Wisata ke Pulau Surgawi Jeju

Wisata ke Pulau Surgawi Jeju

Wilayah    Jeju-do
 
Durasi       3 HARI/2 MALAM

 【 Foto: Pulau yang indah, Jeju 】

SEKILAS PANDANG
Dengan lingkungan alam yang mempesona, Pulau Jeju adalah tempat liburan yang populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Pengunjung dapat menikmati kemegahan alam yang menakjubkan sepanjang tahun di pulau ini: padang-padang berselimutkan bunga-bunga canola kuning di musim semi; laut biru zamrud yang menghalau panas di musim panas; silver grass di musim gugur; dan bunga kamelia di musim dingin. Pulau Jeju adalah Cagar Biosfer pada tahun 2002, Warisan Alam Dunia pada tahun 2007, dan juga Global Geoparks Network pada tahun 2010. Sebagai penerima Triple Crown UNESCO pertama di dunia, Jeju menarik semakin banyak wisatawan setiap tahun.

Tip) Transportasi di Jeju 
Transportasi umum di Jeju tidak berkembang sebaik kota-kota besar sehingga bepergian dengan bus akan sangat merepotkan. Kami sarankan untuk menyewa mobil atau naik taksi.

* Halaman terkait
Penyewaan mobil
Taksi

Hari 1

9:00 AM    Pantai Hamdeok
10:30 AM    Gua Manjanggul
12:00 PM    Pantai Woljeongri
1:30 PM    Puncak Ilchulbong Seongsan 
3:00 PM    Seopjikoji
4:30 PM    Aqua Planet Jeju

9:00 AM, Jalan-jalan menghirup udara segar sepanjang Pantai Hamdeok

【 Foto: Pantai Hamdeok 】

Mulailah perjalananmu dengan menuju ke laut zamrud yang indah! Pantai Seoubong Hamdeok dikenal karena pantai berpasir halus dan air dangkalnya yang bersih, yang menarik banyak keluarga untuk berkunjung. Juga dilengkapi dengan jembatan melengkung di atas basal hitam dan dek panjang yang mengarah ke laut, pantai ini adalah tempat yang indah untuk menikmati perairan biru Jeju. Wisatawan yang mendaki di sepanjang dulle-gil (jalan setapak) yang landai dapat berhenti dan beristirahat di paviliun di sepanjang titik tengah jalan dan menikmati pemandangan laut.

Alamat: 1008, Hamdeok-ri, Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 조천읍 함덕리 1008)

10:30 AM, Menjelajahi Gua Manjanggul

【 Foto: Gua Manjanggul 】

Dengan total panjang 8.928 meter, Gua Manjanggul adalah pipa lahar terpanjang di dunia. Gua ini terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, karena bentuk dan topografi di dalam gua terjaga dengan baik. Ada tiga pintu masuk ke gua, tetapi pengunjung hanya diizinkan masuk melalui pintu masuk kedua dan melihat pipa sejauh 1 kilometer.

Gua ini terlihat seperti latar belakang yang menakjubkan untuk film, membuat pengunjung merasa seolah-olah mereka berada di dunia bawah tanah dengan keindahan mentah. Ada beragam struktur lahar yang menarik di dalam gua. Khususnya, kolom lahar setinggi 7,6 meter di ujung bagian yang dibuka untuk umum dikenal sebagai yang terbesar di dunia. Pengunjung disarankan untuk membawa jaket karena suhu di dalam gua berkisar antara 11 hingga 22 ℃ sepanjang tahun, mempertahankan suhu sejuknya bahkan selama bulan-bulan musim panas.

Alamat: 3341-3, Gimnyeong-ri, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do 
(제주특별자치도 제주시 구좌읍 김녕리 3341-3)
Jam operasional: 09:00–18:00
Kunjungan terakhir at 17:10 Tutup pada hari Rabu pertama dalam sebulan
Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja & Anak-anak 1,000 won

12:00 PM, Makan siang di kafé di Pantai Woljeongri

【 Foto: Pemandangan Pantai Woljeongri 】

Pantai Woljeongri memiliki serangkaian kafe trendi dan nge-hits di sepanjang pantainya, yang menarik banyak pengunjung. Nikmati aroma laut yang menyegarkan saat kamu berjalan di sepanjang jalan setapak dan berfoto di bangku berwarna-warni, daya tarik populer Pantai Woljeongri. Setelah menikmati angin laut yang sejuk, sekarang saatnya untuk memanjakan dirimy dengan makan siang yang lezat dengan pemandangan yang luar biasa di salah satu kafe terdekat.

