Satu Hari dalam Kehidupan Bangsawan Joseon

Satu Hari dalam Kehidupan Bangsawan Joseon

Rumah Bersejarah Songso

Anda dapat belajar banyak hanya dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, tetapi Anda akan belajar lebih banyak lagi dengan menghabiskan waktu bersama mereka yang benar-benar tinggal di sana! Rumah hanok Grand 99-kan (satuan tradisional Korea untuk menghitung luas antara dua pilar) sangat sempurna untuk menjelajahi kehidupan keluarga yangban, bangsawan Joseon. Pada saat itu, ini merupakan keluarga terbesar di luar istana kerajaan, dan terbatas hanya untuk orang-orang yang sangat kaya. Mari ikuti keluarga ini untuk melihat seperti apa keseharian mereka!

* Kolom ini menggambarkan keseharian dalam kehidupan bangsawan dari dinasti Joseon dan tidak berdasar pada orang atau lokasi nyata.

7 AM – Jalan-jalan pagi di halaman 

Berjalan-jalan di depan sarangchae (tempat tinggal lelaki)

Bagi yangban, hari dimulai dengan terbitnya matahari. Para tetua akan berjalan-jalan di halaman setiap pagi untuk bermeditasi mengenai hari yang akan datang. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam melihat-lihat tanaman atau hanya mondar-mandir di sepanjang dinding batu. Anggota rumah tangga yang lain akan menonton dan menunggu penuh antisipasi, mencoba untuk memahami suasana hati si tetua dari seberapa jauh mereka berjalan atau dari ekspresi wajah mereka.

11 AM – Belajar atau tidak, itulah pertanyaannya

Cendekiawan sedang belajar (atas), dan lubang intip dari halaman belakang ke halaman utama (bawah)

Semua lelaki yangban adalah cendekiawan dan pagi hari sering dihabiskan untuk belajar. Tujuan semua lelaki yangban adalah untuk lulus ujian negara, yang berarti mereka harus banyak membaca jika ingin melampaui rekan-rekan mereka. Namun, seperti kata pepatah, bekerja terus tanpa bermain membuat Jack jadi anak yang membosankan, jadi kadang-kadang mereka beristirahat untuk menjamu tamu. Karena pemisahan yang ekstrem antara laki-laki dan perempuan di dinasti Joseon, anggota keluarga perempuan akan menggunakan lubang pengintip di dinding untuk melihat siapa yang datang berkunjung, dan bersiap-siap. Lubang intip dibangun sedemikian rupa sehingga satu lubang di sisi anchae (tempat tinggal perempuan) memberikan pemandangan dengan sudut 45 derajat melalui dua lubang di sisi sarangchae.

1 PM – Waktu makan siang

Tiruan meja yangban di Simbuja Bapsang (Sumber: Gyeongbuk Nadeuri)

Jika rumah Anda adalah salah satu yang terbesar di negara ini, tentunya masuk akal jika meja makan Anda juga akan berukuran besar. Setiap hidangan memiliki nutrisi untuk diet sehat, meliputi nasi, sup, dan kimchi standar, ditambah lima sampai sembilan lauk yang berbeda. Tidak hanya itu, yangban diketahui makan lima kali sehari! Simbuja Bapsang di Cheongsong adalah salah satu tempat yang masih menyajikan makanan khas yangban.

4 PM – Bersantai di sore hari

Upacara minum teh di Rumah Cheongwondang (atas & kiri), tuho nori (kanan)

Setelah pagi yang produktif, keluarga yangban bisa bersantai di sore hari. Para lelaki biasanya bermain baduk atau janggi, sejenis catur Korea. Para perempuan akan bermain tuho nori (lempar panah) untuk berolahraga, atau melakukan lebih banyak kegiatan artistik seperti menjahit atau menulis puisi. Saat ini, banyak rumah bersejarah yang terbuka untuk umum memberikan kesempatan untuk mencoba berbagai kegiatan yang dilakukan yangban di masa lalu. Kegiatan-kegiatan ini berkisar mulai dari partisipasi aktif seperti bermain permainan tradisional atau menumbuk kue beras, hingga menonton acara tradisional seperti pernikahan atau resital musik.

7 PM – Selamat malam

Anchae (tempat tinggal perempuan)

Di penghujung hari, anggota keluarga memberikan ucapan selamat malam kepada orang tua mereka sebelum pergi ke kamar masing-masing untuk waktu pribadi. Di waktu tersebut, para lelaki dapat belajar lebih banyak atau membaca sambil bersantai. Jika mereka ingin sesuatu yang lebih aktif, mereka akan menyelinap ke kamar istri mereka di anchae untuk menghabiskan malam bersama.

Ada beberapa rumah bersejarah yang juga menawarkan kesempatan untuk bermalam di kamar tradisional. Sebagian besar rumah terletak di daerah pegunungan di pedesaan. Jauh dari kebisingan dan lampu-lampu kota, Anda akan dapat menikmati malam yang damai seperti yangban di masa lalu. Anda bahkan dapat melihat bintang-bintang memenuhi langit malam jika Anda memutuskan untuk keluar dari kamar Anda yang hangat dan dipanaskan dengan ondol.

Info Lebih Lanjut

Rumah Tradisional Songso
Alamat:
15-2, Songsogotaek-gil, Cheongsong-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 청송군 파천면 송소고택길 15-2)
Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit atau bus sekitar 35 menit dari Terminal Bus Cheongsong
Jam akomodasi: Check in 14:00 / Check out 12:00 * Jam operasional umum: 09:00-18:00
Tarif kamar (1 malam): 50,000~200,000 won
* Tarif bervariasi berdasarkan jumlah tamu dan waktu menginap; lihat situs web untuk detailnya
* Toilet terletak di gedung terpisah
Program: Menumbuk tteok (kue beras), pengalaman upacara pernikahan tradisional, upacara minum teh, memetik apel, dll.
* Ketersediaan bervariasi berdasarkan musim; tanyakan terlebih dahulu
Pertanyaan: +82-54-874-6556 (Khusus bahasa Korea)
Situs web: songso.modoo.at (Khusus bahasa Korea)

Rumah Cheongwondang (Upacara minum teh & akomodasi)
Alamat:
3, Songsogotaek-gil, Cheongsong-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 청송군 파천면 송소고택길 3)
Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit atau bus sekitar 35 menit dari Terminal Bus Cheongsong
Jam operasional: Berdasarkan sistem reservasi; tanyakan terlebih dahulu
Biaya: Akomodasi 200,000 won (kamar untuk 4 orang) / Upacara minum the 20,000 won (1 orang dewasa)
Program: Akomodasi (satu grup per menginap), upacara minum teh tradisional, dll.
Pertanyaan: +82-10-3530-6119 (Khusus bahasa Korea)
Situs web: chungwondang.modoo.at (Khusus bahasa Korea)

Simbuja Bapsang
Alamat:
39, Deokcheon-gil, Cheongsong-gun, Gyeongsangbuk-do (경상북도 청송군 파천면 덕천길 39)
Petunjuk arah: Naik taksi sekitar 5 menit atau bus sekitar 35 menit dari Terminal Bus Cheongsong
Jam operasional: 08:00-20:00
Harga: Menu set Simbuja (paket 9 hidangan) 9,000 won
* Hidangan dapat bervariasi sesuai musim
Pertanyaan: +82-54-874-6555 (Khusus bahasa Korea)
Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada Februari 2020, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post