertakan tiket lift bersamaan dan program spesial yang membutuhkan biaya tambahan secara terpisah.

Panduan Resor Ski

Makanan yang cukup terkenal di Resor Ski

Foto: Wisatawan menikmati makanan di Ski Lodge (atas) / Eomuk Tang (kiri bawah) / Dongaseu (kanan bawah) 

Menghabiskan hari di lereng pasti akan membangkitkan selera makan! Gunakan waktu untuk bersantai sejenak dengan menikmati sajian makanan untuk menambah tenaga.

Resor ski di Korea menawarkan beragam makan lezat di foodcourt dan banyak restoran yang ada. Makanan yang paling terkenal adalah sajian makanan hangat yang dapat menghangatkan tubuh seperti Eomuk Tang (Sup Ikan) atau Ramyeon dan makanan ringan seperti Tteokbokki (Kue Beras Pedas) dan Dongaseu (Potongan Daging Babi), selain itu nikmati juga secangkir kopi dan coklat panas yang menghangatkan!

Akomodasi Ski Resor untuk menginap

Foto: Bagian luar Akomodasi Resor Ski (kiri) / wisatawan menikmati sajian ayam di kamarnya (kanan)

Banyak orang mengunjungi ski resor hanya satu hari berkat transportasi yang memudahkan wisatawan. Namun kamu juga bisa menikmati pengalaman menikmati resor di Korea dengan menginap dan merasakan bermain ski lebih dari satu hari. Jika kamu menginap di akomodasi ski resor, kamu bisa mendapatkan diskon untuk menaiki lift. Setelah seharian menikmati ski, banyak wisatawan tertarik untuk membeli makanan malam khas Korea ‘Chimaek’ yang diantar langsung ke kamar mereka.

Fasilitas tambahan resor

Foto: Bukit Seluncur di dalam resor (kiri) / Observatorium (kanan)

Resor ski tidak hanya menjadi tempat untuk bermain ski, kebanyakan resor memiliki fasilitas tambahan yang bisa dinikmati seperti Bukit Seluncur, Taman Air, dan Observatorium. Fasilitas ini berbeda-beda berdasarkan resor yang kamu kunjungi, maka direkomendasikan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum memutuskan menginap di resor yang kamu pilih.   

Lokasi Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Alpensia Resort

Foto: Tower Resor Ski Alpensia

Resor Alpesia akan menjadi lokasi diselenggarakannya Olimpiade Musim Dinging PyeongChang, ada banyak permainan yang dilombakan seperti Ski Jumping, Cross-country Skiing, dan Biathlon. Tower ski merupakan lokasi yang menarik untuk dikunjungi bahkan dari kalangan non-atlet sekalipun. Tower ini bahkan telah ditampilkan dalam program populer ‘Infinity Challenge’. Wisatawan dapat menggunakan monorail sampai ke atas tower sampai olimpiade dimulai. Observatorium menawarkan pemdanganan yang mengaggumkan dari resor dan pegunungan yang ada. Wisatawan juga dapat membeli tiket khusus yang memungkinkan menuju ke lompatan ski yang sebenarnya. Pemandangan sepanjang jalan menuju stadion akan membuat kamu berdebar!

Alamat: 325, Solbong-ro, Daegwallyeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do
Petunjuk arah: Gunakan taksi kira-kira sejauh 7,5 km dari Terminal Bus antarkota Hoenggye
Ski Jump Tower (Observatorium)
Jam operasional: 09.25 (Monorail pertama) – 17.55 (Monorail terakhir)
Tiket: Reguler – Dewasa 2,000 won / Remaja 1,500 won / Anak-anak 1,000 won
Spesial – Dewasa 6,000 won / Remaja 4,000 won / Anak-anak 3,000 won
Situs web: www.alpensiaresort.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)

*Kolom terkait
Mengunjungi beragam resor ski di Korea


Informasi lebih lanjut:

Transportasi (Seoul -> Pyeongchang):
Terminal Bus Dong Seoul → Terminal Bus Intercity Hoenggye (Tarif Dewasa 14,500 won / Waktu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit) 
Terminal Seoul Nambu → Terminal Bus Intercity Hoenggye (Tarif dewasa 13.600 won / Waktu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit )
Situs web Pyeongchang Tourism: tour.pc.go.kr (Korea, Inggris, Jepang, China, Jerman, Perancis)
1330 Korea Travel Hotline: + 82-2-1330 (Korea, Inggris, Jepang, Cina)


*Kolom ini terakhir diperbarui pada bulan Desember 2016, karena itu informasi mungkin dapat berbeda. Kami menyarankan kamu untuk memeriksa rincian yang tersedia di situs resmi.


 

Share This Article

Related Post