Alamat: 33-3, Woljeong-ri, Gujwa-eup, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 구좌읍 월정리 33-3)

1:30 PM, Mendaki Puncak Ilchulbong Seongsan 

【 Foto: Puncak Ilchulbong Seongsan  】

【 Foto: Pemandangan laut dari Puncak Ilchulbong Seongsan  】

【 Foto: Tebing di Puncak Ilculbong Seongsan 】

Puncak Ilchulbong Seongsan setinggi setinggi 180 meter ini awalnya merupakan pulau vulkanik, tetapi menjadi terhubung dari waktu ke waktu akibat pasir dan kerikil yang terakumulasi di antara kedua pulau. Hanya sisi barat kerucut tufa ini yang terhubung ke daratan, sedangkan sisanya memiliki tebing terjal yang muncul langsung dari laut. Di puncak terdapat kawah besar, yang berdiameter sekitar 600 meter dan tinggi 90 meter. Dikatakan bahwa penduduk dulu bercocok tanam di sini di masa lalu, tetapi sekarang kawahnya tertutupi silver grass. 

Seongsan berarti “bukit benteng” dalam bahasa Korea dan Ilchulbong berarti “puncak mataharai terbit.” Seperti namanya, puncak ini terkenal karena pemandangan matahari terbitnya yang menakjubkan. Diperlukan sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak dan banyak orang datang pada dini hari untuk menyaksikan matahari terbit yang tak terlupakan.

Alamat: 284-12, Ilchul-ro, Seongsan-eup, Seogwipo-si, Jeju-do 
(제주특별자치도 서귀포시 성산읍 일출로 284-12)
Jam operasional: 07:30-18:00 (Last ticketing at 17:50)
Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja & Anak-anak 1,000 won

3:00 PM, Pemandangan pantai romantis di Seopjikoji

【 Foto: Seopjikoji 】

Kata “koji” dari Seopjikoji adalah dialek Jeju untuk "tanjung" yang menjorok ke laut. Yang menjadi sorotan di tempat ini adalah pemandangan garis pantai yang memukau secara keseluruhan yang ditawarkan dari mercusuar di ujung tebing batu. Dari sini, kamu juga bisa mendapatkan pemandangan mengesankan Puncak Ilchulbong Seongsan yang berdiri di kejauhan di ujung ombak yang bergulir.

Tebing yang menghadap ke kolom bebatuan yang disebut Seonnyeobawi, secara harfiah diterjemahkan sebagai "batu peri." Legenda mengatakan bahwa seorang putra raja naga datang ke sini suatu hari dan jatuh cinta dengan peri yang turun dari surga. Saat mencoba mengikuti peri, dia membuat raja naga marah dan berubah menjadi batu. 

Seopjikoji sering tampil di drama dan film Korea, termasuk miniseri TV populer "All In (2003)," yang dibintangi Song Hye-kyo dan Lee Byung-hun.

Alamat: 261, Seopjikoji-ro, Seongsan-eup, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 성산읍 섭지코지로 261)

4:30 PM, Aqua Planet Jeju

【 Foto: Tangki utama Aqua Planet Jeju 】

【 Foto: Pertunjukan lumba-lumba 】

【 Foto: Terowongan bawah air 】

Aqua Planet Jeju adalah akuarium terbesar di Asia dan rumah bagi lebih dari 5,000 binatang laut. Selain mengamati banyak jenis ikan, pengunjung dapat menyentuh dan merasakan beberapa makhluk laut di Touch Pool (Kolam Sentuh). Mereka juga dapat menikmati ruang pameran dan program bertema akuarium yang beragam, termasuk pengalaman memberi makan ikan pari dan presentasi tentang ekologi yang disediakan oleh aquarist profesional.

Daya tarik utama dari akuarium ini adalah program berjudul "Pagi Haenyeo." Di tangki air utama, seorang penyelam perempuan, atau haenyeo, menyelam tanpa menggunakan peralatan atau alat khusus untuk mendemonstrasikan pengumpulan makanan laut. Pertunjukan Ocean Arena yang berdurasi 50 menit ini juga menarik karena pertunjukan bawah lautnya yang menampilkan hewan laut populer. Program ini berlangsung pada waktu yang dijadwalkan, jadi sebaiknya periksa jadwal terlebih dahulu.

Alamat: 95, Seopjicoji-ro, Seongsan-eup, Seogwipo-si, Jeju-do
(제주특별자치도 서귀포시 성산읍 섭지코지로 95)
Jam operasional: 10:00-19:00 (Penjualan tiket terakhir pukul 17:50)
Tiket masuk: Dewasa 40,900 won / Remaja 39,200 won / Anak-anak 37,200 won
Situs web: www.aquaplanet.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hari 2

9:00 AM    Taman Hiburan Eco Land
12:00 PM    Kawah Sangumburi
2:00 PM    Batu Oedolgae
5:00 PM    PLAY K-POP

9:00 AM, Taman Hiburan Eco Land

【 Foto: Kereta taman Hiburan Eco Land 】

【 Foto: Berbagai pemandangan di Eco Land 】

Taman Hiburan Eco Land menawarkan wisata Hutan Gotjawal purba yang luas dengan kereta yang menawan. Hutan Gotjawal unik karena merupakan satu-satunya tempat di dunia yang berfungsi sebagai rumah bagi tanaman tropis dan kutub.

Kereta berangkat dari pintu masuk dan berhenti di Stasiun Eco-bridge, Stasiun Lakeside, Stasiun Taman Piknik dan Stasiun Lavender, Stasiun Teh Hijau & Taman Mawar. Setiap stasiun menawarkan tempat wisata berbeda yang sesuai dengan tema masing-masing.

Di Stasiun Eco-Bridge telah menunggu dek apung sepanjang 300 meter di danau besar. Berjalan di sini akan terasa seperti berjalan di atas air. Stasiun Lakeside menghadirkan pemandangan eksotis rumput hijau, kincir angin, dan kapal ekspedisi. Sementara itu, Stasiun Taman Piknik menawarkan pemandangan binatang, serangga, dan tanaman yang hidup di Hutan Gotjawal yang misterius. Ada juga banyak restoran dan kafe di berbagai sudut taman hiburan yang berfungsi sebagai tempat yang sempurna untuk makan siang lebih awal.

Alamat: 1278-169, Beonyeong-ro, Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do
(제주특별자치도 제주시 조천읍 번영로 1278-169)
Jam operasional: Musim panas 08:30-18:00 / Musim dingin 08:40-17:00
Tiket masuk: Dewasa 14,000 won / Remaja 12,000 won / Anak-anak 10,000 won
Situs web: theme.ecolandjeju.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

12:00 PM, Kawah Sangumburi

【 Foto: Kawah Sangumburi 】

Kawah Sangumburi adalah kerucut vulkanik berbentuk tak biasa dengan kawah besar seukuran gunung. Kawah ini pernah dihuni oleh manusia dan meskipun sekarang dilarang untuk memasuki area kawah, tempat ini dapat dieksplorasi melalui teleskop indah yang dipasang di dek pengamatan. Teleskop ini berputar ke tiga arah untuk melihat Kawah Sangumburi, lautan di sekitar Seongsan dan puncak Gunung Hallasan.

Kawah Sangumburi yang mengelilinginya adalah padang luas yang ditutupi oleh gelombang silver grass. Di bawah hamparan silver grass yang luas terbentang dataran hijau Jeju yang indah. Pemandangan yang indah ini menjadikan area ini lokasi syuting populer untuk beberapa drama televisi dan film. Ada jalan setapak yang diaspal dengan baik sehingga para wisatawan yang tidak sepenuhnya siap untuk hiking masih dapat dengan mudah menikmati pemandangan.

Alamat: 768, Bijarim-ro, Jocheon-eup, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 조천읍 비자림로 768)
Jam operasional: Maret–Oktober 09:00-18:40 / November–Februari 09:00-17:40
Kunjungan terakhir 40 menit sebelum tutup
Tiket masuk: Dewasa 6,000 won / Remaja & Anak-anak 3,000 won
Situs web: www.sangumburi.net (Hanya bahasa Korea)

2:00 PM, Mengunjungi Batu Oedolgae

【 Foto: Batu Oedolgae 】

【 Foto: Rute Tujuh Jalur Olle-gil Jeju】

Trend liburan dengan berjalan kaki di Korea pertama kali dimulai di Jeju. Dikenal sebagai "Jalur Olle-gil," rangkaian jalur pejalan kaki di Jeju terdiri dari 21 rute utama dan 5 jalur alpha yang mengelilingi sebuah pulau kecil. Jalur paling populer, Jalur 7, melewati Oedolgae.

Batu Oedolgae terbentuk dari lahar yang mendingin. Batu ini naik dari laut setinggi 20 meter. Seperti batu berbentuk unik lainnya, Oedolgae membawa serta cerita rakyat. Kisah yang diceritakan adalah bahwa dahulu kala, istri seorang nelayan tua menunggu tanpa henti sampai suaminya kembali dari laut sampai dia berubah menjadi batu, Oedolgae. Kemudian, tubuh suaminya terbawa arus ke sampingnya dan membentuk batu datar. Matahari terbenam di Oedolgae dengan Pulau Bamseom sebagai latar belakang menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Alamat: 791, Seohong-dong, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 서홍동 791)

4:00 PM, Tebing Jusangjeolli Daepo 

【 Foto: Pemandangan indah Jusangjeolli 】

【 Foto: Wisatawan memandangi laut dari dek observasi 】

【 Foto: Pasangan berjalan menyusuri jalan setapak 】

Tebing Jusangjeolli terbuat dari pilar batu heksagonal atau kubik yang terbentuk ketika lahar mengalir ke laut, dan mengeras saat bersentuhan dengan air. Sambungan kolom di pantai Jungmun Daepo adalah pemandangan formasi batuan pilar yang mengesankan dan menciptakan keharmonisan gelombang putih yang menghantam pilar-pilar batu hitam. Warna laut yang menyegarkan, deburan ombak, dan pilar-pilar batu heksagonal membentuk gambaran keindahan alam.

Setelah melihat-lihat Tebing Jusangjeolli, ambil jalan menuju taman dengan rerimbunan pohon-pohon palem. Tempat ini populer di kalangan pengunjung sebagai tempat untuk beristirahat dan berjalan-jalan dalam suasana yang tenang dan damai.

Alamat: 2767, Jungmun-dong, Seogwipo-si, Jeju-do (제주특별자치도 서귀포시 중문동 2767)
Jam operasional: 09:00-18:00 (Dapat berubah tergantung waktu matahari terbenam)
Tiket masuk: Dewasa 2,000 won / Remaja & Anak-anak 1,000 won (Hanya menerima uang tunai)

5:00 PM, Kencan dengan selebriti Korea di PLAY K-POP

【 Foto: Selebriti Korea yang ditampilkan di PLAY K-POP 】

PLAY K-POP adalah taman hiburan digital yang menggabungkan K-pop dengan teknologi informasi dan komunikasi. Bergerak melampaui pengalaman satu dimensi hanya dengan mendengarkan musik atau menonton video, ada beberapa program interaktif yang menghadirkan pengalaman menyenangkan bahkan bagi mereka yang tidak familiar dengan K-pop. Karena tempat ini memberikan pengalaman animasi yang hidup, pengunjung akan pulang sebagai penggemar selebriti Korea terlepas dari minat awal mereka pada K-pop.

【 Foto: Konser Holo Live 】

【 Foto: Zona foto selebriti 】

Di lantai dua museum terdapat ruang tempat teknologi media digital memungkinkan pengunjung untuk menikmati kencan virtual dengan selebriti Korea. Pada platform realitas maya yang menyenangkan ini, pengunjung dapat mengambil foto, menyanyikan lagu, dan menari di atas panggung atau bahkan keluar untuk berkendara bersama selebriti favorit mereka. Konser Holo Live menghadirkan pengalaman dinamis menonton pertunjukan musisi Korea populer termasuk PSY, BIG BANG dan G-Dragon, dan ruang tersebut juga menampilkan video animasi 3D nyata "Live 360 3D." Yang paling utama, Konser Holo Live menggunakan digital teknologi media sehingga penonton muncul di atas panggung dengan bintang selama pertunjukan.

Selain itu, terdapat pameran yang menampilkan musik populer Korea, selebriti dan budaya pop dari tahun 70-an -90-an tempat pengunjung dapat mengingat masa lalu dan berbagi kenangan. Banyak program berbeda tersedia, seperti kesempatan untuk secara pribadi mencoba lagu, tarian, mode dan make-up selebriti. Pengunjung dapat membeli perangkat USB di toko suvenir di lantai pertama untuk merekam dan menyimpan foto, video, dan file audio dari pengalaman mereka di PLAY K-POP. Perangkat yang direkam akan bertindak sebagai kenang-kenangan yang mengesankan yang dapat dibagikan dan diingat untuk waktu yang lama.

Alamat: 15, 110 beon-gil, Jungmungwangwang-ro, Seogwipo-si, Jeju-do
(제주특별자치도 서귀포시 중문관광로 110번길 15)
Jam operasional: 09:00-19:00 (Kunjungan terakhir pukul 18:00)
Tiket masuk: Dewasa 15,000 won / Remaja 13,000 won / Anak-anak 12,000 won
Informasi: +82-64-780-9000
Situs web: www.playkpop.co.kr (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)

Hari 3

10:00 AM    Museum O’sulloc
1:00 PM    Pasar Tradisional Dongmun Jeju 

10:00 AM, Museum O’sulloc

【 Foto: Kebun teh hijau Museum O’sulloc 】

【 Foto: Cangkir teh yang dipamerkan di Museum O’sulloc 】

【 Foto: Makanan penutup green tea yang tersedia di kafé 】

Museum O'sulloc adalah museum teh pertama dan terbesar di Korea. Selain menampilkan sejarah teh, museum ini juga memamerkan bejana dan peralatan teh tua Korea dan cangkir teh dari seluruh dunia, sekaligus memberikan berbagai informasi tentang teh. Di toko teh, kamu dapat membeli teh hijau berkualitas, serta berbagai macam teh campuran yang bisa menjadi hadiah istimewa. Di rumah teh, kamu dapat menikmati teh dengan makanan penutup yang gurih, seperti es krim, minuman, dan kue kering yang semuanya dibuat dengan teh hijau.

Museum ini dilengkapi dengan sebuah observatorium yang menghadap Gunung Hallasan dan hamparan luas kebun teh hijau. Ada juga kolam dan jalan setapak di area taman yang mengelilingi gedung museum. Jalur setapak melalui kebun teh hijau menawarkan tempat peristirahatan yang damai dan juga merupakan tempat kencan yang populer bagi pasangan.

Alamat: 15, Sinhwayeoksa-ro, Andeok-myeon, Seogwipo-si, Jeju-do
(제주특별자치도 서귀포시 안덕면 신화역사로 15)
Jam operasional: 09:00-18:00
Situs web: www.osulloc.com (Bahasa Korea, Inggris, Cina)

1:00 PM, Belanja oleh-oleh di Pasar Tradisional Dongmun Jeju 

【 Foto: Pintu masuk Pasar Dongmun 】

【 Foto: Makanan khas Jeju yang dijual di Pasar Dongmun 】

Pasar Dongmun adalah salah satu pasar tradisional utama Jeju yang memiliki makna sejarah. Pasar ini pertama kali didirikan segera setelah pembebasan Korea pada Agustus 1945. Pada saat itu, pasar ini adalah satu-satunya pasar yang didirikan secara permanen di Jeju dan dengan cepat menjadi pusat dari semua kegiatan komersial di pulau itu.

Barang-barang yang dijual di pasar ini termasuk buah-buahan, sayuran, jamu, biji-bijian, dan pakaian, serta berbagai spesialisasi Jeju dan souvenir wisata. Pengunjung pasar juga bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan mencicipi berbagai makanan lezat khas Jeju, termasuk bingtteok (pancake soba ala Jeju), omega tteok (kue beras bola jawawut), jus hallabong (sejenis tangerine), dan banyak lagi.

Alamat: 16, Dongmun-ro, Jeju-si, Jeju-do (제주특별자치도 제주시 동문로 16)
Jam operasional: 08:00-21:00

Info Lebih Lanjut
Pariwisata Jeju: www.visitjeju.net (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina)
Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)

* Kolom ini terakhir diperbarui pada 20 November 2018, dan oleh karena itu informasi mungkin berbeda dari yang tertulis di sini. Kami sarankan untuk memeriksa detail sebelum berkunjung.

Share This Article

Related Post